Pos Pemantau Gunung Merapi Babadan Magelang

Pos Pemantau Gunung Merapi Babadan Magelang ini merupakan pos pemantau tertinggi Gunung Merapi yang berada di Desa Babadan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, sekitar 10 km dari Pasar Talun.

Dari Pos Pemantau Merapi Babadan yang dibangun pada 1954 ini pejalan bisa melihat dengan jelas puncak Gunung Merapi, serta melihat pemandangan indah ke arah lembah yang mengapit Kali Pabelan. Di tempat ini juga ada bunker yang dibangun Belanda pada 1931. Pada letusan terakhir Gunung Merapi tahun 2010, Pos Pemantau Gunung Merapi Babadan yang berada di ketinggian 1278 mdpl dan hanya berjarak 4,4 km arah Barat Laut dari Puncak Merapi ini sempat ditutup sementara dan pengamatan di lakukan dari Desa Krinjing yang berada lebih ke bawah.

Di pos ini pejalan bisa melihat foto-foto aktifitas vulkanik Gunung Merapi sebelumnya, peralatan pemantauan getaran seismik, serta membeli suvenir berupa foto dan CD berisi rekaman video erupsi Gunung Merapi.

Sebagai tindakan pengamanan, pengunjung akan diminta untuk memarkir kendaraan pada posisi siap meninggalkan tempat, dan tidak diperbolehkan melewati batas aman. Pos Pemantau Merapi Babadan bisa dicapai dari Jalan Raya Boyolali – Mungkad dan dari Muntilan.

Pos Pemantau Gunung Merapi BabadanAlamat : Desa Babadan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Pos Pemantau Gunung Merapi Babadan Magelang

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.