Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman

Cari, kirim ke FB | Tweet | WA | Print!.

Situs Arca Ganesha Dawangsari ini berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, dan jaraknya sesungguhnya lebih dekat ke Situs Watugudig (3,8 km) ketimbang ke Candi Kedulan (5,9 km). Jadi rute yang saya ambil mestinya adalah ke Candi Sambisari, Candi Kedulan, Situs Watugudig, dan baru ke Situs Arca Ganesha Dawangsari.

Itulah gunanya melihat Peta Wisata Sleman, jika saja waktu itu saya telah memilikinya. Sebenarnya yang saya cari adalah Situs Dawangsari, namun alih-alih menemukan situs itu saya malah menemukan Situs Arca Ganesha Dawangsari yang tidak ada di dalam catatan saya.

Mestinya kedua situs itu letaknya tidak begitu kauh, karena berada di dusun yang sama. Belakangan saya ketahui bahwa Situs Dawangsari lokasinya sangat dekat dengan Candi Barong yang saya kunjungi kemudian. Mungkin memang tidak sedang jodoh.

Dusun Dawangsari bisa dicapai dari Jalan Raya Yogya – Solo, lalu berbelok ke Selatan masuk ke Jalan Piyungan – Prambanan (di seberang Candi Prambanan, arah ke Situs Keraton Ratu Boko), dan setelah sekitar 700 m belok ke kiri (Timur), pada perempatan belok ke kanan, mentok belok ke kiri, mentok lagi belok kanan.

Di pertigaan, jika menggunakan motor bisa lurus masuk jalanan menanjak, namun jika menggunakan mobil bisa di parkir di sekitar pertigaan, atau seperti yang kami lakukan adalah belok ke kanan, di ujung pertigaan belok ke kiri, lalu ada pertigaan belok ke kiri lagi. Jika bertemu perempatan, parkir kendaraan di sini.

Di perempatan ini kami bertanya kepada seorang ibu, yang menunjukkan jalan masuk ke dalam situs. Jalan masuk tidak kami temukan, namun arca berukuran besar bisa dilihat dari tepi jalan, sehingga kami mencari jalan alternatif .

Dari perempatan kami berjalan kaki mengikuti jalan menurun untuk mencari akses masuk ke Situs Arca Ganesha Dawangsari. Tanpa diduga, dari jalanan menurun ini ternyata bisa melihat yang panorama indah, dengan puncak Candi Sojiwan (saya kira tadinya adalah Candi Prambanan), dan menara tinggi sebuah masjid berwarna putih.

Situs Arca Ganesha Dawangsari
Panorama Candi Sojiwan yang dilihat dari jalanan menurun dekat akses masuk ke Situs Arca Ganesha Dawangsari.

Tidak terlihat ada akses masuk yang ‘jelas’ ke dalam kebun, dimana Situs Arca Ganesha Dawangsari berada. Sehingga akhirnya, dengan hanya mengira-ira, saya meloncat masuk ke dalam kebun penduduk yang tanahnya lebih tinggi dari jalan.

Situs Arca Ganesha Dawangsari
Akses masuk ke kebun dimana Situs Arca Ganesha Dawangsari. Titik ini ada pada GPS: -7.76993, 110.49775

Jelas sekali bahwa akses yang kami lalui sudah cukup lama tidak dilewati manusia. Jika pun ada, tentu sangatlah jarang, atau sudah lama, karena tumbuhan perdu yang tumbuh bebas di jalanan setapak.

Situs Arca Ganesha Dawangsari
Inilah akses menuju Situs Arca Ganesha Dawangsari yang kami lalui. Di depan tampak Pak Agus tengah mengamati area sekitar untuk melihat lokasi arca. Setelah berjalan beberapa puluh langkah lagi, akhirnya kami berhasil menemukan lokasi Situs Arca Ganesha Dawangsari itu.

Situs Arca Ganesha Dawangsari
Situs Arca Ganesha Dawangsari dengan tengara Cagar Budaya yang nyaris tidak terbaca lagi. Akses masuknya ditutup dengan pagar kawat, namun pintunya tidak digembok sehingga kami bisa masuk ke dalamnya.

Situs Arca Ganesha Dawangsari
Dari samping belakang, terlihat bekas-bekas pahatan pada punggung Arca Ganesha ini, namun sudah tidak jelas lagi ukirannya dan sebagian telah rusak. Arca ini ukurannya cukup besar, sekitar dua kali tinggi orang dewasa, dan sangat lebar.

Situs Arca Ganesha Dawangsari
Dari samping depan barulah bisa dilihat bentuk Arca Ganesha Dawangsari ini, namun hanya tersisa bagian perut dan kakinya saja yang masih utuh, sementara kepalanya sudah hilang. Di belakang kepala yang kosong itu ada sebuah batu besar, namun bentuknya tidaklah jelas.

Di sekeliling Arca Ganesha Dawangsari ini tidak terlihat ada benda lain yang menarik perhatian. Ada beberapa buah batu di samping dan belakang arca, namun tidak jelas bentuknya, dan mungkin hanya digunakan sebagai batu penjaga kestabilan arca.

Situs Arca Ganesha Dawangsari
Kedua tangan Arca Ganesha Dawangsari ini sudah terlihat tidak lagi utuh, demikian juga belalainya yang hanya tersisa sedikit di bagian tengah perut.

Tepat di atas kaki, terdapat relief sabuk yang melingkari perut arca yang gendut ini, dengan ornamen bulatan seperti matahari di tengahnya.

Situs Arca Ganesha Dawangsari
Tidak diketahui kapan Arca Ganesha Dawangsari ini ditemukan, dan kapan pula dibuatnya, namun bisa jadi arca ini dibuat pada jaman Mataram Kuno, sekitar abad ke-9, seumuran dengan Candi Sambisari.

Situs Arca Ganesha Dawangsari jelas sudah memerlukan perhatian dan perawatan dari dinas terkait, baik untuk memperbaiki akses masuk ke dalam situs, memasang petunjuk arah, maupun penataan yang lebih baik di area sekitar situs. Betapa pun, Situs Arca Ganesha Dawangsari masih tetap menarik untuk dikunjungi.

Situs Arca Ganesha Dawangsari

Alamat: Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Lokasi GPS: -7.76979, 110.49682. Peta Wisata Sleman, Tempat Wisata di Sleman, Hotel di Yogyakarta.



Kirim ke FB | Tweet | WA | Email | Print!

Home » Yogyakarta » Sleman » Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman
Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »