Plugin Alternatif LinkWithin

Sebagai pemakai WordPress, sudah sejak lama saya mencari sebuah plugin alternatif pengganti LinkWithin. Persoalan pada plugin LinkWithin muncul ketika saya menghapus beberapa buah tulisan yang ada di dalam blog, dan tulisan yang dihapus itu tetap muncul di LinkWithin.

Ini mengganggu, sehingga saya melaporkan ke LinkWithin dengan harapan masalahnya diatasi. Lalu tulisan yang telah dihapus itu tidak pernah muncul kembali, namun masalah lain timbul: LinkWithin hanya memberi tautan beberapa tulisan terakhir. Hampir tidak pernah berubah.

Akhirnya untuk The Aroengbinang Travelog (TAP) saya sempat menggunakan plugin Related Posts Thumbnails, yang anda sudah bisa lihat di TAP (namun sekarang sudah tidak digunakan lagi. Yang digunakan saat ini adalah Google Matched Content).

Ketika pertama kali diinstall dan diaktifkan, tidak ada satupun foto yang muncul pada tautan Related Posts Thumbnails. Ternyata theme yang saya gunakan tidak mendukung Featured Image. Pada theme yang mendukungnya, ada menu Featured Image di kolom paling kanan bawah, di bawah Post Tags, pada Edit Post atau Add New Post.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstall plugin Related Posts Thumbnails:

  1. Pada dashboard WP, scroll ke bawah, buka Media di menu Setting. Ubah ukuran Thumbnail Size sesuai yang diinginkan. Saya menggunakan 100 x 100. Save.
  2. Untuk theme yang tidak mendukung Featured Image, buka function.php, dan sisipkan script ini, lalu save:

    if ( function_exists( 'add_theme_support' )) {
    add_theme_support( 'post-thumbnails' );
    set_post_thumbnail_size( 100, 100, true );
    }

  3. Unduh plugin Generate Post Thumbnails untuk secara otomatis memasang Featured Image pada tulisan yang telah diterbitkan. Install, aktifkan, dan jalankan. Tunggu sampai prosesnya selesai.

    Perhatikan pesan yang muncul untuk mengetahui apakah semua tulisan bisa dipasang Featured Image-nya. Dalam kasus TAP, tidak semua foto bisa secara otomatis dipasang sebagai Featured Image, sehingga saya harus memasangnya secara manual ke beberapa tulisan.

  4. Unduh plugin Related Posts Thumbnails, install, dan aktifkan. Jika ada tautan yang tidak ada fotonya, maka anda harus membuka tulisannya dan memasang sendiri Featured Image-nya

Aroengbinang sempat menggunakan Plugin UpPrev, namun sekarang tidak lagi.

Semoga bermanfaat.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Blog » WordPress » Plugin Alternatif LinkWithin
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 20 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap