Pindang Srani Jobokuto Jepara

Cari, kirim ke FB | Tweet | WA | Print!

Selewat senja kami sempat menikmati Pindang Srani Jobokuto Jepara di pusat kuliner yang berada tepat di ujung utara atau barat daya Shopping Centre Jepara. Tempat ini menjadi tujuan wisata kuliner pelancong yang memeluk malam di sana. Kota Jepara terlalu jauh di luar jalur pantura, sehingga hanya orang yang memang berniat datang yang bakal ada di sana.

Bisa jadi pula mereka adalah bagian dari pejalan yang tujuan utamanya adalah ke Pulau Karimunjawa. Gelombang laut yang tak ramah, bisa menjadi penyebab dibatalkannya perjalanan penyeberangan, dan penumpang terpaksa harus menunggu hingga kapal bisa berangkat. Jika pun batal ke Karimunjawa, Jepara menawarkan banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi.

Setelah turun dari kendaraan yang diparkir di sekitar area SCJ, kami berjalan kaki menuju ke arah kumpulan tenda putih lancip berukuran cukup besar yang berjajar lumayan rapih di sebuah area lapang luas. Setelah melewati sejumlah tenda sambil melirik makanan yang tengah disantap, kami berhenti di sebuah lapak.

pindang srani jobokuto jepara
Deret tenda yang membentuk lorong memanjang dan saling terhubung memberi kemudahan bagi penikmat kuliner untuk memesan menu makanan kesukaan dari lapak-lapak yang berdekatan. Tempat menyiapkan makanan dipisahkan oleh selembar kain bertulis menu makanan andalan dari masing-masing lapak.

Meja triplek memanjang menjadi tempat meletakkan hidangan untuk disantap pada warung lesehan beralas plastik. Satu meja bisa menampung 4-6 orang, dalam satu kelompok pengunjung atau berbagi dengan pengunjung lain bila datang hanya berdua atau bertiga. Jika saja ada bantal busa tipis sebagai ganjal bokong tentu akan lebih nyaman.

pindang srani jobokuto jepara
Sebagian menu makan minum di lapak-lapak pusat kuliner Jobokuto Jepara. Ketiga tempat yang terlihat pada foto semuanya menawarkan Pindang Srani, selain ikan bakar, bakar atau goreng ayam, bebek, udang, lele cumi, sate, mie, rica-rica, dan banyak lagi. Diantara semua makanan itu, sepertinya pindang srani atau pindang serani yang belum saya cicipi.

Kasmudi rupanya punya langganan Pindang Srani di tempat pusat kuliner Jobokuto ini, dan karena tidak memiliki referensi lain, saya setuju lesehan di warung yang dipilihnya itu. Jika tidak, memilih warung yang ramai biasanya tak akan salah pilih, setidaknya dari salah satu ini pasti benar: rasa, harga, atau pelayanan.

pindang srani jobokuto jepara
Masakan Pindang Srani Jobokuto Jepara tampak disajikan dalam sebuah mangkuk cukup lebar, ditemani sepotong tahu tempe dan lalapan standar. Mungkin malam baru jatuh sehingga kami tak menunggu lama sampai makanan terhidang, karena belum banyak penikmat kuliner malam yang datang.

Hal pertama yang mesti dilakukan untuk menjajal masakan berkuah seperti ini tentu dengan menyeruputnya selagi masih panas, dengan sebilah sendok. Kuah beningnya membuat damai pada pikir. Maklum, orang tua konon mesti menghindari atau mengurangi makanan bersantan dan berminyak. Rasa kuahnya agak asam pedas dan terasa segar saat lewat tenggorok.

pindang srani jobokuto jepara
Daun kemangi menjadi bagian sajian Pindang Srani Jobokuto Jepara. Ikan pindang yang kami santap adalah kakap, namun ada juga pindang srani yang menggunakan ikan kembung. Seni makan ikan adalah bagaimana agar berdamai dengan durinya. Jangan sampai terbawa dan menusuk sesuatu di dalam mulut, apalagi sampai tertelan.

Daging ikan yang saya santap berasa empuk dan gurih, tentu dimasak lama dengan ragam bumbu yang menghilangkan rasa amisnya. Selain bawang putih dan merah, untuk membuat pindang srani biasanya ada cabe rawit, jahe, lengkuas yang di geprek, daun salam, serai, dan buah asem. Juga ditambahkan tomat hijau, garam, gula pasir, jeruk nipis, dan kunyit.

Selain di Jobokuto, pindang srani juga bisa ditemui di warung dan restoran di seputar Kota Jepara. Jobokuto, yang menjadi nama pusat kuliner ini, berasal dari kata “jobo” yang berarti luar (lawannya jero, dalam), namun bisa juga berarti berkunjung. Sedangkan “kuto” atau “kutho” adalah kota dalam bahasa Jawa. Nah, berkunjung nggih ke sana.

Pindang Srani Jobokuto Jepara

Alamat: Pusat Kuliner Jobokuto Jepara, sebelah Shopping Centre Jepara. Lokasi GPS: -6.5874816,110.6670535, Waze. Buka 16.00 – 23.00. Peta Wisata Jepara, Tempat Wisata di Jepara, Hotel di Jepara.


Kirim ke FB | Tweet | WA | Email | Print!

Home » Jawa Tengah » Jepara » Pindang Srani Jobokuto Jepara
Tag: , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »