Pura Pusering Jagat Gianyar Bali

Pura Pusering Jagat masih berada di Desa Pejeng, Gianyar, berjarak hanya 350 m dari Pura Kebo Edan yang kami kunjungi beberapa saat sebelumnya. Lokasi Pura Pusering Jagat sekitar 100 m dari tepi Jalan Raya Pejeng, kiri jalan jika datang dari Selatan.

Di pojok kanan halaman Pura Pusering Jagat terdapat sebuah arena adu ayam yang cukup luas, dengan tempat duduk segi empat bertingkat mengelilingi arena. Namun sepertinya arena ini sudah cukup lama tidak digunakan. Pura Pusering Jagat merupakan salah satu dari enam pura kahyangan jagat yang lokasinya berada di tengah-tengah, dan dipercaya sebagi tempat bersemayamnya (stana) Dewa Siwa. Pelinggih paling utama di Pura Pusering Jagat adalah Pelinggih Ratu Pusering Jagat.

Lontar Kusuma Dewa menyebutkan bahwa Pura Pusering Jagat adalah tempat pemujaan Batara Amangkurat, yaitu dewa penuntun bagi mereka yang sedang memangku kekuasaan atau jabatan agar senantiasa memerintah dengan baik dan bijaksana, serta tidak sewenang-wenang kepada rakyatnya.

pura pusering jagat gianyar
Sepasang patung gajah berukuran besar berselimut lumut di halaman Pura Pusering Jagat. Hidungnya tampak pendek karena belalainya menekuk tajam menempel ke mulut. Pada badan gajah terdapat ukiran rantai serta bunga padma.

Di sisi luar kedua gajah terdapat masing-masing satu arca raksasa berukuran besar dengan tangan kirinya memegang senjata semacam nanggala namun bagian bawahnya pejal tidak tajam, sementara telapak tangan kanannya menghadap ke atas menyangga sebuah benda pendek.

Gapura depan Pura Pusering Jagat ada tiga buah, yang utama di tengah berupa gapura paduraksa Kori Agung dengan pintu terkunci, dan diapit oleh gapura candi bentar di sisi kanan kirinya. Candi bentar yang di sebelah kanan pagarnya digembok, sedang yang dikiri terbuka, dan dari sana saya masuk ke dalam area pura.

Setelah berjalan beberapa langkah ada lagi beberapa buah candi bentar sebagai jalan masuk ke bagian dalam Pura Pusering Jagat. Sebuah pohon kamboja tua tinggi dengan daun rindang berbentuk unik berada pada sisi kanan pura.

pura pusering jagat gianyar
Gedong Agung di sebelah kanan serta pelinggih utama yang disebut Pelinggih Ratu Pusering Jagat. Tempat inilah yang tampaknya menyimpan arca berbentuk kelamin pria (purusa, benih jiwa), dan perempuan (pradana, benih kebendaan), yang ketika bertemu melahirkan kehidupan dan harmoni.

Di sebuah pelinggih terbuka terdapat arca yang bentuknya menyerupai gajah dalam posisi menyamping namun bagian tengah ke belakang tidak terlihat lantaran tertutup kain putih. Persis di depannya sebuah arca batu yang nyaris tertutup seluruhnya oleh kain poleng.

Berjalan beberapa langkah lagi di dalam area Pura Pusering Jagat saya menjumpai bangunan beton yang menjadi tempat penyimpanan arca-arca tua, yang sebagian besarnya telah rusak termakan usia dan sulit dikenali bentuknya.

pura pusering jagat gianyar
Pelinggih Pura Pusering Jagat yang menyimpan peninggalan bejana batu berukir Sangku Sudamala, lambang limpahan air suci untuk kehidupan, bertahun Saka 1251.

Terletak di sebuah dudukan beton segi empat tanpa atap, terdapat sebuah batu peninggalan prasejarah dengan bagian depan seperti terpancung melandai oleh benda tajam. Posisi batu ini berada di sebelah belakang pelinggih utama Pura Pusering Jagat.

Masih di tempat terbuka di kolam Pura Pusering Jagat yang airnya kering, terdapat arca Pancuran Utama atau Angga Tirtha setinggi 180 cm. Tangan arca ini memegang jaladwara (saluran air) yang jika ada airnya maka air itu akan keluar dari pusarnya.

Melangkah lebih jauh lagi di area paling belakang Pura Pusering Jagat, dengan rumput yang agak meninggi, terdapat sebuah tatanan berbentuk bulat dengan tugu pendek yang mungkin merupakan bekas sebuah kolam kecil. Tak ada air di sana.

Konon Desa Pejeng, dimana Pura Pusering Jagat berada, dipercaya sebagai pusat Kerajaan Bali Kuno, dan juga pusat alam semesta dimana kehidupan bermula. Mungkin karena itu pula Pura Pusering Jagat juga disebut dalam lontar kuno sebagai Pura Pusering Tasik, atau pura pusatnya samudera.

Pura Pusering Jagat Gianyar

Alamat : Desa Pejeng, Tampaksiring, Gianyar, Bali. Lokasi GPS : -8.51555, 115.29214, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Bali. Tempat Wisata di Gianyar, Peta Wisata Gianyar, Tempat Wisata di Bali. Galeri (19 foto) Pura Pusering Jagat Pejeng Gianyar Bali : 1.Sepasang patung, 2.Gedong Agung, 3.Pelinggih Pura, 4.Kori, 5.Raksasa 6.Padma 7.Pelinggih 8.Gapura 9.Gajah … s/d 19.Pancatan.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Bali » Gianyar » Pura Pusering Jagat Gianyar Bali
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 17 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap