Tempat Wisata di Blora

Tulisan ini merupakan catatan lengkap Tempat Wisata di Blora. Blora adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berada sekitar 127 km sebelah timur Semarang, berbatasan dengan Rembang dan Pati di Utara, Tuban dan Bojonegoro di Timur, Ngawi di Selatan, serta Grobogan di Barat. Blok Cepu, daerah penghasil minyak terbesar di Pulau Jawa, terdapat di bagian timur Kabupaten Blora.

Tulisan Tempat Wisata di Blora dan peta wisata Blora ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Untuk melihat lokasi tempat wisata Blora serta mendapat petunjuk arah menuju lokasi, silahkan lihat tulisan Peta Wisata Blora.

Tempat Wisata di Blora

1. Agrowisata Temanjan
Desa Temanjang, di tengah hutan jati, sekitar 16 Km dari Kota Blora, yang selain banyak pohon buah-buahan, juga terdapat sebuah pesanggrahan.

2. Goa Terawang
Desa Kedungwungu, Todanan, 35 Km dari Kota Blora, terbentuk dari endapan batu Gamping Pegunungan Kapur Utara berumur 10 juta tahun. Ada Gua Kidang, Goa Manuk, dll.

3. Loko Wisata Hutan Cepu
Di dalam kawasan hutan jati KPH Cepu dengan naik Kereta Api sejauh 60 km yang gerbongnya ditarik oleh Lokomotif buatan Berliner Maschinnenbaun Jerman Tahun 1928.

4. Lubang Buaya
Dukuh Pohrendeng, Desa Maguwan, Kecamatan Tunjungan, merupakan tempat pembuangan mayat korban pemberontakan PKI tahun 1948, yaitu Mr. Iskandar, Bupati Blora dan beberapa korban lainnya.

5. Makam Bupati Blora
Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora, berjarak sekitar 7 Km dari Kota Blora, arah ke Utara, makam Bupati Blora yang menjabat antara tahun 1762 – 1925.

6. Makam Cut Murah Intan.
Desa Temurejo, Kecamatan Blora, sekitar 5 Km dari Alun-alun Blora. Cut Murah Intan adalah pahlawan wanita Aceh yang diasingkan Belanda di Blora dan meninggal pada 1937.

7. Makam Jati Kusumo dan Jati Swara
Desa Janjang, Kecamatan Jiken, sekitar 31 km dari Kota Blora, arah Tenggara. Jati Kusumo dan Jati Swara adalah kakak beradik putra Sultan Pajang.

8. Makam KH Abdul Kohar
Desa Ngampel, Kecamatan Blora, sekitar 10 Km dari Kota Blora, arah ke Utara. KH Abdul Kohar, adalah keturunan Sultan Trenggono dari Demak.

9. Makam Maling Gentiri
Makam Robinhood Blora di Desa Kawengan, Kecamatan Jepon, lebih kurang 12 km kearah Timur dari Kota Blora, yang bisa diakses dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

10. Makam Purwo Suci
Dukuh Kedinding, Desa Ngraho, Kecamatan Kedungtuban, kompleks makam Pangeran Adipati Notowijoyo, yaitu Adipati Jipang Panolan sepeninggal Aryo Penangsang

11. Makam Sunan Pojok
Dekat dengan Alun-Alun Kota Blora, di sebelah Utara Pasar Kota Blora, yang merupakan Makam Pangeran Surobahu Abdul Rohim, seorang perwira Mataram yang jatuh sakit dan meninggal di Blora.

12. Monumen Dipokusumo
Sebuah monumen di area Gedung Sasono Suko, di dekat Kantor Pos, untuk mengenang jasa GPH Dipokusumo yang memimpin Divisi Ronggolawe dalam menumpas PKI di tempat ini.

13. Monumen Hutan Jati Alam
Di Gubug Payung pada petak 1.092a, BKPH Pasar Sore, KPH Cepu, bisa melihat pohon-pohon jati berumur lebih dari 100 tahun yang dipotong tahun 1976.

14. Monumen Ronggolawe
Monumen patung kuda di Cepu. Ronggolawe adalah nama Divisi TNI yang dipimpin GPH Dipokusumo pada saat menumpas pelarian pemberontak PKI Madiun di daerah ini.

15. Museum Mahameru
Jl. R.A. Kartini No. 42, menyimpan benda-benda bersejarah dan peninggalan arkeologi yang semuanya ditemukan di daerah Blora.

16. Pemandian Sayuran
Desa Soko, Kecamatan Jepon, sekitar 14 Km dari Kota Blora yang berhawa sejuk dan dilengkapi pemandian untuk anak-anak.

17. Petilasan Kadipaten Jipang Panolan
Desa Jipang, Kecamatan Cepu, Blora berupa makam Gedong Ageng. Pada jaman itu tempat ini merupakan pusat pemerintahan Kadipaten Jipang.

18. Situs Patung Mahesasuramardini
Desa Getas, Kecamatan Cepu, di belakang Balai Desa Getas, berupa patung Dewi Durga atau Parwati, yang masih digunakan masyarakat sekitar untuk upacara sedekah bumi.

19. Situs Wurawari
Situs peninggalan Raja Wurawari yang kini berupa tumpukan bata kuno di area pemakaman, di tengah sebuah tegalan, di dekat persawahan, di Desa Ngloram, Kecamatan Cepu, Blora.

20. Waduk Bentolo
Wisata Blora di Kecamatan Todana, sekitar 500 m dari Gua Terawang, atau 34 km dari Kota Blora, yang selain sebagai tempat wisata juga digunakan sebagai irigasi lahan pertanian.

21. Waduk Greneng
Wisata Blora berupa waduk seluas 45 ha di dukuh Greneng, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, 12 km dari Kota Blora, bisa memancing, dan menimati pemandangan di sekitar waduk.

22. Waduk Tempuran
Waduk seluas 4.675 Ha, di Dusun Juwet, Desa Tempuran, 10 Km dari Blora, sebagai tempat rekreasi, perikanan, dan pembinaan atlet dayung bertaraf internasional.

23. Wisata Geologi Blora
Berhubungan dengan minyak dan gas bumi di perbukitan dan di kawasan hutan jati. Ada sumur minyak tua yang ditambang oleh masyarakat dengan menggunakan tali dan timba.

24. Wisata Gunung Manggir
Di perbukitan Manggir, desa Ngumbul, Todanan, sekitar 38,5 km dari kota Blora, dimana terdapat Gua Manggir yang bertingkat tiga, dan Gua Mangklih di utara.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Tengah » Blora » Tempat Wisata di Blora
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap