Tempat Wisata di Aceh Besar

Tulisan ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Aceh Besar, sebuah kabupaten dengan ibukota Jantho di Nanggroe Aceh Darussalam. Aceh Besar memiliki wisata alam dan budaya yang menarik, diantaranya berada di Kota Saree, Pulo Aceh, dan Gunung Seulawah.

Lampadang, tempat kelahiran pahlawan nasional Cut Nyak Dhien, berada di Aceh Besar. Aceh Besar berbatasan dengan Kota Banda Aceh di Utara, Kabupaten Aceh Jaya di Barat Daya, dan Kabupaten Pidie di Selatan dan Tenggara.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Aceh Besar dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Aceh Besar

Air Terjun Kuta Malaka
Kuta Malaka, Samahani, 30 km dari Banda Aceh, merupakan air terjun bertingkat delapan atau lebih pada ketinggian 600 mdpl, dicapai dengan menempuh perjalanan melewati perbukitan.

Air Terjun Lhong
Air Terjun Lhong Aceh Besar berada di Desa Krueng Kala, Kacamatan Lhong, berjarak sekitar 55 km dari Banda Aceh. Di sekitar Air Terjun Lhong ini terdapat kolam pemandian, warung makanan-minuman, dan memiliki panorama alam yang indah.

Krueng Jreu
Lokasi Krueng Jreu Aceh Besar berada di Indrapuri, berjarak sekitar 31 km dari kota Banda Aceh ( atau 5 km dari Jalan Banda Aceh-Medan). Krueng Jreu ini yang merupakan sebuah kawasan hutan lindung dengan panorama alam yang indah, serta ada sebuah sungai bersih yang air jernihnya mengalir deras.

Lamrah
Lamreh Aceh Besar adalah sebuah daerah perbukitan di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, wilayah Krueng Raya, Aceh Besar. Sebelumnyna Lamreh merupakan perbukitan yang tandus, namun sekarang sudah banyak pepohonan yang ditanam dan tumbuh di sana.

Pantai Lampuuk
Lokasi Pantai Lampuuk Aceh Besar berada di pantai barat Aceh, sekitar 17 km dari Banda Aceh. Untuk menuju Pantai Lampuuk para pejalan bisa menggunakan kendaraan bermotor, baik pribadi maupun angkutan umum, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Pantai Ujong Batee
Pantai Ujong Batee Aceh Besar (ujung batu) berada di wilayah Krueng Raya, berjarak sekitar 17 km Banda Aceh, arah ke Timur, yang merupakan sebuah pantai indah dengan pohon cemara lebat di tepiannya.

Pelabuhan Malahayati
Lokasi Pelabuhan Malahayati Aceh Besar berada di daerah Krueng Raya, sekitar 35 Km dari Kota Banda Aceh. Sebelumnya Pelabuhan Malahayai sering digunakan oleh masyarakat Banda Aceh untuk menyeberang ke Kota Sabang (Pulau Weh), namun kini pelabuhan penyeberangannya telah beralih ke pelabuhan Ulee Lhe.

Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan
Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Aceh Besar, atau Tahura Pocut Meurah Intan, berada di kawasan hutan Seulawah Agam, berjarak sekitar 70 km dari Kota Banda Aceh. Tahura Pocut Meurah Intan ini berada dalam sebuah area hutan lindung luas 6.300 ha, didominasi vegetasi hutan pegunungan dan Pinus Merkusi.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Aceh » Aceh Besar » Tempat Wisata di Aceh Besar
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 15 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap