Perkebunan Teh Ranca Bali Ciwidey Bandung

Perkebunan Teh Ranca Bali yang berada di daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung, pemandangan hamparan pohon-pohon tehnya terlihat sangat indah dan menawan di mata. Karpet hijau pohon teh yang sangat luas itu terlihat dalam perjalanan menuju Situ Patengan.

Tanaman teh milik Perkebunan Teh Ranca Bali berada di tanah yang bergelombang indah di pinggiran jalan antara Kawah Putih dan Situ Patengan. Melihatnya saja sambil lewat tak cukup, oleh karena itu kami berhenti di beberapa titik untuk melihat dari dekat.

Memang sudah cukup lama saya tidak pergi ke daerah Puncak yang hamparan perkebunan tehnya juga terlihat indah, namun pemandangan Perkebunan Teh Ranca Bali ini rasanya lebih mengesankan buat saya. Ada sentuhan tangan kreatif yang membuat tanaman teh di perkebunan ini begitu menarik perhatian.

perkebunan teh ranca bali ciwidey
Deretan pohon teh Perkebunan Teh Ranca Bali yang terletak tepat di pinggir jalan itu terhampar luas dengan pucuk nyaris rata. Berbeda dengan beberapa perkebunan teh yang berada di daerah Puncak, Perkebunan Teh Ranca Bali ini umumnya pada posisi yang lebih rendah dari pinggiran jalan.

Susunan pohon teh yang rapat dan rapi, menjadikannya seperti hamparan luas permadani hijau segar yang sangat sejuk dan nyaman dipandang mata. Memetik daun teh dan merawat pohon teh mungkin merupakan hal yang berbeda, dan bisa dilakukan oleh orang berbeda pula.

Dari sepotong ruas jalan terlihat beberapa buah air terjun kecil bertingkat di tepian deret pohon-pohon teh di Perkebunan Teh Ranca Bali. Air terjun itu berada agak jauh di sebelah kanan jalan yang menuju ke Situ Patengan.

perkebunan teh ranca bali ciwidey
Pucuk-pucuk pohon teh dengan daun yang berwarna hijau kekuningan segar, berketinggian hampir merata mengikuti kontur tanah yang yang bergelombang. Dari dekat terlihat bahwa daun-daun teh itu tak ada yang terpotong separuh atau sebagian untuk membuat permukaan pohon teh terlihat rata. Namun dari jarak agak jauh demikian ketinggian setiap pohon teh itu nyaris sama.

Lintasan jalan yang dibuat bagi para pemetik daun teh di Perkebunan Teh Ranca Bali ini terlihat seperti sebuah mosaik yang menawan pada bentang beludru hijau pepohonan teh. Perkebunan Teh Ranca Bali yang dikelilingi perbukitan hijau yang cukup tinggi, menambah keindahan pemandangan.

Memandang hamparan hijau Perkebunan Teh Ranca Bali ini layaknya seperti sedang menikmati seni instalasi yang sesungguhnya. Di sana-sini terdapat pohon-pohon kecil yang ikut memberi suasana pada pemandangan. Sayang sekali hampir tak ada pohon besar yang bisa dipakai sebagai tempat berteduh.

perkebunan teh ranca bali ciwidey
Keindahan mosaik Perkebunan Teh Ranca Bali seperti inilah yang selalu menggoda kami untuk sejenak berhenti dan memotret saat melihatnya ketika melintas di jalanan di dekatnya. Lalu lintas yang tak begitu ramai, serta adanya bahu jalan membuat kami bisa berhenti dimana saja dengan tenang.

Pada sebuah perhentian di tepi jalan, terlihat beberapa orang tengah melakukan pemotretan, yang tampaknya untuk dokumentasi foto pra-resepsi pernikahan. Kabarnya Perkebunan Teh Ranca Bali memang populer sebagai salah satu tempat yang disenangi pasangan calon penganten dan fotografer untuk membuat foto prewed.

Bentuk mosaik kebun teh itu berbeda-beda di beberapa tempat yang terpisah. Sulit dipercaya jika mosaik indah di Perkebunan Teh Ranca Bali seperti ini bukan sengaja diciptakan oleh seseorang yang memiliki cita rasa seni dan kemampuan desain yang baik.

Perkebunan Teh Ranca Bali berada dibawah naungan PT Perkebunan Nusantara VIII, sebuah BUMN dengan kegiatan usaha meliputi pembudidayaan tanaman di 41 kebun yang berada di 11 kabupaten / kota di Jawa Barat, termasuk pengolahan dan produksinya, serta penjualan produk komoditinya mulai dari teh, karet, kelapa sawit, kina, dan kakao.

Akses: Mobil pribadi dari Jakarta lewat tol Cipularang, keluar pintu tol Kopo, melewati Jl. Terusan Kopo – Soreang, lalu belok ke kanan ke Jl. Raya Soreang, lanjut ke Jl. Raya Soreang – Ciwidey dan terus mengikuti jalan yang mulus dan berkelok naik. Angkutan Umum: Dari Jakarta bisa naik bus dari Terminal Kampung Rambutan, Cawang (yang langsung masuk tol), Pulau Gadung (bus Patriot), Lebak Bulus, Kalideres, Tangerang, Bogor ke Terminal Leuwipanjang Bandung (ongkos sekitar Rp.50.000). Dari Terminal Bus Leuwipanjang, naik angkot ELF atau Bus Putra Setia jurusan Bandung — Ciwidey, turun Ciwidey (Rp.6.000). Dari Ciwidey naik angkot Jurusan Ciwidey – Situ Patengan (Rp.6.000). Pilihan lain adalah naik travel Jakarta – Bandung dengan tujuan akhir di area yang terdekat dengan Terminal Leuwipanjang. Waktu tempuh bisa lebih cepat, dan harganya tidak jauh beda.

Perkebunan Teh Ranca Bali

Alamat : Kecamatan Ciwidey, Bandung Selatan. Lokasi GPS : -7.145289, 107.383206, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Galeri 21 foto. Terdekat : Air Panas Walini (700 m), Situ Patengan (4,6 km). Rujukan : Tempat Wisata di Bandung . Peta Wisata Bandung . Hotel Murah di Bandung, Hotel di Ciwidey. Galeri (21 foto) Perkebunan Teh Ranca Bali Ciwidey Bandung : 1.Pohon teh, 2.Pucuk daun teh, 3.Mosaik, 4.Kaki Bukit, 5.Bercabang 6.Karpet 7.Air Terjun 8.Pohon Kecil 9.Mosaik Indah … s/d 21.Kereta Gantung.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Barat » Bandung Kabupaten » Perkebunan Teh Ranca Bali Ciwidey Bandung
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 17 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap