Situ Gede Tangerang

Situ Gede merupakan sebuah danau berukuran relatif kecil yang berada di tepian jalan di kawasan perumahan Modernland, Tangerang, Banten. Di salah satu tepi Situ Gede ini berdiri sebuah restoran hidangan laut dengan suasana yang nyaman dan bersih, serta pemandangan yang luas ke arah danau.

Selain di restoran itu, ada pula beberapa tempat di sisi Situ Gede dimana orang biasa memancing di danau yang tampaknya cukup banyak ikannya ini. Hanya saja tempat itu memang bukan dibuat khusus untuk duduk-duduk, sehingga kurang nyaman dan harus hati-hati.

Letak Situ Gede mungkin agak tersembunyi, sehingga ketika saya kesulitan ketika bertanya arah karena banyak yang tak tahu. Bisa jadi mereka sering melihatnya namun tak tahu namanya. Saya tidak ingat apakah ada tengara nama situ di salah satu tepiannya.

situ gede tangerang
Salah satu aktivitas yang saya lihat waktu itu di Situ Gede adalah kegiatan seorang penjala ikan yang menggunakan sebuah rakit kecil sederhana dan bilah bambu untuk mendorong rakit berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain.

Bilah bambu untuk menggerakkan rakit oleh penjala di Situ Gede ini mengingatkan pada bilah bambu yang digunakan pada rakit wisata di Rawa Pening pada sekitar pertengahan tahun 60-an. Saat itu rakit menjadi satu-satunya sarana bagi pengunjung untuk menikmati suasana dari tengah rawa.

Selama beberapa saat saya mengamati apa saja yang dilakukan oleh penjala itu. Mulai dari merapikan jala di atas rakit, berpindah tempat mencari lokasi tangkapan yang baru, mengangkat jala dengan tangan pada posisi mengayun, dan ketika jala mengembang di udara sebelum jatuh ke permukaan air Situ Gede.

situ gede tangerang
Arena mainan anak ini terletak di halaman samping restoran yang ada di tepian Situ Gede. Saat saya datang, restoran itu belum lagi buka. Namun orang-orang di sana mempersilahkan saya melewati ruangan restoran untuk melihat-lihat Situ Gede.

Permukaan air Situ Gede ini sangat tenang namun kedalamannya tak terukur, dan bisa berbahaya jika orang yang tidak bisa berenang jatuh ke dalamnya. Sudah beberapa kali Situ Gede memakan korban, sehingga orang harus benar-benar hati-hati jika berkunjung ke tempat ini. Mudah-mudahan saja sudah ada pengaman yang baik saat ini.

situ gede tangerang
Suasana di dalam restoran di tepi Situ Gede menjelang siang setelah saya berada di tepian Situ Gede dalam waktu yang cukup lama. Restoran ini tampaknya memang baru dibuka menjelang makan siang, saat orang-orang kantoran atau keluarga keluar mencari tempat untuk makan.

Di tengah danau penjala itu terlihat tengah sibuk memetik hasil jaringnya. Lumayan banyak tampaknya. Dibandingkan memancing ikan, menjala memang memerlukan ketrampilan dan tenaga yang lebih besar. Namun jika beruntung maka penjala bisa mendapat ikan lebih banyak dalam waktu yang lebih pendek.

Agak jauh di pinggir kanan danau ada sekawanan bebek berenang membelah Situ Gede, meninggalkan jejak air di belakangnya. Di sisi itu juga masih ada sejumlah orang yang tengah memancing ikan, yang bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa membayar. Hanya saja memancing di Situ Gede harus berhati-hati agar tidak tergelincir jatuh ke dalam danau yang dalam ini.

Situ Gede Tangerang

Alamat : Kompleks Perumahan Modernland, Tangerang Kota. Lokasi GPS : -6.2002, 106.63736, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : sepanjang waktu. Harga tiket masuk : Gratis. Rujukan : Peta Wisata Tangerang, Hotel di Tangerang, Tempat Wisata di Tangerang. Galeri (10 foto) Situ Gede Tangerang : 1.Penjala ikan, 2.Area main, 3.Restoran, 4.Galah, 5.Bersiap 6.Melayang 7.Tenang 8.Lumayan 9.Memancing 10.Bebek.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Banten » Tangerang Kota » Situ Gede Tangerang
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 17 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap