Taman Buah Mekarsari Cileungsi Bogor

Sudah beberapa kali saya berkunjung ke Taman Buah Mekarsari Cileungsi, Kabupaten Bogor. Ada kunjungan yang terkait wisata keluarga teman kantor dan ada pula yang datang secara individu. Taman Buah Mekarsari atau Taman Wisata Mekarsari ini lokasinya berada di Jalan Raya Cileungsi, Jonggol, Kabupaten Bogor.

Lokasinya yang cukup jauh serta akses jalan yang padat, macet, dan kadang rusak membuat Taman Buah Mekarsari Cileungsi tidak sepopuler kawasan wisata yang ada di Ancol atau Kebun Raya Bogor karena aksesnya lebih mudah serta dekat dengan pilihan wisata lainnya. Selain itu, udara panas pada awal-awal berdirinya lantaran pohon-pohonnya belum bisa memberi keteduhan yang memadai, serta areanya yang sangat luas, juga menjadi tantangan tersendiri buat pengunjung.

Taman Buah Mekarsari diresmikan sebagai tempat rekreasi umum pada 1995 dengan penandatangan prasasti oleh Presiden Soeharto. Sejak saat itu Taman Buah Mekarsari terus berbenah untuk lebih bisa menarik pengunjung dengan memperkaya wahana dan layanan.

taman buah mekarsari cileungsi bogor
Area parkir kendaraan di Taman Buah Mekarsari boleh dikatakan sangat luas, dan cukup nyaman karena adanya pepohonan rimbun yang cukup banyak. Terakhir kali saya berkunjung adalah sebelum renovasi pada akhir tahun lalu. Saat itu mobil pribadi tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam area taman seluas 264 hektar ini (27 hektar di antaranya berupa telaga).

Meskipun ada angkutan di dalam area, namun tetap tidak menyenangkan karena tidak bisa menjelajah dan memotret taman sesuai keinginan dan kebutuhan. Jika ada sewa sepeda di dalam taman itu akan lebih baik. Seingat saya ada dua pilihan tour waktu itu, yang pertama naik kendaraan wisata hanya berkeliling taman dan bisa berhenti di danau. Jika sudah selesai berwisata di danau maka pengunjung bisa naik kendaraan wisata berikutnya dari danau kembali ke depan. Pilihan yang kedua adalah berhenti di salah satu kebun dan bisa memetik buah di sana. Saya memilih yang pertama.

taman buah mekarsari cileungsi bogor
Area outbound ini berada di dekat danau, dan merupakan wahana permainan halang rintang dengan tingkat kesulitan bervariasi. Ada tempat panjat, jaring, flying fox, dll.

Ada pula permainan paintball dengan medan perang di perkebunan. Semua permainan ini tentunya hanya cocok dan seru jika datang ke Taman Buah Mekarsari secara berkelompok. Kenyataannya memang banyak sekali acara kumpul-kumpul di selenggarakan di taman ini, baik acara sekolah, kantor, karyawan pabrik, atau pun acara keluarga besar. Lingkungan di sekitar danau cukup teduh dengan banyaknya pepohonan rindang sehingga nyaman bagi pengunjung. Tempat duduk juga tersedia di beberapa tempat agar orang bisa beristirahat sambil menikmati suasana.

taman buah mekarsari cileungsi bogor
Sejumlah perahu naga tampak merapat di dermaga danau. Sekitar danau tampak tak begitu ramai hari itu karena bukan di akhir pekan. Hanya ada beberapa anak yang tengah asik bermain Floating Donat.

Wahana air yang tersedia adalah Sepeda air, Kano, Jetski, Banana boat, Mini Aqua Boat, Giant Bubble, serta Dragon boat. Dragon boat berukuran lebih besar tampaknya sudah ditambahkan saat ini. Di sekitar danau ada pula mainan trampolin bungee, bola angkasa, dan big baloon.

taman buah mekarsari cileungsi bogor
Sejumlah rusa tutul yang ada di Taman Konservasi Rusa Tutul (Deer Park) menengokkan kepalanya ketika kami lewat. Rusa tutul juga bisa dujumpai di halaman Istana Bogor.

Di Taman buah Mekarsari ada area yang disebut Country Side, ditanami berbagai tanaman buah, dan bisa dikunjungi dengan naik sepeda baik sepeda, sepeda tandem, sepeda tuk-tuk, dan ATV (All Terrain Vehicle). Di area bermain anak Kids Fun Valley tersedia permainan The Big Baloon, Mono Rail, Aeroplane, Mini GoKart, Bom-Bom Car, dan Fancy Train di tengah suasana perkebunan.

Akan halnya buah yang merupakan tema utama taman ini, jika sedang musimnya, pengunjung bisa memetik, membeli, dan makan di lokasi beberapa jenis buah-buahan seperti belimbing, durian, kelengkeng, kepel, melon, nangkadak (nangka-cempedak), rambutan, salak, sirsak, dan srikaya.

Taman Buah Mekarsari Cileungsi

Alamat : Jl. Raya Cileungsi – Jonggol Km. 3, Bogor, Jawa Barat. Lokasi GPS : -6.4113271, 106.9867945, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam Buka : Senin s/d Jumat 10.00 – 16.30; Sabtu – Minggu – Libur 09.00 – 16.30. Harga tiket masuk : Rp. 25.000 dewasa dan anak sama; Rp. 5.000 roda dua, Rp. 15.000 roda empat, Rp. 35.000 bus. Rujukan : Tempat Wisata di Bogor, Peta Wisata Bogor, Hotel di Bogor. Galeri (16 foto) Taman Buah Mekarsari Cileungsi Bogor : 1.Parkir, 2.Outbound, 3.Naga, 4.Rusa Totol, 5.Deer Park, 6.Jaring, 7.Danau, 8.Pedestrian, 9.Jembatan … s/d 16.Ukiran.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Barat » Bogor Kabupaten » Taman Buah Mekarsari Cileungsi Bogor

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 22 Juli 2017. Tag: , , ,

Tulisan lainnya : Hotel di Lembang | Soto Sokaraja Pusat Kuliner Kebumen | Album-Album Konser Rakyat Leo Kristi | Gedung Monumen Pers Perjuangan Surabaya | Candi Surowono Kediri | 45 Museum di Jakarta | Asynchronous Google Adsense Custom Search | 8 Peta Wisata Bangka | Masjid Raya Al Mashun Medan | Candi Prambanan Sleman Yogyakarta |