20 Tempat Wisata di Cilegon

Tulisan ini berisi daftar lengkap Tempat Wisata di Cilegon, sebuah kota madya yang berada di wilayah Provinsi Banten. Peta Wisata Cilegon dengan penanda oleh Aroengbinang Project yang berisi lokasi tempat wisata dan tempat penting lainnya di Kota Cilegon dibuat terpisah.

Cilegon dikenal sebagai kota baja, karena di kota inilah pada 31 Agustus 1970 berdiri PT Krakatau Steel (Persero) yang mulai beroperasi pada 1977, dan pada 2011 Krakatau Steel total karyawannya berjumlah 8.023 orang. Di Kota Cilegon terdapat Pelabuhan Merak, Pelabuhan Cigading Habeam Centre, PLTU Suralaya, PLTU Krakatau Daya Listrik, dan Krakatau Tirta Industri Water Treatment Plant.

Kota Cilegon berbatasan dengan Kecamatan Bojonegara di di Utara, Selat Sunda di Barat, Kecamatan Anyer dan Kecamatan Mancak di Selatan, dan Kecamatan Kramatwatu di Timur. Pada 1651, kampung Cilegon masih berupa tanah rawa dibawah kekuasaan Kerajaan Banten. Cilegon berkembang pada jaman keemasan Kerajaan Banten dimana dibangun persawahan dan jalur jalan antara Pulau Jawa dan Sumatera di Serang dan Cilegon.

Pada 1816 Cilegon menjadi Kewedanaan dibawah Keresidenan Banten yang beribukota di Serang. Kekuasaan Belanda tidak berjalan mulus di Cilegon. Pemberontakan Geger Cilegon pecah pada 9 Juli 1888 dipimpin oleh KH. Wasyid, yang dipicu oleh kelaparan akibat politik tanam paksa.

Budaya yang berkembang di tengah masyarakat Kota Cilegon diantaranya Tari Bendrong Lesung, Patingtung Bambu, Pencak Silat, Rampak Bedug dan Ubrug, Batik Lereng Lesung Mandiri, Golok, dan alat musik patingtung.

Tempat Wisata di Cilegon

1. Cilegon Waterpark »
Wahana air yang berada di Komplek Cilegon Green Megablock, Jl. Jenderal Ahmad Yani, Cibeber, Cilegon.

2. Gunung Batu Lawang »
Tempat Wisata di Cilegon yang ada di wilayah Gerem – Merak, berupa hamparan pegunungan granit dengan bermacam-macam bentuk batuan. Pesisir Barat Kota Cilegon bisa dilihat dari Gunung Batu Lawang.

3. Gunung Batur »
Wisata Cilegon di Kecamatan Pulomerak, sekitar 10 menit atau 8 km dari pusat Kota Cilegon, dimana pejalan bisa melakukan pendakian, berkemah, mempelajari tumbuhan dan satwa, berlari, layang gantung atau gantole.

4. Krakatau Bike Park »
Berada di Jl. Kabel No.20, Kotabumi, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon.

5. Krakatau Country Club »
Tempat rekreasi yang deilengkapi dengan kolam renang, padang golf, hotel, spa, sauna, tenpat karaoke, lapangan tennis dan rumah makan.

6. Krakatau Junction Infinite Jogging Track »
Merupakan trek olah raga lari yang berada di tutupan hijau luas di tengah Kota Cilegon, yang juga berfungsi sebagai taman kota.

7. Krakatau Jungle Park »
Di tengah kota Cilegon yang menyediakan permainan outbound seperti flying fox, jembatan tali, lapangan terbuka, dan berbagai ragam permainan anak dan kolam renang anak.

8. Krakatau Sailing Club »
Merupakan perkumpulan penggemar olah raga layar dengan base camp di Marina Krakatau Steel, Anyer.

9. Lapangan Serbaguna Bapor »
Lokasinya berdekatan dengan area jogging track Krakatau Steel, di sisi sebelah Barat, dengan lapangan bola, lapangan basket dan gedung Bapor

10. Masjid Agung Nurul Ikhlas »
Kampung Jombang Masjid RT 001 RW 01, Jombang, di depan rumah dinas Wali Kota Cilegon, yang telah berdiri sejak sebelum jaman kemerdekaan.

11. Masjid Asy-Syuhada »

12. Masjid Sumpah »

13. Padang Golf Krakatau Country Club »

14. Pantai Kelapa Tujuh »
Tempat wisata di Cilegon yang ada di Merak, sekitar 9 Km dari pintu Tol Jakarta – Merak, ke arah Utara pelabuhan penyeberangan Merak, dengan pantai landai di balik lereng Gunung Batur.

15. Pantai Pulorida »
Wisata Cilegon yang ada di kota, sekitar 4 km dari Pelabuhan Merak.

16. Pulau Merak Besar »
Sekitar 500 m di depan pelabuhan penyebrangan Merak – Bakauheni, dengan luas sekitar 20 Ha. Alamnya asri tak berpenghuni, ada situs Tsunami Gunung Krakatau tahun 1883.

17. Pulau Merak Kecil »
Sekitar 1 Km dari Pelabuhan Merak, 10 menit dengan perahu motor. Luasnya 4,62 Ha, yang selain sebagai tujuan wisata juga menjadi penghalang ombak laut Selat Sunda bagi Pelabuhan Merak

18. Stadion Krakatau Steel »

19. Stadion Sumampir »

20. Trek MTB »

Tempat Wisata di Cilegon untuk Belanja

Cilegon Plaza Mandiri »
Cilegon Supermall (Mayofield Mall Cilegon) »
Krakatau Junction »
Ramayana Mall & Robinson Supermarket »

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Banten » Cilegon » 20 Tempat Wisata di Cilegon
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap