Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut

Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut adalah sebuah taman kota serbaguna yang lokasinya berada di pusat Kota Manado, di kawasan yang sebelumnya dikenal dengan nama Pasar ’45. Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut diresmikan pada 1987, dan di dalamnya terdapat taman, Teater Terbuka, Monumen Dotu Lolong Lasut, dan Pusat Informasi Wisata Manado.

Suasana yang cukup panas di Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut ini sedikit tertolong dengan adanya beberapa pepohonan yang cukup rindang di sebagian tepi taman yang oleh penduduk setempat lebih dikenal dengan nama populer TKB (Taman Kesatuan Bangsa).

Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut
Pemandangan di salah satu bagian Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut, dengan Patung Dotu Lolong Lasut berdiri di tengah-tengah, lambang salib dalam ukuran besar berwarna biru, serta Bangunan Pusat Informasi Wisata di latar belakang.

Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut
Masyarakat Kota Manado mempercayai bahwa Lolong Lasut, yang hidup pada abad ke-16, adalah pendiri Kota Manado setelah merintis berdirinya “Tumani Negeri Wenang” yang sekarang dikenal sebagai Kota Manado. Nama Manado sendiri diberikan oleh pemerintah kolonial Belanda, diambil dari nama Gunung Manado Tua yang berada di lepas pantai Kota Manado.

Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut
Teater Terbuka dengan bentuk melingkar yang sering dipergunakan sebagai tempat pertunjukan kesenian dan budaya Minahasa, serta kegiatan kemasyarakatan dan wisata lainnya.

Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut
Bangunan Pusat Informasi Turis Manado (Manada Tourist Information Center) yang masih terlihat baru, namun sayang sekali saat itu pintunya terkunci dan tidak terlihat ada satu pun petugas yang menjaga di sana.

Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut
Rupanya Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut juga menjadi tempat bermain anak-anak, mungkin pada saat orang tua mereka tengah sibuk berdagang di sekeliling taman, dan kegiatan sekolah mereka telah selesai. Tiga anak berpose dengan memakai kaos team kesebelasan favorit mereka yang saat itu sedang berlaga di Piala Dunia.

Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut
Selalu ada cara sederhana untuk bergembira dan menikmati hangatnya persahabatan.

Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut
Seorang gadis remaja, disaksikan oleh temannya, tengah mencoba mengarahkan kedua anak di kolam air mancur itu untuk mendapatkan momen yang baik. Tidak diperlukan kamera mahal dan canggih untuk mengabadikan keindahan di sekeliling kita.

Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut
Daerah di sekitar Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut pernah menjadi pusat kegiatan perekonomian dan tempat bersantai sebelum dibangunnya mal dan kawasan Boulevard. Namun siang itu jalan-jalan disekeliling Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut masih dipadati kendaraan, dan emperan pertokoan pun masih tetap dipadati oleh orang yang berlalu lalang tanpa henti.

Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut

Kawasan Pasar ’45. Lokasi GPS: 1.49246, 124.84095. Tempat Wisata di Manado, Hotel di Manado, Peta Wisata Manado

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sulawesi Utara » Manado » Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 19 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap