Perkebunan Teh Cianten Bogor

Lokasi Perkebunan Teh Cianten Bogor yang dikelola oleh PTPN VIII ini berada di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, dan Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Bogor, dengan luas area 857,7 ha, pada ketinggian 800 – 1.000 mdpl, dan suhu berkisar antara 19 – 30 derajat Celcius.

Perkebunan Teh Cianten berjarak sekitar 24 km dari Kecamatan Leuwiliang, dengan jalanan yang terus menanjak. Selain merupakan kawasan perkebunan teh, sebagian wilayah Cianten berupa hutan lindung yang masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Ada Pabrik Pengolahan teh di dalam kompleks Perkebunan Teh Cianten, yang sekitar 70% hasil produksinya diekspor ke luar negri. Namun pengunjung harus terlebih dahulu mengajukan ijin ke PTPN VIII sebelum bisa berkunjung ke sana.

Di dalam area Perkebunan Teh Cianten juga terdapat aliran sungai yang airnya jernih dan dingin, namun keruh jika hujan mengguyur di wilayah hulu. Ada lagi tempat yang disebut penduduk Pohon Pinus yang areanya sering dipakai berkemah, dengan panorama aliran air sungai di bawahnya. Selain itu ada tempat dengan pemandangan yang bagus dari ketinggian yang berada di dekat sumber panas bumi yang dikelola Chevron.

Jika akan berkunjung ke Perkebunan Teh Cianten, pastikan roda kendaraan dalam keadaan baik, membawa ban serep, serta isi penuh tangki bahan bakar kendaraan Anda. Akses masuk bisa dari jalan tol Jagorawi, keluar pintu tol Sentul City. Lanjut tol Kedunghalang, keluar tol lurus di lampu merah; ketemu pertigaan belok kiri, mentok belok kanan ke arah Kampus IPB Dramaga; lewat Kampus IPB Dramaga lanjut arah ke Leuwiliang. Sebelum Pasar Leuwiliang, belok kiri di pertigaan Karacak, lanjut arah ke PLTA Karacak.

Perkebunan Teh Cianten Leuwiliang BogorAlamat : Kec. Leuwiliang, Kec. Pamijahan Bogor. Lokasi GPS : -6.725781, 106.60593, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Bogor, Peta Wisata Bogor, Hotel di Bogor.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Perkebunan Teh Cianten Bogor

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.