Pulau Lae-lae Makassar

Makassar ternyata memiliki sebuah pulau kecil cantik yang letaknya di lepas Pantai Losari, bernama Pulau Lae-lae. Pulau Lae-lae yang sepertinya hanya dihuni oleh para nelayan tradisional ini bisa dicapai hanya dalam waktu beberapa menit dari Pantai Losari, dengan menyewa perahu motor.

Pada awalnya tidak terpikir untuk mengunjungi Pulau Lae-lae ketika saya berhenti di Pantai Losari untuk menyegarkan ingatan tentang pantai itu, sampai seorang pengemudi perahu mendekat dan menawarkan jasanya. Sedikit darah petualang, dan harga sewa yang sesuai, membuat saya duduk di sebuah perahu angsa menuju Pulau Lae-lae.

Pulau Lae-lae
Sebuah perahu tradisional tampak tengah mendekati Pulau Lae-lae. Meskipun saya telah cukup sering mengunjungi kota Makassar, namun hanya pada waktu kunjungan terakhir saya memiliki kesempatan berkunjung dan menikmati panorama Pulau Lae-lae.

Pulau Lae-lae
Air laut sepanjang perjalanan menuju Pulau Lae-lae cukup tenang, namun memotret dari atas sebuah perahu kecil yang selalu bergerak dan bergoyang menembus air laut masih cukup menantang buat saya. Matahari yang sinarnya membakar kulit dan mulai turun mendekati cakrawala juga memberi tantangan yang lain.

Setelah sedikit memutar melihat Pulau Lae-lae dari jarak beberapa meter dari bibir pantai, saya pun turun ke pantai berpasir dan berbatu kecil, menyelinap diantara perahu nelayan yang tengah bersandar di tepiannya.

Pulau Lae-lae
Sebuah dermaga buatan memanjang yang lokasinya berada dekat dengan tempat kami mendarat di pantai Pulau Lae-lae. Air tampaknya tengah surut. Jajaran pepohonan yang tertata rapi tampak indah dipandang mata.

Pulau Lae-lae
Struktur di atas mungkin dimaksudkan untuk memberi perlindungan kepada pantai Pulau Lae-lae terhadap gelombang atau pun air pasang.

Pulau Lae-lae
Sinar mentari sore dan siluet pepohonan dengan kapal-kapal mengambang di pantai Pulau Lae-lae memberi latar pemandangan yang indah.

Pulau Lae-lae
Siluet anak-anak Pulau Lae-lae dipotret diantara keindahan siluet pepohonan.

Pulau Lae-lae
Indahnya siluet pepohonan Pulau Lae-lae.
Hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk sampai ke Pulau Lae-lae dari Pantai Losari, Makassar. Sewa perahu angsa bermotor adalah sekitar Rp.200.000 pulang pergi, yang memakan waktu sekitar satu jam setelah mengelilingi pulau dan turun di pantai Pulau Lae-lae selama beberapa waktu untuk menikmati keindahannya dan memotret. Kapal reguler juga tersedia dengan ongkos yang jauh lebih murah.

Pulau Lae-lae

Dicapai dengan perahu melalui Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan. Lokasi GPS: -5.135997, 119.3910831. Peta Wisata Makassar, Tempat Wisata di Makassar, Hotel di Makassar.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sulawesi Selatan » Makassar » Pulau Lae-lae Makassar
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 19 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap