17 Tempat Wisata di Blitar

Tulisan ini merupakan catatan awal Tempat Wisata di Blitar. Blitar adalah sebuah kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Timur, dengan kode area telepon 0342, dan pelat nomor kendaraan AG, berbatasan di Utara dengan Kediri, di Selatan dengan Samudra Hindia, di Barat dengan Tulungagung, dan di Timur dengan Malang. Blitar berada di kaki Gunung Kelud, sehingga selalu terkena aliran lahar ketika gunung yang sangat aktif ini meletus.

Tulisan Tempat Wisata di Blitar dan peta wisata Blitar ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata Blitar

1. Grojogan Coban Wilis Blitar
Kawasan Gunung Kelud, setinggi 100 m, dengan akses kurang baik melalui Kota Wlingi, Desa Semen, Patok Wesi (motor sampai di sini), dan lanjut jalan kaki dua jam.

2. Candi Penataran Blitar
Di lereng barat daya Gunung Kelud pada ketinggian 450 mdpl, di Desa Panataran, Kecamatan Nglegok, 12 km dari Blitar. Dari Malang belok kanan di pertigaan Desa Garum.

3. Candi Plumbangan Blitar
Di tengah Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, tidak jauh dari Jalan Raya Malang – Blitar, bertuliskan saka 1312 (1390 M), memiliki pintu masuk dan atap berbentuk trapesium.

4. Candi Rambut Monte Blitar
Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, sekitar 30 km dari kota Blitar, berupa candi Hindu dari jaman Majapahit. Terdapat sumber air jernih dihuni ratusan ikan langka .

5. Candi Sawentar
Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, di timur Blitar, dibuat abad ke-13, terletak beberapa meter di bawah tanah karena lokasi ini pernah terpendam lahar Gunung Kelud.

6. Desa Agro Wisata Karangsari
Desa Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, dengan kebun belimbing berukuran besar berwarna kuning kemerahan dengan rasa yang manis.

7. Gua Embultuk
Desa Tumpakkepuh, Bakung, 40 km dari Blitar, dengan panjang 1.500 m, lebar dan tinggi 3 m, penuh stalagmit dan stalaktit, harus memakai lampu petromak dan pakaian ganti.

8. Istana Gebang
Jalan Sultan Agung No. 69 Kota Blitar, yang merupakan rumah tempat tinggal orang tua Bung Karno. Setiap tahun diadakan acara haul yang diramaikan dengan acara kesenian.

9. Kebon Rojo
Kompleks rumah dinas Walikota Blitar, dengan koleksi hewan dan tanaman langka, tempat bermain, tempat bersantai, panggung apresiasi berlatar tugu Satu Abad Bung Karno.

10. Makam Aryo Blitar
Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo, sekitar 2 km dari Kota Blitar, yang merupakan makam adipati pertama daerah Blitar.

11. Makam Bung Karno
Kelurahan Bendogerit, Sananwetan, 2 km dari Blitar, bergaya Joglo Jawa Timuran, gerbang candi Bentar, terdiri dari cungkup makam Bung Karno, Gapura, Masjid dan Bangsal.

12. Monumen PETA
Depan bekas markas PETA, di Jl. Soedanco Soepriyadi, sebagai peringatan pemberontakan tentara PETA melawan tentara Jepang yang di pimpin Soedanco Soepriyadi.

13. Pantai Jolosutro
Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates, sekitar 45 km dari Kota Blitar, dengan ombak Laut Selatan yang masih bisa untuk berenang, berjemur, memancing, atau naik perahu.

14. Pantai Serang
Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, sekitar 40 km dari Kota Blitar, sering digunakan untuk memperkirakan awal bulan Ramadhan dan menentukan Hari Raya Idul Fitri.

15. Pantai Tambakrejo
Desa Tambakrejo, Wonotirto, 30 km dari Kota Blitar, untuk melihat upacara larung sesaji di setiap bulan Suro, menikmati debur ombak Laut Selatan, matahari terbenam, dll.

16. Perpustakaan Bung Karno
Menyatu dengan kompleks Makam Bung Karno di Jl. Kalasan No. 1, Blitar, di dalamnya terdapat patung Bung Karno serta relief perjalanan hidup Bung Karno.

17. Sumber Udel
Jl. Kali Brantas, Kota Blitar, berupa kolam renang dewasa dan anak-anak, yang dilengkapi dengan tempat bermain anak-anak dan panggung gembira.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Blitar » 17 Tempat Wisata di Blitar
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap