17 Tempat Wisata di Bondowoso

Di bawah ini adalah catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Bondowoso, Jawa Timur. Bondowoso, dengan kode area telepon 0332, berbatasan dengan Situbondo di Utara, Banyuwangi di Timur, Jember di Selatan, dan Probolinggo di Barat. Kota Bondowoso berada di simpang jalur dari Besuki dan Situbondo menuju Jember.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi. Untuk melihat lokasi tempat wisata di Bondowoso, silahkan lihat di Peta Wisata Bondowoso

Tempat Wisata di Bondowoso

1. Air Terjun Blawan
Desa Kaliayar, Kecamatan Sempol, 52 Km dari Kota Bondowoso. Di daerah ini juga terdapat pemandian alam air panas.

2. Air Terjun Puloagung
Desa Sukorejo, Kecamatan Sumberwringi, berketinggian 30 m yang ditempuh dengan berjalan kaki.

3. Air Terjun Tancak Kembar
Desa Andongsari, Kecamatan Pakem, 23 Km dari Kota Bondowoso, berketinggian 70 m, dengan jalan berkelok dan tanjakan yagn agak curam.

4. Alun-alun Bondowoso
Merupakan tempat bersantai dengan bendi wisata . Di sebelah Utara terdapat gedung peninggalan Belanda yang menjadi SMP 1 Bondowoso.

5. Arung Jeram Bosamba
Kecamatan Taman Krocok dan Tapen di Desa Krocok, 12 km dari Kota Bondowoso, dengan jarak tempuh 8 km.

6. Bendung Sampean Baru
Desa Kalitapen, Kecamatan Tapen, selesai dibangun tahun 1983 untuk mengatur alir air Sungai Sampean.

7. Gua Butho
Desa Jireg, Kecamatan Cerme, di sisi sebuah tebing yang curam, dengan sebuah pohon berbentuk unik.

8. Gunung Raung
Dengan melalui pos perijinan di Kecamatan Sumberwringin, dilanjut ke Pondok Montor, Pos I s/d Pos IV. Dari Pos IV ke puncak sekitar 60 – 90 menit.

9. Kawah Ijen
Dengan suhu berkisar 2°- 10° C, perlu penutup hidung karena asap belerang. Pemukiman terdekat dengan Kawah Ijen adalah Desa Kali Anyar, Kec Sempol.

10. Kerajinan Kuningan Cindogo
Desa Cindogo, Kecamatan Tapen, merupakan kerajinan kuningan khas Bondowoso yang mengkilat dan warnanya bertahan lebih lama.

11. Makam Ki Ronggo
Desa Sekarputih, Kecamatan Tegalampel, 2 km dari pusat Kota Bondowoso, yang merupakan pendiri Kota Bondowoso.

12. Monumen Gerbong Maut
Di antara Alun-alun Bondowoso dan Kantor Pemda, mengenang tragedi 3 November 1947, tewasnya 46 pejuang di gerbong barang tanpa ventilasi saat dipindahkan ke Kalisosok.

13. Panjat Tebing Alam Patirana
Desa Patirana, Kecamatan Grujugan, 7 Km dari Kota Bondowoso, dengan ketinggian 45 – 75 m, dan kemiringan mencapai 90 derajat.

14. Pemandangan Arak-arak
Desa Sumber Canting, Kecamatan Wringin, di jalur antara Surabaya dan Bondowoso, dengan hawa sejuk, dan koleksi kera serta burung yang dilindungi.

15. Situs Menhir Banyuputih
Desa Banyuputih, Kecamatan Wringin, 20 Km dari Kota Bondowoso, di bibir sebuah tebing, di tanah tegalan. Disebut Betho Labeng oleh warga setempat.

16. Situs Glingseran
Desa Glingseran, Kecamatan Wringin, dengan peninggalan purbakala berupa Sarkopagus, Batu Kenong, Dolmen, dan Batu Lumbung.

17. Wisata Agro Kopi Kalisat
Dikelolah oleh PTP Nusantara Xll Kalisat Jampit, 57 Km dari Kota Bondowoso. Ada kebun bunga, tempat pemancingan, guest house dan homestay.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Bondowoso » 17 Tempat Wisata di Bondowoso
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap