Rumah Potong Sawahlunto

Rumah Potong Sawahlunto merupakan salah satu bangunan tua yang merupakan bagian dari Dapur Umum Sawahlunto. Namun jika bangunan utama dapur umum sekarang telah berubah fungsinya menjadi Museum Gudang Ransum, maka rumah potong ini masih tetap berfungsi sebagaimana sebelumnya.

Sebagaimana umumnya rumah potong di negeri ini, kerapihan dan keindahan belum terlihat menjadi sebuah hal yang penting untuk dijaga dan dipelihara. Maklum tempat seperti ini sangat jarang dikunjungi oleh para pejabat tinggi, sehingga tak ada dorongan untuk membuatnya terlihat lebih cantik dan asri.

Rumah Potong Sawahlunto
Rumah Potong Sawahlunto ini letaknya persis di sebelah Museum Gudang Ransum, hanya saja bangunan Rumah Potong Sawahlunto terlihat sudah perlu mendapat perhatian dari pemda dan dinas terkait.

Rumah Potong Sawahlunto
Seorang pria yang saya temui di Rumah Potong Sawahlunto tengah menjelaskan mengenai alur pemotongan sapi yang dilakukan di lokasi yang berada di depannya.

Kebersihan lantai Rumah Potong Sawahlunto sendiri sebenarnya cukup terjaga, dan ada jadwal piket harian bagi petugas kebersihan, sebagaimana tertulis pada papan besi di atas. Namun banyak bagian yang telah memerlukan perbaikan dan pengecatan ulang, yang sebaiknya menggunakan jenis cat yang mudah dibersihkan.

Rumah Potong Sawahlunto
Dinding tembok dan pintu kayu yang sudah terlihat kumuh dan telah memerlukan pengecatan ulang.

Rumah Potong Sawahlunto
Rel-rel penggantung daging potong dan langit-langit Rumah Potong Sawahlunto yang tampaknya juga telah memerlukan pengecatan ulang.

Rumah Potong Sawahlunto
Lorong utama Rumah Potong Sawahlunto yang lantainya masih basah; tampaknya baru saja dibersihkan.

Rumah Potong Sawahlunto
Bak penampungan air, dan di ujung bangunan adalah tempat penampungan sementara bagi sapi yang akan dipotong, yang ketika tiba waktunya akan dibawa melalui lintasan yang berada di sebelah kiri.

Semoga ketika anda berkunjung ke Rumah Potong Sawahlunto ini, keadaannya sudah jauh lebih baik dari apa yang saya lihat ketika itu.

Rumah Potong Sawahlunto

Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Lokasi GPS: -0.67849, 100.78128. Tempat Wisata di Sawahlunto, Peta Wisata Sawahlunto, Hotel di Sawahlunto

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sumatera Barat » Sawahlunto » Rumah Potong Sawahlunto

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 19 Maret 2017. Tag: , ,