Petilasan Kadipaten Jipang Panolan Blora

Lokasi Petilasan Kadipaten Jipang Panolan Blora berada di Desa Jipang, Kecamatan Cepu, Blora berupa makam Gedong Ageng. Pada jaman itu tempat ini merupakan pusat pemerintahan Kadipaten Jipang. Di tempat ini ada makam kerabat Kadipaten Jipang, diantaranya makam R. Bagus Sosrokusumo, R. Bagus Sumantri, RA Sekar Winangkrong, dan Tumenggung Ronggo Atmojo.

Peninggalan lainnya adalah Makam Santri Songo, yang berada di sebelah Utara Makam Gedong Ageng, berupa makam sembilan santri yang diduga mata-mata Pajang yang ditangkap dan dibunuh oleh prajurit Jipang. Selain itu ada juga Petilasan Bengawan Sore, dan Petilasan Masjid Jipang Panolan, Petilasan Semayam Kaputren, dan Petilasan Siti Hinggil. Adipati Jipang, Arya Penangsang atau Arya Jipang, adalah anak Raden Kikin, putera kedua Raden Patah, raja pertama Demak. Ibu Raden Kikin adalah Adipati Jipang. Putera sulung Raden Patah yang bernama Adipati Kudus atau Pati Unus meninggal dalam ekspedisi menyerang Portugis di Malaka, sehingga disebut sebagai Pangeran Sabrang Lor.

Sepeninggal Adipati Unus, terjadi perebutan kekuasaan antara kakak beradik Raden Kikin dan Raden Trenggana. Raden Kikin kemudian dibunuh oleh Raden Mukmin (putra pertama Raden Trenggana yang setelah menjadi raja bergelar Sunan Prawoto) sepulang salat Jumat di tepi sungai dengan menggunakan keris Kyai Setan Kober. Karenanya Raden Kikin disebut Pangeran Sekar Seda ing Lepen. Arya Penangsang, yang menjadi Adipati Jipang mewarisi kedudukan kakeknya, kemudian membalas dendam dengan membunuh Sunan Prawoto dengan Keris Kyai Setan Kober yang dilakukan oleh orang suruhannya yang bernama Rangkud, dengan dukungan Sunan Kudus.

Perseteruan Arya Penangsang berlanjut dengan Hadiwijaya (Jaka Tingkir), menantu Sultan Trenggana yang menjadi Adipati Pajang, serta dengan Ratu Kalinyamat, adik Sunan Prawoto yang suaminya (Pangeran Hadari) dibunuh oleh orang-orang Jipang sekembalinya mereka dari Jepara untuk menuntut keadilan dari Sunan Kudus. Dalam sebuah pertempuran di tepi Kali Opak dengan pasukan Pajang yang dipimpin oleh Ki Gede Pemanahan dan Ki Penjawi, Arya Penangsang tewas oleh keris Kyai Setan Kober yang dihunusnya sendiri karena memotong ususnya yang terburai setelah lambungnya robek terkena Tombak Kyai Plered yang digunakan Sutawijaya.

Petilasan Kadipaten Jipang Panolan BloraAlamat : Desa Jipang, Kecamatan Cepu, Blora. Lokasi GPS : -7.2046129, 111.5625961, Waze. Rujukan : Hotel di Blora, Hotel di Cepu, Tempat Wisata di Blora, Peta Wisata Blora.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Petilasan Kadipaten Jipang Panolan Blora

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.