Satu Karya Pandai Sikek Tanah Datar

Satu Karya adalah sebuah toko kain tenun Pandai Sikek yang juga menjual berbagai pakaian dan hasil kerajinan tradisional lainnya dengan pilihan cukup lengkap, menempati sebuah rumah biasa yang dimiliki oleh seorang ibu yang ramah dan menyenangkan.

Satu Karya Pandai Sikek bisa menjadi alternatif belanja setelah anda berkunjung ke Rumah Tenun Pusako yang lebih dulu terkenal di wilayah Sumatera Barat ini. Begitulah, satu hal yang kekal dalam usaha adalah selalu munculnya pesaing-pesaing baru, yang sering tak kalah dan bahkan bisa melebihi pendahulunya.

Karena itu pula usaha yang berhasil di masa lalu bisa meredup dan lenyap jika tak selalu melakukan penelitian dan pengembangan terhadap produk yang dihasilkan serta waspada dengan perubahan selera pasar dan ketersediaan teknologi baru yang bisa merubah peta persaingan dagang.

Satu Karya Pandai Sikek
Sebuah peralatan tenun tradisional yang diletakkan di ujung ruangan toko Satu Karya Pandai Sikek. Melihat saya mengamati dan memotret peralatan tenun ini, seorang gadis tidak beberapa lama kemudian datang untuk memperagakan pemakaian alat tenun ini.

Gadis muda berwajah manis Satu Karya Pandai Sikek itu memperlihatkan cara membuat kain tenun dengan peralatan tradisional yang terlihat sederhana, namun rumit bagi saya yang tidak terbiasa melakukannya.

Satu Karya Pandai Sikek
Erma Yulnita, pemiliki toko Satu Karya Pandai Sikek, tengah mengambil koleksi kain tenun Pandai Sikek yang dimilikinya dari sebuah lemari dinding yang dibalik kacanya ditempel uang kertas pecahan kecil dari berbagai negara, yang berasal dari pengunjung yang mampir berbelanja di tokonya.

Bermacam pakaian dengan warna berani dan dibordir indah dijual di Satu Karya Pandai Sikek ini, selain perlengkapan sehari-hari seperti sandal, selop, kopiah, dll.

Satu Karya Pandai Sikek
Hj. Erma Yulnita, pemilik Satu Karya Pandai Sikek, tengah melayani pembeli. Si Ibu ini selain memiliki rasa humor yang baik, juga bisa berbicara dalam beberapa bahasa asing. Sebuah ketrampilan yang tentu sangat membantu dalam membangun hubungan dengan para pembelinya.

Memilih dan menawar merupakan sesuatu hal yang menarik bagi kebanyakan wanita. Di toko Satu Karya Pandai Sikek, anda juga bisa menawar semua barang yang dijual di sana, meskipun pada titik tertentu negosiasi akan menjadi alot dan anda tinggal punya dua pilihan, membayar atau melepaskan barang yang anda suka.

Satu Karya Pandai Sikek
Fenty Effendy, teman yang mengajak dan mengatur perjalan kami ke Sumatera Barat, tersenyum manis ketika tengah memilih belanjaan, dilayani si gadis penenun. Toko Satu Karya Pandai Sikek juga menjual berbagai macam hasil kerajinan tangan setempat, dan sebagian kecil lagi berasal dari luar daerah.

Lita Jonathans, pemilik La Lita Arts & Crafts, juga memilih dari setumpukan dompet dengan motif tenun tradisional Pandai Sikek. Beberapa saat sebelum kami meninggalkan toko, serombongan besar turis dari Malaysia memasuki toko Satu Karya Pandai Sikek, membuat pemilik toko dan karyawannya menjadi sibuk melayani. Bisnis tampaknya cukup baik di sini.

Satu Karya Pandai Sikek Tanah Datar

Alamat : Pandai Sikek, Kecamatan Sepuluh Kota, Tanah Datar. Telp. 0752 498 191. Lokasi GPS : -0.40282, 100.39607, Waze. Galeri : video. Rujukan : Tempat Wisata di Tanah Datar, Hotel di Batusangkar.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sumatera Barat » Tanah Datar » Satu Karya Pandai Sikek Tanah Datar

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 17 Juli 2017. Tag: , ,