Petilasan Pangeran Drajad Cirebon

Cari, kirim ke FB | Tweet | WA | Print!.

Lokasi Petilasan Pangeran Drajad Cirebon berada di Jl. Pangeran Drajad, Gg. Mesjid, Kelurahan Drajat, Kecamatan Kesambi, Cirebon. Tempat ini pernah menjadi tempat singgah Sunan Drajat (Pangeran Drajad) di Cirebon ketika melakukan persiapan untuk menyerbu Sunda Kelapa bersama para wali lainnya pada 1526.

Petilasan ini terbuat dari susunan bata merah bercat putih, sementara nisan terbuat dari batu andesit berukir corak kembang. Petilasan Pangeran Drajad diapit oleh makam Nyi Mas Ageng Pancuran dan Pangeran Sifat Luhung, dua santri yang meneruskan syiar Islam yang dimulai Pangeran Drajad.

Makam dan petilasan itu berada di bawah dua cungkup, dibalut kain dan kelambu putih. Peziarah banyak yang datang pada Rabu Pon, Jum’at Kliwon, dan puncak ziarah terjadi saat Maulud.

Sunan Drajat lahir sekitar tahun 1470 dengan nama Raden Qasim, dan kemudian bergelar Raden Syarifudin. Ia putra Sunan Ampel.

Diantara ajaran Sunan Drajad adalah “Orang hidup harus mencari nafkah. Nafkah ada kalau bekerja. Rajin bekerja dapat membuat kemuliaan keluarga. Orang berumah tangga harus cinta-mencintai. Keluarga yang baik selalu rukun bersatu dan mencita-citakan kebahagiaan dunia. Barang siapa suka hidup bertetangga itu tergolong manusia arif. Tetangga itu perlu didekati tetapi jangan dicintai”

Petilasan Pangeran Drajad

Jl. Pangeran Drajad, Gg. Mesjid, Kelurahan Drajat, Kecamatan Kesambi, Cirebon



Kirim ke FB | Tweet | WA | Email | Print!

Home » Jawa Barat » Cirebon Kota » Petilasan Pangeran Drajad Cirebon

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 20 Januari 2017.

Lalu «
Baru » »