Rumah Kopi Gembira Kawangkoan

Dalam perjalanan menuju ke Bukit Kasih di Desa Kanonang, kami berhenti di kota Kawangkoan untuk membeli bekal minuman dingin di sebuah toko, dan ketika melihat ada sebuah warung kopi bernama Rumah Kopi Gembira Kawangkoan, teman-teman yang menggemari kopi pun memutuskan untuk mampir dan memesan kopi susu khas Kawangkoan, dan teh pahit buat saya.

Selain Bukit Kasih Kanonang, di Kawangkoan juga terdapat Gua Jepang, air panas Kinali, serta air terjun di Kiawa dan Kayuuwi. Tiga yang disebut terakhir belum sempat dikunjungi. Kawangkoan terkenal sebagai daerah penghasil kacang di Sulawesi Utara, yang setiap bijinya berisi antara 4-7 butir.

Rumah Kopi Gembira Kawangkoan
Pajangan yang berada di halaman Rumah Kopi Gembira Kawangkoan seperti ini, dengan Kacang Kawangkoan sebagai primadonanya, banyak terlihat di sepanjang daerah pertokoan di Kota Kawangkoan.

Rumah Kopi Gembira Kawangkoan
Biapong, istilah lokal untuk menyebut sejenis Bakpao yang lezat, salah satu makanan khas Kawangkoan yang kami nikmati di Rumah Kopi Gembira Kawangkoan sebagai teman minum. Makanan utama di daerah Kawangkoan konon adalah Babi, Kelelawar, Tikus Sawah, Tikus Hutan, Ular, dan Biapong ini.

Rumah Kopi Gembira Kawangkoan
Ada beberapa pilihan rasa Biapong yang bisa dinikmati di Rumah Kopi Gembira Kawangkoan. Kami memesan Biapong berisi kacang merah dan kacang hijau, yang lezat disantap saat masih hangat mendekati panas.

Rumah Kopi Gembira Kawangkoan
Kopi susu Rumah Kopi Gembira Kawangkoan, yang menurut penuturan seorang teman rasa nikmat kopinya sungguh luar biasa, mengingatkannya pada kopi susu sejenis di Vietnam.

Rumah Kopi Gembira Kawangkoan
Wajah-wajah segar setelah menyeruput kopi susu Rumah Kopi Gembira Kawangkoan. Tidak heran jika kemudian mereka sanggup mendaki 1000 anak tangga di Bukit Kasih…

Rumah Kopi Gembira Kawangkoan
Halaman depan Rumah Kopi Gembira Kawangkoan yang siang itu cukup ramai dipadati oleh pengunjung. Jika Anda penggemar berat kopi, ada baiknya mampir di Rumah Kopi Gembira Kawangkoan untuk menikmati rasa kopi susu khas Kawangkoan, mencicipi Biapong, dan membeli oleh-oleh Kacang garing Kawangkoan, sambil menikmati suasana kehidupan kota yang letaknya sekitar 45km dari Manado ini.

Rumah Kopi Gembira Kawangkoan

Jl. Minahasa – Langowan, Kawangkoan
Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara
GPS: 1.20100, 124.78896

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sulawesi Utara » Minahasa » Rumah Kopi Gembira Kawangkoan

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 7 Maret 2017. Tag:

Tulisan sebelumnya : Plangon Cirebon | Monumen Tambora | Hotel di Tamiang Layang Barito Timur | Makam Peneleh Surabaya | Hotel di Salatiga | Pemandian Cikoromoy Pandeglang | 9 Peta Wisata Temanggung |