Silo dan Sizing Plant Sawahlunto

Tiga buah Silo berukuran raksasa yang letaknya berdekatan satu sama lain dan sempat saya lihat beberapa hari sebelumnya, akhirnya saya kunjungi juga sesaat setelah meninggalkan Museum Kereta Api Sawahlunto. Ketiga Silo ini berada di daerah Saringan, terpisah beberapa ratus meter dengan Sizing Plant, dihubungkan dengan rel yang menjulang tinggi di angkasa.

Silo dan Sizing Plant Sawahlunto
Ketiga Silo yang tingginya sedikitnya 40 m ini berfungsi untuk menyimpan batubara yang telah dibersihkan dan siap untuk diangkut ke Pelabuhan Teluk Bayur.

Namun itu cerita dulu ketika batubara masih menjadi tumpuan Kota Sawahlunto. Tampaknya semuanya kini tinggal menjadi sejarah, karena ketiga Silo itu sekarang telah kosong, tidak lagi digunakan sesuai fungsinya, dan tinggal sebagai tengara kejayaan masa lalu tambang di wilayah ini.

Silo dan Sizing Plant Sawahlunto
Rel pengangkut batubara yang disangga tiang-tiang besi, menghubungkan ketiga Silo dengan Sizing Plant yang berada di ujung rel yang lain.

Silo dan Sizing Plant Sawahlunto
Ketiga buah Silo, rel penghubung, dan Sizing Plant, dengan latar kaki perbukitan Kota Sawahlunto.

Silo dan Sizing Plant Sawahlunto
Karena pengangkutan batubara dari Kota Sawahlunto ke Teluk Bayur menggunakan kereta api, maka tidak heran jika lokasi ketiga Silo ini tidak jauh dari Stasiun Kereta Api Sawalunto.

Silo dan Sizing Plant Sawahlunto
Sebuah gardu listrik yang digembok dan dipalang kayu, tampak terlantar dengan tumbuhan perdu mulai meninggi di depan pintu.

Silo dan Sizing Plant Sawahlunto
Sizing Plant yang merupakan tempat beroperasinya mesin-mesin pencuci batubara dan mengelompokannya, sebelum dikirim ke Silo.

Kemegahan, keagungan, kejayaan, keindahan selalu bersifat fana, sementara. Sebagian ada yang bertahan lebih lama, sebagian lebih pendek, menyisakan keterlantaran dan puing-puing reruntuhan. Kemampuan membangun dan merusak yang luar biasa selalu ada pada manusia, dan alam pun merusak dan membangun dengan cara-caranya sendiri.

Silo dan Sizing Plant

Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Lokasi GPS -0.67950, 100.77576. Tempat Wisata di Sawahlunto, Peta Wisata Sawahlunto, Hotel di Sawahlunto

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Barat » Sawahlunto » Silo dan Sizing Plant Sawahlunto
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 19 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap