19 Tempat Wisata di Bangli

Tulisan ini merupakan catatan awal Tempat Wisata di Bangli. Bangli adalah satu-satunya kabupaten di Provinsi Bali yang tidak memiliki pantai, yang berbatasan dengan Kabupaten Buleleng di Utara, Kabupaten Klungkung dan Karangasem di Timur, Kabupaten Klungkung dan Gianyar di Selatan, serta Kabupaten Badung dan Gianyar di Barat.

Tulisan Tempat Wisata di Bangli dan peta wisata Bangli ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Tempat Wisata di Bangli

1. Air Terjun Dusun Kuning
Berupa air terjun Sungai Melangit setinggi 25 m di Dusun Kuning, Taman Bali, 6 km dari Bangli, dicapai dengan berjalan 500 m dari dusun, dan hutan yang dihuni ratusan monyet.

2. Bukit Demulih
Sekitar 4 km dari Kota Bangli yang cocok untuk kegiatan trekking, dengan pemandangan tanah persawahan di sekelilingnya.

3. Bukit Jati
Desa Guliang, 11 km dari Bangli, di perbatasan Bangli dan Gianyar, tempat ideal untuk trekking dan hiking, dan bisa mandi di sungai bersama penduduk.

4. Desa Kedisan
Di pinggir Danau Batur, sekitar 27 km dari Kota Bangli, dimana terdapat dermaga untuk menyeberang ke Desa Trunyan.

5. Desa Penglipuran
Desa Penglipuran, 45 km dari Denpasar, di Jl Kintamani – Bangli. Ada 76 angkul–angkul rumah seragam, bisa menikmati suasana desa dan melihat kerajinan penduduk.

6. Desa Pengotan
Dengan rumah bambu rancangan unik, ritual perkawinan massal di Pura Penataran Agung pada April-Oktober, upacara ritual penguburan, serta penampilan berjenis seni tarian.

7. Desa Trunyan
Di pinggir Danau Batur, dengan naik perahu dari Desa Kedisan, menyeberang Danau Batur selama 30 menit, mayat diletakkan di tempat terbuka di bawah pohon, yang disebut Mapasah.

8. Monumen Pahlawan Penglipuran
Seluas 1,5 ha di bagian Selatan Desa Penglipuran, dibangun 1959, yang menjadi tengara bagi perang revolusi di Bangli yang dipimpin oleh KaptenAnak Agung Muditha melawan NICA.

9. Museum Gunung Batur
Di area parkir kawasan wisata Penelokan 20 km dari Kota Bangli, yang menyimpan benda-benda purbakala dan informasi vulkanologi.

10. Pantunan
Merupakan lembah pertanian sedalam 500 m, dengan pemandangan tanah persawahan, pohon kelapa serta daerah perbukitan di kejauhan.

11. Penelokan
Desa Penelokan, Kintamani, di tepi Gunung Batur, 20 km dari Bangli, dengan panorama Gunung dan Danau Batur, danau terbesar di Bali, di sini juga ada Pura Batur.

12. Pura Batur
Desa Kalanganyar, Kecamatan Kintamani, di sebelah kanan Jl Raya Denpasar-Singaraja, dikenal dengan nama Pura Ulun Danu, menghadap ke barat memunggungi Gunung Batur.

13. Pura Dalem Balingkang
Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, di bagian timur Bukit Penulisan, 40 km dari Kota Bangli, yang dicapai dengan berjalan sekitar 500 meter dari tempat parkir kendaraan.

14. Pura Kehen
Di kaki bukit Bangli, 2 km dari Bangli, dicapai dengan berjalan dari Sasana Budaya Giri Kusuma. Merupakan pura terbesar di Bangli, dibangun 8 tingkatan di lereng bukit Bangli.

15. Pura Pancering Jagat
Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, yang namanya berasal dari sebuah arca setinggi 4 m yang dikenal dengan nama Arca da Tonta atau Ratu Gede Pusering Jagat.

16. Pura Pucak Penulisan
Di puncak Bukit Penulisan, 30 km dari Bangli, dengan 11 teras membentuk piramid. Di teras ketiga ada Pura Danu dan Pura Taman Danu, di teras keempat ada Pura Ratu Penyarikan.

17. Pura Pucaksari
Desa Peninjoan, di Bukit Pucaksari, dengan pemandangan matahari terbit yang tampak seperti muncul dari balik pinggang Gunung Agung.

18. Pura Taman Bali Raja
Dikelilingi kolam dan kebun bunga di atas tanah seluas 5.000 m2 yang dikelilingi oleh persawahan tradisional yang dibangun oleh Sang Anom Bagus dari Kerajaan Taman Bali.

19. Toyo Bungkah
Di tepi Danau Batur, 11 km dari Desa Penelokan, Kintamani, pengunjung bisa berenang, memancing, dan berendam di air panas yang bisa membantu menyembuhkan penyakit kulit.

Silahkan berbagi jika memiliki informasi tentang Tempat Wisata di Bangli

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Bali » Bangli » 19 Tempat Wisata di Bangli

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 15 Juli 2017. Tag: ,