Tempat Wisata di Cianjur

Home » Jawa Barat » Cianjur » Tempat Wisata di Cianjur
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Tulisan ini merupakan catatan tempat Tempat Wisata di Cianjur. Sebagian besar wilayah Cianjur merupakan daerah pegunungan, dengan sebagian pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit. Sungai terpanjang di Cianjur adalah Sungai Cibuni, yang bermuara di Samudra Hindia. Perjalanan ke Cianjur bisa ditempuh dari Jakarta bisa melewati jalur Puncak, jalur Sukabumi atau jalan alternatif melalui Jonggol.

Tulisan Tempat Wisata di Cianjur dan peta wisata Cianjur ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Tempat Wisata di Cianjur

Arena Fantasi Taman Bunga
Villa Kota Bunga, Puncak Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Cianjur, berupa arena bermain anak & keluarga.

Curug Citambur Cianjur
Kecamatan Pagelaran, 65 Km dari Kota Cianjur, dengan ketinggian curug mencapai 40 meter.

Danau Leuwi Soro
Kecamatan Pagelaran, sekitar 65 Km dari Kota Cianjur.

Gunung Gede »
Treking dan berkemah di kawasan gunung setinggi 2.958 mdpl. Dari puncaknya bisa melihat Cipanas, Sukabumi, Bogor, dan Cianjur. Pintu gerbang ada di Kebun Raya Cibodas.

Istana Cipanas
Kaki Gunung Gede, 103 km dari Jakarta. Dibangun pada 1742 oleh Gubernur Jendral Gustaaf William Baron Van Imhoff, dengan luas area 26 ha, dan luas bangunan 8000 m2.

Kebun Raya Cibodas
Jl. Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, dengan area seluas 125 ha dan ribuan koleksi tanaman kebun, anggrek, kaktus, paku-pakuan, sukulen, tanaman Obat, dll.

Kerajinan Keramik
Kecamatan Ciranjang di satu sentra produksi dan satu unit usaha oleh beberapa orang pengrajin.

Kerajinan Kuningan Lampu
Kampung Gentur, Desa Lambudipa, Kecamatan Warungkondang, Cianjur. Lentera Gentur dibuat dari kuningan dan bahan kaca berwarna dengan desain yang artistik.

Little Venice (Danau Sejuta Pesona)
Kota Bunga, dengan berbagai macam permainan seperti castle, bumper boat, bumper car, gurita, mandi bola, magic ring, welly the whale, fantasy walk, the wild west, dll

Makam Dalem Cikundul
Bukit Cijagang, Kampung Majalaya, Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, 17 km dari Kota Cianjur, dengan luas 300 m2 di atas bukit dengan mendaki 200 anak tangga.

Mesjid Agung Cianjur
Dibangun tahun 1810 di atas tanah wakaf Ny. Raden Bodedar binti Kangjeng Dalem Sabiruddin, Bupati Cianjur ke – 4, memadukan gaya masjid kuno dengan gaya arsitektur modern.

Pantai Apra »
Kecamatan Sindang Barang, Cianjur Selatan, di sebelah selatan kota Sindang Barang, sekitar 600 meter dari Alun-alun Sindang Barang.

Pantai Jayanti
Desa Cidamar, Cidaun, 139 Km dari Kota Cianjur, ditempuh melalui jalur Cianjur – Sindangbarang – Cidaun. Dari Terminal Pasirhayam – Cidaun (4 jam), lanjut naik ojek (8 km).

Perkebunan Teh Gedeh
perkebunan teh PTP Nusantara VIII, salah satu kebun teh tertua di Pulau Jawa, 7,2 Km dari Jalan Raya Cipanas-Cianjur. Ada Camping Ground dan Guesthouse.

Perkebunan Teh Panyairan
Jl. Raya Campaka, Kecamatan Campaka dan Sukanagara, 35 km dari Kota Cianjur, penghasil Teh Hitam CTC milik PTP Nusantara VIII yang luasnya mencapai 1.000 ha.

Situs Megalitik Gunung Padang
Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, 50 km dari Kota Cianjur berupa situs megalitik asli berbentuk punden berundak lima.

Taman Bunga Nusantara
Tempat Wisata di Cianjur di Jl. Mariawati Km. 7 Desa Kawung Luwuk, Cipanas, dengan ragam koleksi bunga tropis, dicapai melewati Puncak Pass, belok kiri ke Perumahan Kota Bunga, sejauh 9 km.

Tempat Rekreasi Air Jangari
Desa Bobojong, Kecamatan Mande, sekitar 17 Km dari Kota Cianjur, yang berada pada genangan waduk Cirata.

Wana Wisata Mandalawangi
Seluas 39,5 ha di Desa Rarahan, Kecamatan Pacet, 25 km dari Kota Cianjur, dengan ketinggian 1000 m dpl dan suhu udara rata-rata 18 – 20 C, dengan koleksi flora fauna.

Silahkan berbagi jika memiliki informasi tentang Tempat Wisata di Cianjur

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 20 Januari 2017.

Lalu «
Baru » »