Petualangan Dinosaurus Taman Legenda Keong Emas TMII

Home » Jakarta » Jakarta Timur » Petualangan Dinosaurus Taman Legenda Keong Emas TMII
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Petualangan Dinosaurus Taman Legenda Keong Emas TMII merupakan instalasi luar ruang yang ditata dengan sangat baik, menampilan sejumlah spesies dinosaurus dalam ukuran besar dan sangat realistik. Tiruan binatang purba eksotis yang bisa bergerak di tempat dan mengeluarkan bunyi itu diletakkan di sepanjang lintasan pada jarak tertentu, diantara tanaman dan pepohonan asli yang dibuat menyerupai hutan.

Petualangan Dinosaurus Taman Legenda Keong Emas TMII

Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur. Lokasi GPS: -6.3041095, 106.8932363, Waze. Jam buka 10:00 – 17:00, Jumat 10:00 – 18:00, Sabtu, Minggu & Hari Libur 09:00 – 20:00. Harga tiket masuk Taman Legenda Rp 15.000, Jumat Sabtu Minggu & Hari Libur Rp 25.000. Petualangan Dinosaurus Rp.30.000. Rujukan: Peta Wisata Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Hotel di Jakarta Timur.
Galeri (37 foto): 1.Gerbang, 2.Dilophosaurus, 3.Brachiosaurus, 4.Spinosaurus, 5.Awal lintasan, 6.Siap siaga, 7.Si Penyembur, 8.Triceratop, 9.Cula … s/d 37.Bangku.

Tempat wisata yang mengesankan ini berada di dalam kompleks Taman Legenda Keong Emas TMII dan merupakan daya tarik terbesar bagi anak-anak dan keluarga untuk datang berkunjung ke taman yang sangat luas itu. Jika sudah masuk ke Taman Legenda, tak bisa tidak anak-anak pasti tertarik untuk masuk dan melihat dinosaurus apa yang ada di sana, seraya membayangkan film-film yang mereka pernah tonton dan membandingkannya dengan yang mereka lihat.

Lokasi Petualangan Dinosaurus berada di area depan kawasan Taman Legenda Keong Emas, setelah melewati gedung Teater Legenda, sehingga pasti akan terlihat lebih dahulu dan menarik perhatian para pengunjung. Akses masuknya persis sebelum undakan Pendopo Melati, arah ke sebelah kanan, dengan sepasang gerbang tinggi dan burung purba Pteranodon yang bisa bergerak dan mengeluarkan bunyi.

petualangan dinosaurus taman legenda keong emas tmii
Penampakan pada gerbang kembar Petualangan Dinosaurus Taman Legenda Keong Emas TMII dan tengara nama di tengahnya. Di bawah tengara itu melayang Pteranodon yang bergerak-gerak seolah terbang dan sesekali bersuara untuk menarik perhatian pengunjung. Pteranodon hidup sekitar 80 juta tahun lalu di periode Cretaceous akhir, dan merupakan pterosaurus atau reptil terbang besar dengan bentang sayap mencapai 9 meter.

Melewati gapura Pteranodon itu kami terus berjalan kaki ke area pintu masuk dimana petugas memindai gelang yang secara otomatis mengurangi saldo sebesar Rp 30.000 per orang. Jika harga sebesar itu hanya bisa main pasir kinetik selama satu jam di Mal Bassura, maka di tempat ini anak-anak bisa main berlama-lama bersama Dinosaurus, tanpa ada batasan waktu. Di awal lintasan ada tanda arah yang ditulis pada papan berbentuk dinosaurus kecil.

legenda dinosaurus taman legenda keong emas tmii
Sesudah beberapa langkah berjalan kaki melintasi jalan semen berkelok selebar sekitar 2 meter, kami menjumpai dinosaurus pertama bernama Dilophosaurus, salah satu dinosaurus pemakan daging terbesar (panjang sekitar 7 meter, berat 400 kg) dari periode jurassic awal. Binatang purba ini muncul di film Jurrasic Park dan menyemprotkan cairan hitam beracun ke Nedry, sedangkan di film Jurrasic World hanya muncul dalam bentuk hologram di ruangan museum.

Di awal lintasan ada peringatan untuk tidak memegang dinosaurus dan peringatan agar pengunjung tidak lari. Karenanya saat melihat dari jauh bahwa Dilophosaurus menyemprotkan air, dan jalan di depannya terlihat basah, maka setelah dekat kami menunggu hingga air selesai menyemprot dari mulutnya sebelum berjalan melewatinya. Awas, Dilophosaurus di Petualangan Dinosaurus Taman Legenda Keong Emas TMII ini menyemprot air dua kali dengan jeda agak pendek :).

legenda dinosaurus taman legenda keong emas tmii
Kami melewati sepasang Triceratops yang tingginya bisa 3 meter dan panjang 9 meter di lintasan Petualangan Dinosaurus Taman Legenda Keong Emas TMII, lalu melewati Carnotaurus dengan duri-duri di punggungnya, sebelum sampai di bagian Brachiosaurus yang tampak pada foto di atas. Dinosaurus pemakan tumbuhan yang tingginya sangat mengesankan ini ditemukan fosilnya di Amerika Utara, Afrika, dan Eropa.

Brachiosaurus adalah salah satu dari tujuh dinosaurus terbesar sepanjang masa, dengan panjang 26 m, tinggi 16 m dan berat 70 ton. Panjang tengkoraknya saja sekitar 80 cm. Fosilnya ditemukan Elmer Smith Ringgs pada tahun 1902 di Amerika Serikat. Kerangka Brachiosaurus terlengkap bisa dilihat di Museum Humboldt, Berlin, dengan panjang 22,5 m, tinggi hampir 12 m, dibuat berdasar fosil yang ditemukan di Lembah Tendaguru, Tanzania.

legenda dinosaurus taman legenda keong emas tmii
Selepas melewati Parasaurolophus yang mulut dan jambulnya merah, kemudian Spinosaurus yang dikenal sebagai dinosaurus pemakan daging terbesar yang pernah ada, dan T-rex sebagai raja dinosaurus yang bisa berlari dengan kecepatan 40 km/jam, sampailah kami ke Spinosaurus lainnya dengan tiga telur seperti tampak pada foto di atas. Satu telur paling kiri sengaja dibiarkan kosong, memberi kesempatan pengunjung masuk untuk difoto.

Spinosaurus, yang fosilnya ditemukan di Mesir dan Maroko, tingginya mencapai 18 m, panjang 15 m dan beratnya 20 ton. Tulang belakangnya lebih tinggi hingga 1,5 m. Beberapa langkah setelah itu kami melihat sepasang Pachycephalosaurus yang memiliki tempurung tengkorak seperti bunga matahari dengan ketebalan sampai 25 cm. Selanjutnya ada Ankylosaurus yang muncul dalam film Ice Age, dengan ujung ekor berbentuk bola seberat 5 kg yang dipakai untuk memukul musuhnya.

Setelah itu ada sepasang Velociraptor, si pahlawan dalam film Jurrasic World yang berani melawan Indominus rex. Fosilnya ditemukan di Mongolia, Rusia, dan di China, terkenal gesit dan bisa berlari 65 km/jam, bercakar tajam dan kuat. Di dekatnya ada Pterosaur menggantung pada pohon, reptil terbang dengan lebar sayap mencapai 12 m. Terakhir adalah Stegosaurus, satu-satunya dinosaurus yang mempunyai semacam sirip di punggungnya.

Di ujung lintasan Petualangan Dinosaurus Taman Legenda Keong Emas TMII ada area edukatif gratis yang disebut Arkeolog Cilik dimana anak-anak bisa melakukan penggalian untuk menemukan fosil dinosaurus dan belajar menjadi ahli paleontologi. Dua buah gazebo dan tempat duduk disediakan di sekitarnya bagi orang tua untuk menunggu. Ada pula kepala dinosaurus yang anak-anak bisa masuk ke mulutnya untuk difoto. Tak mau rugi, setelah berkeliling sekali lagi, barulah kami keluar dengan melewati toko suvenir.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 25 Mei 2017.

Lalu «
Baru » »