Sumaru Endo Minahasa

Sumaru Endo adalah sebuah tempat rekreasi keluarga yang lokasinya berada di tepian Danau Tondano, tepatnya di Desa Leleko, Kecamatan Remboken Minahasa, sekitar 12 km dari Kota Tondano, 45 km dari Kota Manado, 65 km dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Sumaru Endo
Pintu masuk ke lokasi wisata Sumaru Endo yang berada di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Nama Sumaru Endo sendiri diambil dari bahasa asli Remboken yang memiliki arti “menghadap matahari terbit”.

Sumaru Endo
Sebuah baliho yang memberi petunjuk arah sekaligus informasi tentang fasilitas yang tersedia di tempat wisata Sumaru Endo ini. Tempat wisata seluas 2 hektar ini kabarnya masih dikelolah oleh pemerintah provinsi Sulawesi Utara.

Sumaru Endo
Tiket masuk ke Sumaru Endo. Selepas dari pintu gerbang, di bagian sebelah kiri adalah tempat parkir yang cukup luas serta deretan kios-kios yang menjual makanan – minuman serta cindera mata. Jalan yang lurus adalah menuju tepian Danau Tondano.

Sumaru Endo
Danau Tondano yang kaya akan sumber daya perikanan air tawar membuat karamba dan rumah panggung tumbuh subur di atas permukaan airnya. Sebuah pemandangan Danau Tondano yang diambil dari Sumaru Endo.

Sumaru Endo
Tumbuhan eceng gondok tampak tumbuh subur dan terkesan kurang dikelola dengan baik, membuat pemandangan menjadi kurang sedap dipandang mata, dan perahu pun tampak kesepian terjebak diantara rimbunnya tetumbuhan air itu.

Tidak diketahui apakah penduduk setempat telah memanfaatkan eceng gondok ini sebagai bahan baku kerajinan tangan, sebagaimana telah dilakukan di daerah sekitar Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Sumaru Endo
Hamparan eceng gondok, dan dermaga yang mulai menua dan sepi. Tidak tampak ada tukang perahu yang menawarkan jasanya untuk mengantar berkeliling danau.

Sumaru Endo
Bisa dibayangkan bagaimana menantangnya bagi sebuah perahu motor untuk menembus hamparan eceng gondok. Saya kira sudah saatnya pengelola untuk turun tangan membersihkan perairan Danau Tondano di sekitar tempat wisata Sumaru Endo dari tumbuhan eceng gondok ini.

Sumaru Endo
Tempat duduk di tepian Danau Tondano yang sudah tampak menua.

Sumaru Endo
Tempat pemandian air panas alam Sumaru Endo yang masih dicari dan disenangi oleh masyarakat sekitar, namun dengan tempat bilas yang sepertinya telah memerlukan perbaikan agar lebih nyaman bagi pengunjung.

Sumaru Endo memiliki potensi besar untuk menjadi tempat wisata menarik di tepian Danau Tondano, dengan kolam air panasnya serta wisata airnya, jika saja dikelola dengan lebih baik. Semoga saja pengelola segera turun tangan untuk memperbaiki tempat wisata yang sangat potensial ini.

Sumaru Endo

Alamat: Desa Leleko, Kecamatan Remboken. Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Sekitar 12 km dari Tondano, 45 km dari Kota Manado. LoasiGPS: 1.23392, 124.87040. Tempat Wisata di Minahasa, Peta Wisata Minahasa, Hotel di Manado

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sulawesi Utara » Minahasa » Sumaru Endo Minahasa
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 19 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap