Situ Cikaret Bogor

Home » Jawa Barat » Bogor Kabupaten » Situ Cikaret Bogor
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Tempat wisata Situ Cikaret Bogor telah dikenal orang sejak tahun 1816. Daerah ini sebelumnya dikenal sebagai area hutan karet yang kemudian memberi nama pada danaunya. Sayang sekali hutan karet itu kini sudah lenyap dan tidak bisa ditemukan lagi.

Lokasi Situ Cikaret berada di beberapa desa di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, persis di belakang RSUD Cibinong.

Kedalaman air di Situ Cikaret sekitar 4 – 6 m, yang biasa dimanfaatkan pejalan untuk memancing ikan bandeng air tawar, gabus, lele, mujair, dan beberapa jenis ikan lainnya. Jika pun tidak memancing, pejalan bisa berburu foto, melihat keasikan para pemancing di tepian situ, penjala ikan atau pencari kerang, sambil menikmati jajanan dan kelapa muda.

Masyarakat setempat dulu percaya bahwa Situ Cikaret yang luasnya 25 ha ini ada penunggunya, yaitu seekor buaya yang merupakan jelmaan manusia, sehingga cenderung sepi. Namun kini area di sekitar Situ Cikaret sudah cukup padat oleh permukiman, dan situnya cukup ramai dikunjungi pejalan meskipun pada malam hari, terutama malam minggu.

Di sisi kiri Situ Cikaret terdapat cafe, dan ada area yang bisa digunakan untuk nongkrong. Ada pula perahu yang bisa disewa pejalan untuk memutari situ.

Akses dari Jakarta lewat tol Jagorawi, keluar Pintu Tol Cibinong / Citeureup
Belok kiri ke Jl Mayor Oking. Ikuti jalan sampai mentok di Jl Raya Bogor, belok kiri.
Setelah 1,8 km belok kanan ke Jl Raya Cikaret (200 m setelah pom bensin di kanan jalan)
Setelah 1 km, Situ Cikaret terlihat di sebelah kiri jalan. Ada baiknya memutari situ untuk mendapatkan spot yang terbaik.

Situ Cikaret Cibinong Bogor

Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Lokasi GPS -6.469271, 106.833692, Waze. Tempat Wisata di Bogor, Peta Wisata Bogor, Hotel di Bogor.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 29 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »