Senja di Pantai Padang

Menjelang sore kami sempatkan untuk berkunjung ke Pantai Padang di Kota Padang, Sumatera Barat, agar bisa melihat bagaimana pemandangan dan suasana di sana saat matahari mulai turun ke batas cakrawala. Sesampainya di sana, kami singgah terlebih dahulu ke sebuah cafe di tepi pantai untuk menyegarkan tenggorkan, sambil menunggu waktu.

Cafe itu memiliki dua lantai, dan kami pun memilih duduk di lantai dua agar bisa melihat suasana pantai Padang dari balkon yang terbuka ke arah laut. Tempat ini merupakan salah satu lokasi yang cukup ideal untuk menikmati suasana pantai, dan di saat yang bersamaan bisa menyeruput minuman hangat atau pun dingin sesuai selera.

Pilihan lain tentu saja mencari tempat duduk diantara bebatuan dan pasir pantai, yang bagi sebagian orang lebih disukai karena lebih dekat ke pantai dengan suasana alami, dan tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli minuman yang biasanya lebih mahal dari harga di luaran.

Pantai Padang
Papan nama cafe dengan latar belakang Pantai Padang dan sebuah tanjung berbukit yang menjorok ke laut, diambil dari balkon di lantai dua.

Warung-warung makanan dan gerobak minuman sederhana tampak berderet di tepi jalan memunggungi Pantai Padang. Sebuah papan yang memberi peringatan bahwa berenang di Pantai Padang bisa mengancam keselamatan. Tumpukan batu yang menjorok ke laut menjadi tempat favorit untuk duduk mencangkung menikmati pemandangan laut lepas.

Pantai Padang
Bias sinar matahari memantul di permukaan air laut Pantai Padang, dengan latar siluet pohon nyiur yang mengingatkan pada saya lagu “Rayuan Pulau Kelapa” karya Ismail Marzuki. Namun tidak terlalu banyak pohon nyiur terlihat di tepi Pantai Padang ini.

Tidak lama kemudian kami turun dari lantai dua, membayar minuman, lalu keluar menyeberang jalan menuju tepian pantai. Tepian Pantai Padang ini cukup sempit dan dilindungi dengan tumpukan batuan dan beton untuk melindungi garis pantai dari abrasi air laut yang tampaknya cukup kuat.

Pantai Padang
Matahari mulai mendekati garis cakrawala, dengan semburat sinarnya yang membuat banyak orang rela membunuh waktu di tepi pantai untuk menikmati suasananya yang romantis.

Arak-arakan awan di langit sering menjadi penguat suasana alam menjelang tenggelamnya matahari di bawah garis pandang. Buih ombak berkejaran di tepian Pantai Padang, yang debur suaranya menjadi musik latar yang indah bagi para pengunjung. Angin pun bertiup cukup kencang di Pantai Padang ini, membawa bau air laut jauh ke daratan.

Dua orang sahabat tampak tengah bercengkerama di ujung tumpukan batuan sambil menikmati suasana indah menjelang tenggelamnya matahari Pantai Padang.

Pantai Padang
Seorang pria dengan jala di tangannya tengah bersiap untuk mencoba peruntungannya menangkap ikan di tepi Pantai Padang. Senja Pantai Padang mungkin sudah menjadi bagian kesehariannya yang tidak lagi menarik perhatiannya.

Pantai Padang merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi di sore hari. Selain suasananya yang romantis, pengunjung juga bisa sambil menikmati segarnya kelapa muda serta makanan khas setempat di warung-warung di tepi pantau atau di balkon cafe yang ada di sana.

Pantai Padang

Alamat : Jalan Samudera, Padang, Sumatera Barat. Lokasi GPS : -0.9580994, 100.3532088, Waze. Galeri : video. Rujukan : Tempat Wisata di Padang lainnya, Peta Wisata Padang, Hotel di Padang.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sumatera Barat » Padang » Senja di Pantai Padang

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 17 Juli 2017. Tag: