Situs Lawang Gede Cirebon

Situs Lawang Gede Cirebon berada di blok Lawang Gede, Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon, berupa peninggalan pintu kayu berukuran cukup besar yang merupakan bekas pintu gerbang Kerajaan Mertasinga. Ada tempat air kuno tidak jauh dari tempat ini.

Desa Mertasinga sendiri berada tidak jauh setelah belokan ke Makam Sunan Gunung Jati.Kerajaan Mertasinga konon merupakan peninggalan Pangeran Suryanegara, cicit Sunan Gunung Jati, namun ada pula yang menyebutnya sebagai patih, yang meninggalkan keraton Cirebon pada abad ke-17 karena tidak suka dengan dominasi kolonial Belanda.

Kayu adalah peninggalan yang paling rapuh dan mudah hancur dimakan jaman, karena sifatnya memang tak sekuat batu dan logam, kecuali jika sudah menjadi fosil dan mengeras.

Karenanya tentu akan sangat menarik jika sempat melihat secara langsung peninggalan kuno ini. Mudah-mudah di kunjungan ke Cirebon berikutnya saya bisa mampir ke sana.

Situs Lawang GedeAlamat : Blok Lawang Gede, Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon. Rujukan : Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon, Hotel di Cirebon.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Situs Lawang Gede Cirebon

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.