Tempat Wisata di Aceh Jaya

Tulisan ini adalah catatan tentang Tempat Wisata di Aceh Jaya, sebuah kabupaten dengan ibukota Calang yang masuk wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Penduduk Aceh Jaya, terutama Kecamatan Jaya, memiliki profil khas seperti orang Eropa, yaitu kulit putih, mata biru, dan rambut jagung. Mereka adalah keturunan tentara Portugis yang kapalnya terdampar di Pantai Kerajaan Daya pada abad ke-16.

Aceh Jaya berbatasan di Utara dengan Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Pidie, di Selatan dengan Samudera Indonesia dan Kabupaten Aceh Barat, di Barat dengan Samudera Indonesia, dan di Timur dengan Kabupaten Aceh Barat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Aceh Jaya dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Aceh Jaya

Arung Jeram Sungai Teunom
Yang dimulai dari air terjun di hulu sungai sampai ke Desa Sarah Raya atau Desa Alue Jang, selama 3 jam, 24 km dari Kota Teunom.

Danau Laut Nie Pineung Suasa
Desa Pasi Timon, Kecamatan Teunom, dikelilingi pohon pinang merah dan bunga-bunga langka, dihuni ikan yang bisa dipancing pengunjung.

Lhok Geulumpang
Merupakan kawasan hutan alami menghadap Samudera Hindia, dengan pantai landai berpasir putih untuk berjemur, snorkeling, menyelam menikmati biota laut yang dilindungi, monyet-monyet, dan pemandangan perbukitan.

Pantai Kuala Dhoi
Desa Kuala Dhoi, berbatas Samudera Hindia, 3 km dari Lageun, 12 km dari Calang, dengan pantai landai berpasir putih bersih.

Pantai Kuala Merisi
Dengan Legenda Bate Putri Ratu Meurendam Dewi, untuk berenang-renang, dan tersedia warung-warung makanan minuman

Pantai Pasir Saka
Pantai berpasir putih bersih yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindiau, ntuk berenang, berjemur, snorkeling, 14 km dari Sampoinit

Pulau Reusam
Dengan pantai landai berpasir putih bersih untuk berenang dan snorkeling, panorama alam indah, meriam tua peninggalan Belanda dan Jepang, dicapai dengan kapal dari Desa Batee Tutong dan Desa Rigaih selama 15 menit.

Pulau Tsunami
Kecamatan Jaya (Lamno), 2 jam dari ibukota provinsi, merupakan pulau yang terjadi akibat gempa bumi dan gelombang tsunami tahun 2004, akses dari Desa Ujong Sudhen dengan kapal sekitar 15 menit.

Teluk Rigaih
Berada diantara Desa Batee Tutong, pulau Seumot dan Desa Rigaih, dimana pejalan bisa snorkeling, menyelam dan memancing, dengan terumbu karang dan ikan aneka rupa yang indah.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Aceh » Aceh Jaya » Tempat Wisata di Aceh Jaya
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap