Tabek Patah Tanah Datar

Tabek Patah Tanah Datar berupa dua buah kolam terpisah yang berada di Nagari Tabek patah Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar. Tabek artinya kolam, sehingga Tabek Patah berarti kolam yang patah menjadi dua bagian.

Kolam atau danau di sebelah Utara dikenal dengan nama Talago Pakis, sedangkan kolam yang berada di bagian Selatan diberi nama Aia Taganang. Di perairan danau ini hidup ikan khas Tabek Patah, yang oleh penduduk disebut dengan nama Ikan Puyu.

Panorama Tabek Patah berjarak sekitar 16 km dari Kota Batusangkar. Dari tempat yang berhawa dingin dan sering berkabut ini pejalan bisa melihat panorama di bawahnya yang dikelilingi perbukitan dan kawasan hutan pinus.

Panorama Tabek Patah

Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sumatera Barat » Tanah Datar » Tabek Patah Tanah Datar

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 20 Januari 2017.