Soto Seger Mbok Giyem Boyolali

Tak ada rencana mau sarapan apa dan di mana untuk memulai hari di pagi itu, namun entah memang sudah ada dalam pikiran Pak Jum atau hanya secara kebetulan saja ia akhirnya membawa kami berhenti di halaman parkiran di depan Soto Seger Mbok Giyem Boyolali, arah ke Barat dari Kota Solo sesuai rute jalan hari itu.

Soto Seger Mbok Giyem Boyolali berada di Jl Pandaranan, di tepi kanan jalan besar dari Solo. Di Kota Boyolali rupanya ada pula dua cabang Soto Seger Mbok Giyem yang lain. Yang pertama berada di Jl Garuda dan yang kedua ada di seberang RSUD Pandanaran Boyolali.

Tujuan pertama perjalanan saya di pagi hari itu memang mencoba menjelajahi beberapa tempat bersejarah yang berada di arah ke Barat dari Kota Solo, setelah dua hari sebelumnya mengunjungi banyak tempat di dalam kota. Keraton Solo sengaja saya lewati, dan hanya jika masih tersisa waktu saja saya akan mampir ke sana.

soto seger mbok giyem boyolali
Tampak muka warung Soto Seger Mbok Giyem Boyolali dengan halaman parkir lebar dan cukup memadai. Halaman parkir ini mampu menampung cukup banyak kendaraan para pejalan luar kota yang kebetulan lewat dan mampir. Adanya jala-jala di teras serta pepohonan di sisi halaman mampu mengurangi hawa panas Matahari pagi.

Halamannya warung juga terlihat cukup dijaga kebersihannya, menandai kesadaran warungnya akan makna kebersihan dan bahwa rizki akan mudah datang denga memperhatikannya. Demikian juga dalaman warungnya, meski jauh dari kesan mewah namun cukup representatif, bersih dan lumayan nyaman untuk duduk menikmati makanan.

soto seger mbok giyem boyolali
Begini penampakan menu Soto Seger Mbok Giyem Boyolali, dengan pilihan ukuran soto serta cara penyajian, bisa langsung dicampur antara soto dengan nasinya atau disajikan secara dipisah dengan nasi lebih banyak. Semuanya ditawarkan dengan harga yang relatif sangat murah dari hanya Rp.5.000 sampai Rp.8.000 saja seporsinya.

Makanan tambahannya yang siap saji dan siap santap pun relatif murah, seperti tahu/tempe/mendoan yang hanya Rp 1.000 per potong, dan sosis Rp 2.500 per potong. Selain itu ada pula makanan tambahan yang bisa dijajal berupa sate telur puyuh, sate kerang, sate paru, sosis merah, sate udang, sate kikil, dan ati ayam.

soto seger mbok giyem boyolali
Seperti inilah rupa semangkuk Soto Seger Mbok Giyem Boyolali. Yang saya pesan adalah semangkuk Soto Besar, segelas beras kencur serta teh panas tawar. Kuah sotonya bening, dengan suwiran daging ayam kampung gurih, kecambah, soun, daun seledri, bawang merah goreng, dan keripik kentang juga ditambahkan ke dalamnya.

Selain soto ayam yang menjadi menu standar andalan warung soto ini, pengunjung juga bisa memilih menu soto yang berisi daging sapi. Jika langganan, biasanya saya meminta campuran daging ayam dan daging sapi. Karena kuah yang bening, serta disajikan panas, maka soto ini terasa segar ketika dilahap melewati tenggorok.

Sama seperti di tempat makan lain di Solo yang telah saya datangi, tempe goreng di Soto Seger Mbok Giyem Boyolali ini rasanya juga enak. Terasa baru, renyah dan gurih. Mungkin karena perputarannya cepat maka tempe yang disajikan selalu baru dan segar. Beras kencurnya juga saya suka, tak terlalu kuat rasa kencurnya.

Suasana warung di pagi itu masih relatif sepi, hanya beberapa meja saja yang sudah terisi tamu. Dengan lokasinya yang berada di tepi jalan besar, sangat tepat warung soto seger mBok Giyem ini buka pagi-pagi. Pejalan luar kota pasti menyukainya, dan lumayan bagi warung untuk penglaris dagangan. Monggo mampir menjajalnya.

Soto Seger Mbok Giyem Boyolali

Alamat : Jl. Pandanaran Boyolali, Jawa Tengah. Lokasi GPS : -7.5248357, 110.5996388, Waze. Jam Buka : 06.00 – 21.00. Galeri : 5 foto. Rujukan : Tempat Wisata di Boyolali, Peta Wisata Solo, Hotel di Solo, Tempat Wisata di Solo. Galeri (5 foto) Soto Seger Mbok Giyem Boyolali : 1.Semangkuk Soto 2.Dalaman Warung, 3.Daftar Menu, 4.Rombong, 5.Halaman Soto Seger.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Tengah » Boyolali » Soto Seger Mbok Giyem Boyolali

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 16 Juli 2017. Tag:

Tulisan lainnya : Membuat Menu Kolom di Footer | Gemuruh Curug Sawer Sukabumi | Pura Watu Klotok Klungkung Bali | Candi Tegowangi Kediri | Situs Prasasti Sojomerto Batang | Pesanggrahan Langenharjo Sukoharjo | Ada Pendiri Boedi Oetomo di Pesarean Keboetoeh |