9 Tempat Wisata di Brebes

Tulisan ini merupakan catatan Tempat Wisata di Brebes. Brebes adalah sebuah kabupaten dengan jumlah penduduknya paling banyak di Jawa Tengah yang mayoritas menggunakan Bahasa Jawa khas Brebes. Ada juga penduduk di sebagian desa dan kecamatan yang menggunakan Bahasa khas Sunda Brebes.

Sebagian besar wilayah Brebes adalah dataran rendah, dengan dataran tinggi di bagian barat daya (Gunung Pojoktiga dan Gunung Kumbang), dan di bagian tenggara terdapat daerah pegunungan yang merupakan bagian dari Gunung Slamet. Kabupaten Brebes berbatasan dengan Laut Jawa di Utara, dengan Kabupaten Cilacap dan Banyumas di Selatan, dengan Kabupaten Cirebon dan Kuningan di Barat, serta Kabupaten Tegal dan Kota Tegal di sebelah Timur.

Tempat Wisata di Brebes

1. Candi Pangkuan
Desa Cilibur, Paguyangan, Brebes, dengan sebuah batu lonjong setinggi 50 cm, serta kesempatan bercengkerama dengan ratusan ekor kera jinak yang menghuni tempat itu.

2. Gua Jepang
Di blok Sirah 1 di dalam area Perkebunan Teh Kaligua, sekitar 1 km dari Kantor Pusat Perkebunan Teh Kaligua.

3. Pantai Randusanga Indah
Randusanga Kulon, Brebes, 7 km dari Jl Raya Pantura, dengan tempat bermain, panggung hiburan, tempat berkemah, warung, dan kios, dan pemandangan matahari terbenam.

4. Pemandian Air Panas Cipanas
Desa Buaran, Bantarkawung, Brebes Selatan, 10 km dari Bumiayu, dengan pemandian air panas yang mengandung belerang, di tengah-tengah panorama dan kesejukan hutan pinus.

5. Pemandian Air Panas Tirta Husada
Desa Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan, Brebes, yang dengan berendam di tempat itu dipercaya bisa membantu mengobati pegal-pegal, dan penyakit rheumatik.

6. Perkebunan Teh Kaligua
Dusun Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes, seluas 779 ha milik PTP Nusantara IX ini berada di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian 1.500 mdpl.

7. Telaga Ranjeng
Desa Pandansari, Paguyangan, berada di dalam cagar alam milik Perhutani Pekalongan Timur, di kaki Gunung Slamet yang dihuni ribuan ikan lele. Telaga ini dibangun pada 1924.

8. Waduk Malahayu
Desa Malahayu, Banjarharjo, 17 Km dari pertigaan Tanjung Pantura, 35 Km dari Brebes. Waduk seluas 944 ha ini dibangun 1930, dengan pemandangan pegunungan dan hutan jati.

9. Waduk Penjalin

Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes, pengunjung bisa melakukan kegiatan memancing, bersantai, atau menyewa perahu untuk menikmati panorama di sekeliling waduk.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Tengah » Brebes » 9 Tempat Wisata di Brebes

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 15 Juli 2017. Tag: ,