17 Tempat Wisata di Balikpapan

Di bawah ini adalah catatan tentang Tempat Wisata di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Kota Balikpapan memiliki semboyan dalam bahasa Banjar “Gawi Manuntung Waja Sampai Kaputing”, yang berarti jika memulai suatu pekerjaan harus selesai dilakukan. Binatang khas Kota Balikpapan adalah Beruang Madu.

Pada mulanya, Balikpapan menjadi bagian dari Kesultanan Kutai. Mulai sekitar 1636, Kesultanan Banjarmasin menjadi penguasa Kalimantan. Hari jadi Kota Balikpapan disepakati jatuh pada 10 Februari 1897, yaitu tanggal dilakukannya pengeboran minyak pertama kali di Balikpapan oleh perusahaan Mathilda.

Tempat Wisata di Balikpapan

1. Bunker Jepang »
Wilayah sekitar pantai Manggar dan Lamaru, dengan 20 bunker yang telah didata, 8 diantaranya dalam kondisi baik.

2. Carribean Waterpark »
Jl. Kol Syarifuddin Yoes, dihiasi dengan karakter Bajak laut dari Karibbean, Putri Duyung dan Dewa Laut.

3. Hutan Lindung Sungai Wain »
Hutan Lindung Sungai Wain yang merupakan kombinasi antara hutan primer dan hutan sekunder, dengan berbagai tumbuhan dan hewan langka, trekking bridge, pos peristirahatan, menara pengintai dan perahu.

4. Hutan Mangrove »
Merupakan Hutan Kota seluas 5 Ha yang menjadi habitat monyet bekantan, dengan jembatan kanopi sepanjang 800 m serta menara pengintai.

5. Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup »
Jalan raya Balikpapan-Samarinda Km. 23, berupa kawasan konservasi Beruang Madu, pusat informasi beruang; sebaiknya sudah di menara intai sebelum 09.00 atau 15.00.

6. Meriam Jepang »
Pusat kota, dan di atas bukit di bagian barat Kota Balikpapan, yang menewaskan ratusan tentara Australia pada saat mereka melakukan pendaratan.

7. Monumen Perjuangan Rakyat »
Pusat kota yang melambangkan perjuangan rakyat Balikpapan, dikelilingi taman, ada ruang diorama yang dibuka untuk umum di hari-hari tertentu.

8. Pantai Kemala »
Sekitar pusat Kota Balikpapan, berpasir putih, foodcourt yang romantis untuk santap malam di tepi pantai.

9. Pantai Lamaru »
Sebelah timur pantai Manggar Segara Sari, berpasir putih dan pohon cemara di tepian pantainya.

10. Pantai Manggar Segara Sari »
Berada 15 km timur kota, berpasir putih, dilengkapi banana boat, perahu santai, arena permainan anak, berenang, dan aneka kuliner.

11. Pasar Kerajinan dan Cinderamata Kebun Sayur »
Menjual kerajinan tangan masyarakat Kota Balikpapan, seperti Batik motif “Ampik” (motif “Dayak”), perhiasan yang terbuat dari manik-manik, batu-batuan permata dan kerajinan tradisional Suku Dayak.

12. Penangkaran Buaya Surya »
Daerah Teritip, 17 km dari pusat kota, seluasn 1000 m2 yang bisa menampung 1500 ekor buaya, termasuk buaya supit dan buaya air tawar.

13. Taman Bekapai »
Pusat Kota Balikpapan, dengan patung perunggu, air mancur, dan tempat duduk di bawah pohon-pohon palem.

14. Tugu Australia »
Pusat kota, yang dibangun pemerintah Australia sebagai penghormatan bagi pasukan divisi VII Australia yang gugur pada Perang Dunia ke-2 melawan Jepang.

15. Tugu Jepang »
Berdekatan dengan Pantai Lamaru, dengan tugu peringatan di atas kuburan pemimpin pasukan Jepang yang tewas dalam pertempuran melawan sekutu.

16. Tugu Mathilda »
Jalan Yos Sudarso di tepi jalan Minyak wilayah Pertamina yang merupakan bekas pengeboran minyak pertama di Kota Balikpapan.

17. Tugu Perdamaian Jepang dan Australia »
Jl Soekarno Hatta Km. 13 untuk menghormati tentara Jepang, rakyat Indonesia dan Tentara Australia yang gugur pada Perang Dunia ke-II; ada beberapa lubang bekas Bom / Rrudal pesawat tempur di sekitar lokasi.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Kalimantan Timur » Balikpapan » 17 Tempat Wisata di Balikpapan
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap