Telur Penyu Pantai Padang

Telur Penyu ternyata masih dijual dengan bebas di Pantai Padang, Sumatera Barat. Lapak-lapak penjual telur penyu tampak terlihat berderet-deret di tepi Jalan Muara, Pantai Padang. Bahkan telur Penyu Belimbing yang termasuk jenis penyu langka pun juga dijual di sana.

Selain telur penyu belimbing, di Pantai Padang ini juga dijual telur penyu sisik (Eretmochelys imbricata), telur penyu hijau (Chelonia mydas), dan telur penyu lekang (Lepidochelys olivacea).

Pemerintah daerah tampaknya belum memiliki keinginan kuat untuk menghentikan perdagangan telur penyu yang telah berlangsung turun temurun dari sebelum berdirinya republik ini. Karena pembiaran ini, beberapa sumber menyebutkan bahwa Pantai Padang merupakan tempat perdagangan telur penyu terbesar di Indonesia.

Telur Penyu Pantai Padang
Ibu Darmi tengah menunggu pembeli di lapaknya. Di depannya terlihat deretan kantung plastik yang berisi tumpukan telur penyu. Telur-telur penyu ini dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp.5.000 – Rp.7.000.

Telur Penyu Pantai Padang
Telur penyu yang telah kosong, setelah isinya diminum dengan bumbu serai, daun kunyit, daun pandan, daun limau, bawang putih, dan garam. Menurut penuturan Ibu Darmi, ia menerima pasokan orang yang mengambil telur penyu dari Pantai Padang, Pariaman, Pulau Pandan, Pulau Penyu, Pulau Toran, Pulau Air, serta dari pulau-pulau lainnya.

Telur Penyu Pantai Padang
Pak Bahar, suami Ibu Darmi, di depan lapaknya. Terkesan agak curiga, para penjual telur penyu ini tampaknya juga telah menyadari bahwa penjualan telur penyu sebenarnya telah dilarang oleh undang-undang. Wajar jika ada kekhawatiran bahwa mata pencaharian mereka suatu saat akan terganggu.

Telur Penyu Pantai Padang
Deretan lapak di Jalan Muara Pantai Padang. Lapak-lapak penjual telur penyu ini mulai melayani pembeli sejak jam 8 pagi dan baru tutup lewat jam 11 malam.

Diperlukan kerjasama banyak pihak untuk menertibkan perdagangan telur penyu Pantai Padang ini. Penutupan lokasi semata tentu tidak menyelesaikan masalah, karena perdagangan bisa berpindah ke tempat lain, dilakukan secara diam-diam, atau diekspor ke negeri jiran. Mata pencaharian penjual juga tentunya perlu dipikirkan. Namun seperti kata pepatah, dimana ada kemauan di situ ada jalan.

Telur Penyu Pantai Padang

Jalan Muara, Pantai Padang
GPS: -0.96193, 100.35301

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Barat » Padang » Telur Penyu Pantai Padang
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 7 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap