12 Tempat Wisata di Banjarmasin

Di bawah ini adalah catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Banjarmasin, sebuah kota madya dan sekaligus ibukota Kalimantan Selatan sebelum dipindahkan ke Cempaka. Kota seribu sungai ini memiliki sedikitnya 25 buah pulau kecil yang dipisahkan oleh sungai-sungai yang jumlahnya tidak kurang dari 24 buah.

Sungai Martapura membelah Kota Banjarmasin yang dipengaruhi oleh pasang surut Laut Jawa, memberikan ciri khas terhadap kehidupan masyarakat, dan dimanfaatkan sebagai prasarana transportasi air, wisata, perikanan dan perdagangan. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Banjarmasin dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata di Banjarmasin

1. Kelenteng Sutji Nurani (Sen Sen Kung)
Jalan Piere Tendean yang merupakan kelenteng Tri Dharma berusia sekitar satu abad, namun tidak diketahui siapa pendirinya.

2. Kubah Surgi Mufti
Surgi Mufti, Banjarmasin Utara, berupa makan Tuan Guru H. Surgi Mufti, cicit Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, ulama besar yang pemurah, ramah, dan disegani.

3. Makam Datu Anggah Amin
Kelurahan Banua Anyar, yang banyak menelorkan ulama meskipun tidak memiliki pesantren.

4. Makam Khatib Dayan
Komplek Makam Sultan Suriansyah, seorang ulama besar dari Kerajaan Demak, keturunan Sunan Gunung Jati, yang menyebarkan Agama Islam di Kerajaan Banjar.

5. Masjid Jami Banjarmasin
Antasan Kecil Timur, yang dikenal juga sebagai Masjid Jami’ Sungai Jingah, berarsitektur Banjar dan kolonial dengan bahan kayu ulin, dibangun pada 1777.

6. Masjid Jami Tuhfaturroghibin (Masjid Kanas)
Alalak Tengah, dengan hiasan buah nenas, berarsitektur campuran Timur Tengah dan Banjar, kebanggaan warga Alalak, warga asli Banjar, dibangun 1922 M.

7. Masjid Raya Sabilal Muhtadin
Jl Jendral Sudirman, Antasan Besar, dibangun 1981, namanya diambil untuk menghormati Ulama Besar Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari (1710 — 1812 M).

8. Masjid Sultan Suriansyah (Masjid Kuin)
Kuin Utara, masjid tertua di Kalimantan Selatan, dibangun pada masa Sultan Suriansyah (1526-1550), berdekatan dengan kompleks makam Sultan Suriansyah.

9. Museum Wasaka (Waja Sampai Kaputing)
Gang H. Andir, Kenanga Ulu, Sungai Jingah, Kec Banjarmasin Utara, yang merupakan museum perjuangan rakyat Kalimantan Selatan.

10. Pasar Terapung Muara Kuin
Persimpangan antara Sungai Kuin dan Sungai Baritod, imana transaksi jual beli dilakukan di atas air dengan menggunakan perahu besar kecil, dan hanya berlangsung pada pagi sekitar pukul 05.00 – 09.00 tiap hari.

11. Pusat Jajan Tarakan
Jalan Tarakan, dengan berbagai macam jajanan, makanan dan minuman khas Banjar, seperti misalnya Soto Banjar.

12. Taman Siring Sudirman
Jalan Sudirman, di bantaran Sungai Martapura, di depan Masjid Raya Sabilal Muthadin, yang biasa digunakan sebagai tempat untuk bersantai.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Kalimantan Selatan » Banjarmasin » 12 Tempat Wisata di Banjarmasin
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap