Sekolah Santa Lucia Sawahlunto

Saya masuk ke Sekolah Santa Lucia Sawahlunto dari pintu samping Gereja Santa Barbara, yang langsung menembus ke halaman dalam sekolah. Sedikit tercengang ketika menemui guru Sekolah Santa Lucia untuk meminta ijin, lantaran beberapa guru wanita tampak mengenakan baju perempuan muslim. Rupanya Sekolah Santa Lucia Sawahlunto mengakomodasi pelajar dan pelajaran Agama Islam, Katolik dan Protestan.

Gedung Sekolah Santa Lucia Sawahlunto didirikan pada 1920 oleh orang-orang Belanda yang bekerja di tambang, dan diperuntukkan bagi anak-anak Belanda serta anak-anak pekerja tambang. Pada saat yang sama juga didirikan Gereja Santa Barbara dan tempat tinggal biarawati.

Sekolah Santa Lucia
Halaman dalam Sekolah Santa Lucia Sawahlunto, tempat dimana anak-anak sekolah bermain pada jam-jam istirahat sekolah.

Seng samping dan atap Sekolah Santa Lucia Sawahlunto ini tampak sudah mulai menua dan memerlukan perhatian pihak terkait. Namun demikian, keberadaan tanaman dan bebungaan yang berada di sekeliling halaman sekolah terlihat cukup membantu untuk memberikan suasana yang hijau segar.

Sekolah Santa Lucia Sawahlunto
Beberapa anak dengan berseragam pramuka tampak sedang bermain dengan riang. Sebuah gazebo beratap ijuk tampak di sebelah kiri, dikelilingi tanaman dalam pot yang memberi suasana cukup asri. Sekolah Santa Lucia Sawahlunto ini menerima murid untuk kelas TK dan Sekolah Dasar.

Sekolah Santa Lucia Sawahlunto
Anak-anak SD Sekolah Santa Lucia Sawahlunto yang rupanya sudah sangat sadar kamera. Mereka lah yang meminta untuk dipotret, dan bergaya habis tanpa canggung-canggung.

Sekolah Santa Lucia Sawahlunto
Tanpa harus diundang, anak-anak Sekolah Santa Lucia Sawahlunto yang lain ikut berebut bergabung, dan tanpa perlu diberi pengarahan mereka pun tanpa sungkan-sungkan bergaya, dengan suara ribut, tawa yang lepas dan wajah yang riang gembira.

Sekolah Santa Lucia Sawahlunto
Lorong masuk ke dalam Sekolah Santa Lucia Sawahlunto. Adalah pada 1962, Pastor Bizoro yang bertugas di Sawahlunto bersama Ibu Teresia yang membentuk sekolah TK yang diberi nama TK Santa Lucia, tanpa memungut biaya pendidikan. Setahun berikutnya baru dibuka tingkat Sekolah Dasar Santa Lucia.

Sekolah Santa Lucia Sawahlunto
Sebuah tengara di dinding luar Sekolah Santa Lucia Sawahlunto yang berbunyi: “Sekolah Santa Lucia. DIbangun tahun 1920 sebagai Sekolah Dasar Santa Lucia. Bangunan ini juga pernah digunakan sebagai Asrama Tentara, Sekolah Islam dan Kantor Agama”

Sekolah Santa Lucia Sawahlunto
Tampak luar bangunan Sekolah Santa Lucia Sawahlunto. Bangunan di ujung sebelah kanan adalah merupakan bagian dari Gereja Santa Barbara. Bisa dilihat bahwa jenis bangunan dan jendela kedua bangunan ini persis sama, hanya saja atap pelindung samping yang terbuat dari seng telah dihilangkan pada bangunan gereja. Bangunan Sekolah Santa Lucia Sawahlunto tampaknya sudah memerlukan pengecatan ulang agar bisa tampil secantik gedung gereja yang berada di sebelahnya.

Sekolah Santa Lucia

Alamat: Jl. Yos Sudarso No.46, Kelurahan Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Sawahlunto, Sumatera Barat. Tempat Wisata di Sawahlunto, Peta Wisata Sawahlunto, Hotel di Sawahlunto

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Barat » Sawahlunto » Sekolah Santa Lucia Sawahlunto
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 19 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap