Batur Agung Mount of Fun

Home » Jawa Tengah » Banyumas » Batur Agung Mount of Fun
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Adalah karena memang melewati beberapa fasilitas Batur Agung Mount of Fun diantara Situs Batur Agung dan Situs Batur Rana, maka saya pun menyempatkan berhenti beberapa kali untuk melihat dan mengambil sejumlah foto. Taman tematik mini ini dibuat di sejumlah lokasi berdekatan dengan suasana dan pemandangan menarik.

Batur Agung Mount of Fun

Alamat: Desa Baseh, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas. Telp 0281-7900472. Lokasi GPS: -7.33638, 109.18318, Waze. Rujukan: Peta Wisata Banyumas, Tempat Wisata di Banyumas, Hotel di Purwokerto.
Galeri (10 foto): 1.Kolam pemancingan, 2.Waterpark, 3.Dangau, 4.Memancing, 5.Papan Luncur 6.Flying Fox 7.Jembatan 8.Dangau 9.Kali Logawa 10.Mikrohidro.

Wisata keluarga Batur Agung Mount of Fun merupakan ide yang sangat baik, memanfaatkan kejernihan air Gunung Slamet untuk membuat taman air, kolam pancing dan arung jeram serta beberapa fasilitas lainnya, di tengah hawa pegunungan, dan didukung panorama alam yang indah.

Flying fox merupakan salah satu fasilitas Batur Agung Mount of Fun yang bisa dinikmati pengunjung sebagai pilihan wisata selain Lokawisata Baturraden. Panjang lintasannya 125 meter, meluncur melewati kolam pancing dengan didampingi instrukturr berpengalaman dan besertifikat. Selain itu ada pula ATV, panjat jaring, dan permainan outbound.

batur agung mount of fun
Kolam pemancingan Batur Agung Mount of Fun yang lumayan luas. Kolam itu terlihat rapi dan terawat cukup baik, dengan latar keliling sawah terasering di perbukitan di kaki Gunung Slamet yang hijau dan elok. Jika tidak membawa peralatan pancing sendiri dari rumah, pengunjung bisa menyewanya di tempat dengan harga sewa cukup murah.

Sebuah dangau besar beratap rumbia dan dua dangau kecil disiapkan di sekitar kolam sebagai tempat istirahat dan berteduh. Meskipun terlihat kosong, namun ada dua orang yang tengah memancing ikan di sebelah kiri bawah pada foto. Lokasi flying fox berada di atas kolam pemancingan di sebelah kanan kolam pemancingan di atas.

batur agung mount of fun
Wahana Taman Air (Waterpark) Batur Agung Mount of Fun ini terletak terpisah dari fasilitas sebelumnya, lebih ke sebelah atas jalan dengan akses masuk berbeda, dan persis berada di sisi kanan Kali Logawa. Setelah melewati jembatan yang melintas di atas Kali Logawa, barulah terlihat tiket boks wahana taman air Batur Agung Mount of Fun ini.

Papan luncur dan kolam anak-anak dengan air pegunungan yang jernih bebas kaporit bisa dinikmati di wahana taman air Batur Agung Mount of Fun ini. Debit air Kali Logawa sedang rendah di ujung musim kering saat saya berkunjung, sehingga kegiatan Arung Jeram Kali Logawa dihentikan untuk sementara sampai debit airnya mencukupi.

batur agung mount of fun
Di area taman air Batur Agung Mount of Fun terdapat beberapa buah dangau tradisional berlantai papan kayu beratap rumbia, yang bisa dipakai pengunjung untuk bersantai sambil menikmati suasana sekitar. Selain pemandangan pegunungan dan hawa sejuk, cukup menyenangkan mendengar gemercik suara alir air Kali Logawa yang melewati sela bebatuan.

Berjalan kaki menyusur Kali Logawa dengan serakan batuan besar tampaknya juga menjadi kegiatan yang cukup mengasyikkan di Batur Agung Mount of Fun ini. Sebuah pembangkit listrik Mikrohidro sederhana dipasang di aliran air kali samping wahana taman air Batur Agung Mount of Fun, yang tenaganya cukup untuk menerangi beberapa buah titik lampu.

Batur Agung Mount of Fun bisa menjadi alternatif wisata bagi pejalan yang tengah berada di Purwokerto. Lagi pula lokasinya sangat dekat dengan Situs Batur Agung, Situs Batur Rana, beberapa buah air terjun, bendung peninggalan Jepang, serta dam dan pipa air peninggalan Belanda, yang bisa dibaca pada tulisan berikutnya.

Cara terbaik untuk berkunjung ke Batur Agung Mount of Fun adalah menggunakan kendaraan sendiri, namun bisa juga dicapai dengan naik angkutan umum. Pengunjung bisa berangkat dari Terminal Purwokerto naik bus jurusan Ajibarang, turun di Karang Lewas, dan lalu sambung angkutan pedesaan jurusan Desa Baseh Kedungbanteng.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 29 Mei 2017.

Lalu «
Baru » »