52 Tempat Wisata di Cirebon

Home » Jawa Barat » Cirebon Kota » 52 Tempat Wisata di Cirebon
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Di bawah ini adalah catatan lengkap Tempat Wisata di Cirebon, dan sebuah Peta Wisata Cirebon dari Google dengan penanda yang ditambahkan oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya di Cirebon.

Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon sangat kaya dengan gedung-gedung tua peninggalan kolonial, makam keramat, peninggalan budaya seperti keraton dan museum, masjiddan kelenteng tua, serta kerajinan batik khas Cirebon.

Transportasi paling efisien untuk ke Cirebon adalah menggunakan kereta api, dengan waktu tempuh hanya 3 jam dari Jakarta. Bus menjadi pilihan jika Anda ingin bebas memilih waktu keberangkatan. Jalur laut juga bisa menjadi alternatif transportasi, terutama dari luar Jawa.

Tempat Wisata di Cirebon

1. Alun-alun Kejaksan »
Tempat wisata di Cirebon yang gerbang utamanya berada di Jalan Siliwangi. Di sudutnya, di perempatan antara Jalan RA Kartini dan Jalan Siliwangi, berdiri Tugu Proklamasi. Pangeran Kejaksan (atau Syarifuddin) adalah nama yang diberikan oleh Syekh Dzatul Kahfi (atau Syekh Datuk Kahfi). Versi lain mengatakan yang memberi nama itu adalah Syekh Nurjati (atau Syekh Nurul Jati).

tempat wisata di cirebon
2. Batik Trusmi Cirebon Jaya Abadi »
Jl. Panembahan Utara No.5, di daerah Trusmi, dibuka lebih dari 10 tahun yang lalu, dan tamunya kebanyakan datang dari Jakarta. Kisah asal muasal batik di desa Trusmi ini tidak lepas dari peran Ki Buyut Trusmi, seorang pengikut setia Sunan Gunung Jati yang mengajarkan seni membatik sambil menyebarkan agama Islam di daerah itu.

3. Cikuya »
Desa Belawa, Kecamatan Lemah Abang, sekitar 12 km dari Kota Cirebon, merupakan penangkaran sejenis kura-kura langka yang disebut Kura-kura Belawa (Aquatic tortose ortilia norneensis). Di dalam kompleks juga terdapat Museum Kura-kura Belawa yang menyimpan kura-kura Belawa yang telah diawetkan.

4. EB Batik Traditional Cirebon »
EB Batik Traditional Cirebon merupakan salah satu pusat pengrajin dan penjualan baju dan kain Batik yang terbesar di Cirebon yang dikenal dengan sebutan Batik Trusmi. EB Batik Traditional Cirebon lokasinya berada di Jl. Panembahan Utara No.1, Plered, Cirebon, di daerah dimana banyak sekali dijumpai pengrajin dan toko batik khas Cirebonan.

5. Gedung Balai Kota Cirebon »
Jl. Siliwangi No. 84, sekitar 300 m dari Stasiun Kejaksaan Cirebon. Gedung ini mulai dibangun April 1926 dan selesai pada September 1927. Pembangunan gedung diprakarsai Jeskoot, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Stadsgemeente Cheribon, dirancang oleh H.P Hamdl dan C.F.H. Koll, berbentuk anjungan kapal berhias empat ekor udang di atasnya.

tempat wisata di cirebon
6. Gedung Bank Indonesia Cirebon »
Gedung Bank Indonesia Cirebon di Jl. Yos Sudarso merupakan salah satu gedung tua peninggalan jaman kolonial Belanda yang sampai sekarang masih berdiri dengan megah, cantik dan anggun di Kota Cirebon. Di jalan ini memang cukup banyak dijumpai bangunan tua, menandai bahwa sejak jaman dahulu jalan ini merupakan jalan utama perekonomian.

7. Gedung Bank Mandiri Cirebon »
Berada di pojokan Jl. Kantor No.4, Cirebon, bersebelahan dengan Klenteng Dewi Welas Asih, dan berseberangan dengan Gedung BAT. Gedung bertingkat ini masih terlihat kokoh dan anggun, dengan sebuah menara kecil di puncaknya dan bentuk lengkung geometris di bawahnya.

tempat wisata di cirebon
8. Gedung BAT Cirebon »
Gedung BAT Cirebon adalah termasuk Benda Cagar Budaya nomor satu di Kota Cirebon. Gedung BAT Cirebon yang umurnya sudah cukup tua ini terletak di Jl. Pasuketan, Kampung Kebumen, persis di seberang kanan Gedung Bank Mandiri, dengan bentuk yang memanjang tinggi, di tepi jalan yang dinaungi dengan pohon palm yang rindang.

9. Gedung Bundar Cirebon »
Gedung Bundar Cirebon adalah sebuah bangunan kuno unik berukuran kecil berbentuk persegi enam simetris beratap seng mengerucut, dengan sebuah pintu masuk yang rendah di salah satu sudutnya. Gedung Bundar Cirebon letaknya berada di jalan yang sama dengan Gedung Cipta Niaga Cirebon, Jl. Kebumen, di pojok sebuah taman kecil.

10. Gedung Kantor Pos Besar Cirebon »
Meskipun bangunan Kantor Pos Besar dalam bentuknya yang sekarang ini dibuat pada 1906, namun kantor pos di Cirebon telah berdiri antara tahun 1810 dan 1832, bersamaan dengan periode pembuatan kantor-kantor pos di Anyer, Serang, Batavia, Bogor, Cianjur, Indramayu, Tegal, Pekalongan, Semarang, Jepara, Rembang, Tuban, Gresik, Surabaya, dan Pasuruan.

11. Gedung Cipta Niaga Cirebon »
Gedung Cipta Niaga Cirebon ini letaknya di sebuah jalan kecil persis bersebelahan dengan Gedung Gereja Kristen Pasundan yang berada di pojokan Jl. Yos Sudarso No.10, Cirebon. Gedung Cipta Niaga Cirebon juga merupakan gedung tua peninggalan jaman kolonial yang telah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Cirebon.

12. Gedung Mapolresta 851 Cirebon »
Salah satu gedung tua peninggalan Belanda, namun hampir tak ada catatan tentang riwayat gedung ini.

tempat wisata di cirebon
13. Gedung Negara Cirebon »
Gedung Negara Cirebon yang berada di Jl. Siliwangi merupakan sebuah gedung tua sangat cantik, yang seorang pejalan tidak akan melewati tanpa singgah sebentar ketika melihatnya. Gedung satu lantai dengan lengkung simetris di kiri kanannya ini memiliki halaman yang sangat luas, dengan sebuah taman bundar yang terlihat hijau dan asri.

14. Gereja Kristen Pasundan Cirebon »
Gedung Gereja Kristen Pasundan Cirebon ini merupakan Benda Cagar Budaya lainnya yang terletak di Jl. Yos Sudarso, berada diantara Gedung Bank Indonesia dan Gereja Santo Yusuf, sederet dengan gedung yang disebut terakhir. Gedung Gereja Kristen Pasundan Cirebon ini lokasinya berada di pojok Jl. Yos Sudarso No. 10 dengan sebuah jalan kecil, dan foto diambil dari jalan kecil itu.

15. Gedung Gereja Santo Yusuf Cirebon »
Jalan Yos Sudarso No.20, bangunan gereja katolik tertua di Jawa Barat, yang berdiri lebih dulu sebelum gereja lainnya di wilayah Jawa Barat.

16. Klenteng Dewi Welas Asih »
Wisata Cirebon yang juga bernama Tiao Kak Sie, Jl. Kantor No. 2, Kampung Kamiran, seberang kanan Gedung BAT Cirebon, merupakan salah satu kelenteng tertua di Cirebon

17. Hotel di Cirebon »
Jika membutuhkan informasi lengkap tentang hotel dan penginapan di Kota Cirebon, silahkan buka tulisan ini.

18. Kelenteng Pemancar Keselamatan »
Kelenteng Bun San Tong merupakan kelenteng paling ramah yang pernah saya kunjungi, berada di Jl. Winaon no.26 / 69, di sudut jalan, terusan Jl. Kasunean, Cirebon

19. Kelenteng Talang (Kongcu Bio) »
Jl Talang No. 2, Sebelumnya bernama Sam Po Toa Lang, diambil untuk menghormati tiga tokoh besar muslim utusan dinasti Ming yang pernah singgah di Cirebo

20. Keraton Kacirebonan »
Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, berdiri tahun 1808, merupakan keraton yang paling kecil diantara keraton lain yang kami kunjungi di Kota Cirebon.

21. Keraton Kanoman Cirebon »
Tempat wisata di Cirebon yang lokasinya di Kelurahan Lemahwungkuk, didirikan pada 1510 Saka atau 1588 M oleh Pangeran Muhammad Badridin Kartawijaya, Sultan Kanoman I.

22. Keraton Kasepuhan Cirebon »
Kelurahan Kasepuhan, Lemahwungkuk, bangunan keraton dikerjakan Raden Sepat, santri Sunan Ampel, dibantu oleh Sunan Kudus, Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga.

23. Keraton Keprabonan »
Kecamatan Lemahwungkuk, didirikan pada 1696 M oleh Pangeran Raja Adipati Kaprabon yang bercita-cita mengembangkan Agama Islam sesuai perjuangan para Wali.

24. Makam Keramat Ki Buyut Trusmi »
Kampung Dalem, Trusmi Wetan, sebelumnya bernama Pangeran Walangsungsang, atau Pangeran Cakrabuana. Ki Buyut pindah pada 1470, dan membangun kompleks ini pada tahun 1481.

25. Makam Keramat Megu »
Desa Megu, Plered, Kabupaten Cirebon, berada di tengah Masjid Keramat Megu, dikelilingi tembok rendah bercat merah bata bergaya khas Majapahitan.

26. Makam Keramat Talun »
Wisata Cirebin untuk ziarah yang ada di Desa Cirebon Girang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, dengan peninggalan sebuah masjid yang awalnya berupa surau, dan Makam Embah Kuwu Sangkan.

27. Makam Ki Gede Gamel »
Desa Gamel, Plered, pada jalan tembus dari Makam Sunan Gunung Jati menuju daerah sentra Batik Trusmi di Plered, Cirebon.

28. Makam Nyi Mas Gandasari »
Desa Pangurangan, Kec Panguragan, salah satunya menyebutkan bahwa Ratu Mas Ratu Gandasari berasal dari Aceh, keponakan Fatahillah.

29. Makam Sunan Gunung Jati Cirebon »
Desa Astana, Gunung Jati, terletak di atas perbukitan Gunung Sembung. Para peziarah biasa berkumpul dan secara bersama-sama berzikir dan rbedoa di Lawang Pasujudan.

30. Makam Syekh Magelung Sakti »
Desa Karang Kendal, Kec Kapetakan, semasa hidupnya memiliki rambut sangat panjang serta memiliki ilmu kesaktian sangat tinggi. Hanya Sunan Gunung Jati yang bisa mengalahkannya

31. Makam Syekh Maulana Maghribi Cirebon »
Tempat wisata di Cirebon untuk para peziarah yang ada di Jl. Astanagarib, sejauh 150 meter dari gapura paduraksa yang ada di pinggir Jl Pasunean Cirebon menuju ke arah area makam.

32. Masjid Agung Sang Cipta Rasa »
Sekitar 100 meter sebelum pintu masuk ke Keraton Kasepuhan Cirebon, didirikan pada 1489. Pembangunannya dipimpin Sunan Kalijaga, atas permintaan Sunan Gunung Djati.

33. Masjid At-Taqwa Cirebon »
Jl Siliwangi, pertama kali dibangun pada 1918. Bentuk sekarang ini adalah hasil dari renovasi besar yang peresmiannya dilakukan pada 28 Maret 2009.

34. Masjid Merah Panjunan Cirebon »
Desa Panjunan, Kec Lemahwungkuk, didirikan pada 1480 oleh Syarif Abdurrahman atau Pangeran Panjunan, keturunan Arab yang memimpin sekelompok imigran dari Baghdad.

35. Monumen Kejawanan Cirebon »
Jl. Yos Sudarso, petilasan atau tempat pertapaan Pangeran Sukmajaya yang adalah juru penasehat (Juru Martani) Sunan Gunung Jati.

36. Museum Benda Kuno Keraton Kasepuhan Cirebon »
Tempat wisata di Cirebon yang ada di sayap kanan kompleks Keraton Kasepuhan, Cirebon, dengan sejumlah koleksi bernilai tinggi, yang memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang baik.

37. Museum Kereta Singa Barong »
Keraton Kasepuhan, berada di seberang Museum Benda Kuno. Nama museum berasal dari kata “sing ngarani bareng-bareng”, artinya “yang memberi nama bersama-sama”.

38. Pelabuhan Muara Jati Cirebon »
Dahulunya pelabuhan nelayan tradisional kecil, yang mulai berkembang menjadi pelabuhan niaga pada abad ke-14, menjelang berdirinya kerajaan di Cirebon.

39. Pelabuhan Nelayan Kejawanan Cirebon »
Konon merupakan pelabuhan nelayan terbesar di Jawa Barat, mulai dirintis pada tahun 1976, namun baru pada Mei 1997 pelabuhan ini mulai dioperasionalkan.

40. Pendopo Kabupaten Cirebon »
Jl Kartini No 1, bangunan dari abad ke-19, Jtepat di depan Rumah Dinas Bupati, menghadap ke Alun-alun Kejaksan dan Masjid At-Taqwa

41. Petilasan Sunan Kalijaga Cirebon »
Wisata Cirebin di Kelurahan Kalijaga, Harjamukti, dipercaya merupakan petilasan Sunan Kalijaga ketika sang Sunan melaksanakan kegiatan penyebaran agama Islam di daerah Cirebon.

42. Petilasan Pangeran Drajad »
Jl. Pangeran Drajad, Gg. Mesjid, Kelurahan Drajat, Kecamatan Kesambi, yang pernah menjadi tempat singgah Sunan Drajatketika melakukan persiapan menyerbu Sunda Kelapa.

43. Plangon Cirebon »
Babakan, Sumber, sebuah hutan di atas perbukitan yang dihuni monyet ekor panjang, dan terdapat makam Pangeran Panjunan dan Pengeran Kejaksan.

44. Puser Bumi »
Puncak Gunung Jati, Jl. Raya Sunan Gunung Jati, semacam “portal” untuk menuju tempat lain, dan ada pula makam Syekh Nur Jati, guru ibu Sunan Gunung Jati, dan Gua Garba.

45. Situ Patok »
Desa Setu Patok, sekitar 6 km dari Kota Cirebon, seluas 175 Ha dengan sebuah pulau di tengahnya yang bisa dikunjungi pejalan dengan menumpang perahu.

46. Situ Sedong »
Tempat wisata di Cirebon yang ada di Kecamatan Sedong, danau buatan untuk menampung air hujan dan pengairan pertanian, juga tempat bersantai, memancing, serta menikmati panorama.

47. Situs Batu Tulis Huludayueh »
Desa Cikalahang, Kecamatan Dukuh Puntang, Kabupaten Cirebon, belakang Kolam Renang Hegar, di tengah persawahan, diduga peninggalan dari jaman Kerajaan Sunda.

48. Situs Lawang Gede »
Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon, berupa peninggalan pintu kayu berukuran cukup besar yang merupakan bekas pintu gerbang Kerajaan Mertasinga.

49. Stasiun Kereta Api Kejaksan Cirebon »
Jl. Kejaksan, dibangun pada 1911 atas prakarsa Staatsspoorwegen, dengan gaya arsitektur campuran art nouveau dan art deco, karya arsitek Pieter Adriaan Jacobus Moojen.

50. Taman Sari Gua Sunyaragi »
Jl Sunyaragi, Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, situs seluas 1,5 ha yang dibangun pada tahun 1703 oleh Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon.

51. Tugu Proklamasi Cirebon »
Wisata Curebon di pojok Jalan Siliwangi dan Jalan RA Kartini, tengara bahwa di Cirebon pada 15 Agustus 1945 telah berlangsung pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan.

52. Wisata Kuliner di Cirebon »
Ada banyak pilihan kuliner yang Anda bisa nikmati di Kota Cirebon, dan sebagian daftarnya ada di tulisan ini.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »