Stasiun Kutowinangun Kebumen

Cari, kirim ke FB | Tweet | WA | Print!.

Ketika melintasi perlintasan sebidang dengan rel kereta api yang berada di dekat Stasiun Kutowinangun, Kebumen, saya meminta Bambang untuk menepikan kendaraan dan berhenti. Setelah turun dari kendaraan, saya mengayun kaki untuk menuju rel kereta api dan lanjut berjalan mendekati Stasiun Kutowinangun lewat tepian rel.

Selama beberapa menit berada di sana sayangnya tak ada satu pun kereta yang lewat, baik kereta api dari arah barat, maupun dari arah timur. Saat itu hampir jam setengah empat sore, mungkin kereta Taksaka Pagi dari Jakarta baru saja lewat beberapa menit sebelum saya tiba.

Sebagaimana Stasiun Kebumen, Stasiun Kutowinangun juga sudah terlihat rapi dan bersih. Tak ada orang tak berkepentingan lalu lalang di dalam area peron, dan kebersihan peron juga sangat terjaga. Sejumlah pot tanaman pendek terlihat diletakkan dekat tembok untuk mempercantik pemandangan.

stasiun kutowinangun kebumen
Bangunan Stasiun Kutowinangun terlihat berbentuk kotak memanjang yang dicat warna khas PT Kereta Api Indonesia. Akses masuk ke dalam peron stasiun berada di bagian tengah bangunan, dengan puncak tonjolan atap ada di atasnya.

stasiun kutowinangun kebumen
Pandangan ke sisi sebelah kiri Stasiun Kutowinangun, arah perjalanan kereta ke wilayah Timur. PPKA (Pengatur Perjalanan Kereta Api) tampak berdiri di tepi peron, yang menjadi tanda bahwa kereta api tidak lama lagi akan datang atau lewat dari arah sana. Bangunan kecil terpisah paling ujung adalah kantor PPKA.

Sebuah tanda pada dinding tengah Stasiun Kutowinangun memberi informasi bahwa stasiun ini terletak pada ketinggian +13 m dan berada di Daerah Operasi V Purwokerto. Pada akses masuk di bagian tengah terdapat loket penjualan tiket kereta api, serta jadwal lengkap keberangkatan kereta dari Stasiun Kutowinangun ke arah Barat dan Timur.

stasiun kutowinangun kebumen
Perlintasan sebidang rel kereta api dengan jalan umum. Palang pintu perlintasan dinaikturunkan secara manual, langsung oleh petugas dari ruang PPKA.

Terlihat bahwa Stasiun Kutowinangun memiliki tiga jalur rel kereta api. Jalur 1 dengan panjang emplasemen 432 m merupakan jalur utama yang bisa menampung 23 rangkaian kereta. Jalur 2 dan 3 dengan panjang emplasemen 351 m digunakan sebagai jalur persilangan yang bisa menampung 17 rangkaian kereta.

Kereta api dari Jakarta yang berhenti di Stasiun Kutowinangun hanya berangkat dari Stasiun Pasar Senen (Gaya Baru Malam dan Krakatu), dan dari Stasiun Tanah Abang (Krakatau). Sedangkan dari Bandung ada Kereta Api Mutiara Selatan.

Stasiun Kutowinagun Kebumen

Alamat: Jl. Stasiun, Kutowinangun, Kebumen. Peta Wisata Kebumen, Tempat Wisata di Kebumen, Hotel di Kebumen



Kirim ke FB | Tweet | WA | Email | Print!

Home » Jawa Tengah » Kebumen » Stasiun Kutowinangun Kebumen
Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »