Sumur Petilasan Syekh Anom Sida Karsa Kebumen

Adanya Sumur Petilasan Syekh Anom Sida Karsa saya ketahui dari Muhyidin yang menyebutkan tempat ini saat kami berbincang di Makam Syekh Anom Sida Karsa. Karena menurutnya berjarak cukup dekat maka saya memutuskan untuk mampir melihat ke sana, tanpa ditemani Muhyidin yang langsung pulang ke rumahnya.

Jika saja kami berjalan kaki maka akan ada jalan tembus yang melewati pekarangan rumah penduduk. Namun karena menggunakan kendaraan maka jaraknya menjadi hampir tiga kali lipat, dengan lintasan yang membentuk hampir menyerupai huruf U dengan kaki yang panjang.

Betapa pun, cukup menyenangkan berkendara melintas di jalan dengan suasana pedesaan yang lalu lintasnya sangat sepi. Lagipula jarak yang memutar itu hanya kurang dari 600 meter. Petilasan Sumur Syekh Anom Sida Karasa ada di sebelah kanan dari arah kami datang, dengan tengara di samping pintu pagar besi yang tak terkunci.

sumur petilasan syekh anom sida karsa
Tampak depan gapura dengan bagian atas berbentuk atap pelana, pagar tak terkunci dicat warna tembaga dengan anak panah berwarna keemasan, serta tengara yang berbunyi “Sumur Tua Petilasan Syekh Anom Sidokarso, Alamat: Dk Wadas, Desa Grogolbeningsari, Kec. Petanahan, Kab. Kebumen, Prov. Jawa Tengah”

Merasa sudah mendapatkan ijin dari pengurusnya, dan lagipula pagar tidak digembok, saya pun membuka pagar dan berjalan masuk ke dalam area petilasan yang tidak begitu besar itu. Bagian bawahnya dipasang blok paving yang sebagian telah lumutan menandakan kelembaban air tinggi ditambah dengan rindang pohon yang menahan sinar matahari.

Suasana sekeliling petilasan tampak sepi. Tak ada peziarah yang tengah berada di sana, dan tak ada pula penduduk sekitar yang datang menyapa. Seperti yang disampaikan Muhyidin, ziarah ke petilasan Syekh Anom Sida Karsa masih merupakan peristiwa tahunan, yang hanya ramai dikunjungi pada bulan Suro dan Ruwah saja.

sumur petilasan syekh anom sida karsa
Area berpagar besi dicat warna tembaga yang berada di sisi sebelah kiri kompleks petilasan sumur Syekh Anom Sida Karsa dipercayai sebagai area bekas rumahnya. Muhyidin sempat menyebutkan bahwa dulu area bekas rumah Syekh Anom ini mungkin lebih luas dari yang ada sekarang ini.

Karena memang tidak membuka pesantren dan hanya menerima Santri Kalong, yang mengaji hanya pada malam hari, bisa dimengerti bahwa Syekh Anom tidak membutuhkan tempat yang luas untuk menerima dan mengajar murid-muridnya. Masjid pun mungkin cukup untuk memenuhi kebutuhan menampung para santri yang jumlahnya ratusan.

Dalam kisah legenda yang diceritakan Muhyidin, yaitu ketika rumah Syekh Anom Sida Karsa disatroni gerombolan berandal Ambal yang berjumlah 200-an orang, rumah Syekh Anom memang disebutkan kecil saja. Namun meskipun kecil, rumah itu mampu menampung seluruh anggota berandal dan bahkan mereka hanya memenuhi satu sudut rumahnya saja.

sumur petilasan syekh anom sida karsa
Sekitaran lingkaran sumur tua peninggalan Syekh Anom Sida Karsa itu telah disemen lumayan tebal berbentuk segi empat yang hampir menyerupai bentuk umpak sebuah bangunan tradisional Jawa. Serumpun tetean terlihat menyembul keluar dari lubang sumur.

Sumur ini konon dibuat sendiri oleh Syekh Anom Sida Karsa, dan karenanya banyak orang percaya bahwa airnya membawa tuah, dari mulai mengobati penyakit sampai untuk mendapatkan keturunan. Kepercayaan adalah kekuatan, dan kekuatan bisa membawa orang kepada apa yang ia ingin atau idamkan, lepas apakah itu karena tuah air atau tuah usaha kerasnya sendiri.

Air sumur itu tidak lagi ditimba, namun ada pompa air yang mengalirkannya ke dalam tando air berukuran besar, dan orang bisa mengambilnya secara gratis dari keran-keran yang ada. Petilasan ini juga dilengkapi dengan WC dan tempat berteduh kecil di pojok area. Namun saya tak sempat melihat seperti apa toiletnya. Mudah-mudahan bersih.

Sumur Petilasan Syekh Anom Sida Karsa

Alamat : Dukuh Wadas, Desa Grogol Beningsari, Kecamatan Petanahan, Kebumen. Lokasi GPS : -7.74527, 109.60559, Waze. Galeri : 7 foto. Rujukan : Peta Wisata Kebumen, Tempat Wisata di Kebumen, Hotel di Kebumen, Sewa Mobil di Kebumen. Galeri (7 foto) Sumur Petilasan Syekh Anom Sida Karsa Kebumen : 1.Gapura, 2.Bekas rumah, 3.Sumur tua, 4.Lubang Sumur, 5.Tempat Duduk 6.Gentong Air 7.Bangunan.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Tengah » Kebumen » Sumur Petilasan Syekh Anom Sida Karsa Kebumen

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 16 Juli 2017. Tag:

Tulisan lainnya : Mengendarai Gelar | 8 Tempat Wisata Kuliner Pamekasan | 35 Peta Wisata Belanja Bandung | Hotel di Serang Kota | Empal Gentong Amarta | Makam Syekh Bela-Belu Parangtritis Bantul | Umbul Planangan Pengging Boyolali | Merubah Judul LinkWithin | Pendopo Kajen Kabupaten Pekalongan | Mata Air Sendang Pelus Kebumen |