Pemandian Alam Kedung Gong Rahtawu Kudus

Anugerah alam lainnya yang dimanfaatkan oleh penduduk Rahtawu untuk menjala rupiah dari pejalan yang datang melancong adalah menawarkan Pemandian Alam Kedung Gong Rahtawu. Entah siapa yang memulai dan mempeloporinya, namun setiap manusia memang diberi bongkahan abu-abu di dalam kepalanya yang mestinya dipakai berpikir dan menyiasati hidup.

Jarak pemandian ini sekitar 250 meter dari Pemandian Alam Kali Petuk arah ke hulu, dengan mengikuti jalan desa menuju ke atas atau mengarah ke barat laut dimana pegunungan, tempat bersemayamnya para pertapa, berada. Tempat ini menyediakan area parkir bagi pengendara sepeda motor yang juga diberi atap peneduh.

Jalan simpang menurun menuju ke tempat parkir dibuat seperti huruf V terhadap jalan utama desa di samping kirinya yang kemudian belok ke kanan dan memutar untuk sampai ke area parkir. Tempat ini terlihat sedikit lebih baik ketimbang yang ada di Kali Petuk, karena selain ada air terjun kecil buatan juga ada jembatan bambu yang asik untuk penggemar selfie.

pemandian alam kedung gong rahtawu kudus
Jalan simpang masuk ke area parkir yang berujud seperti huruf V miring itu, lantaran yang sebelah kiri sedikit menanjak dan sebelah kanan menurun ke arah lembah di pinggir bantaran sungai. Agak jauh di ujung sana terlihat kaki dan lereng pegunungan yang menjadi awal aliran air sungai.

Karena jalan masuk hanya bisa dilewati sepeda motor, maka tempat parkir pun dibuat cuma untuk kendaraan roda dua itu. Penutup atap selain untuk melindungi sepeda motor titipan, juga bisa menjadi tempat berteduh bagi pemiliknya ketika hujan turun, yang biasanya kerap terjadi di area pegunungan seperti ini.

pemandian alam kedung gong rahtawu kudus
Bendera Merah Putih ditegakkan di sebelah sebatang pohon mati di dekat sejumlah batu gunung berukuran sangat besar dengan bentuk aneka rupa namun enak dilihat. Setiap warga negara yang mencintai negerinya pasti ada rasa keterikatan dengan Sang Saka Merah Putih, dan menghormatinya sebagai anugerah Tuhan karena terlahir di tanah Nusantara.

Selain kedung tempat mandi di kali sebagai atraksi utama Pemandian Alam Kedung Gong Rahtawu, bebatuan gunung yang besar juga menjadi daya tarik tempat ini. Sebagian batu besar itu seperti ditatah sehingga bisa menjadi tempat rebahan meski dalam posisi miring. Ada pula tangga sengaja dipasang agar orang bisa naik ke batu yang tinggi.

pemandian alam kedung gong rahtawu kudus
Seorang anak tanggung tampak tengah mengambang di atas ban karet hitam pada kolam kedung yang bisa menampung sekitar 30-an orang sekaligus, mungkin lebih jika berdesakan. Serakan batu besar kecil di badan kali ini dimanfaatkan untuk membuat semacam tanggul sehingga ada genangan air yang memadai agar menjadi sebuah kedung buatan.

Adanya air terjun kecil menjadi atraksi yang menarik agar orang berdiri di bawahnya dan merasakan sensasi guyuran air. Seorang bapak tampak mengajak anaknya untuk merasai jembatan bambu yang dipasang diantara dua buah batu besar. Tempat yang bagus untuk selfie. Gubug sederhana di sebelah kiri bisa jadi tempat istirahat sambil menikmati panorama.

pemandian alam kedung gong rahtawu kudus
Foto di atas memperlihatkan tatanan batu yang digunakan untuk membendung air sungai dan menciptakan kedung buatan. Barangkali awal dibuat kedung ini hanyalah untuk mencari kesenangan, sampai kemudian timbul pikiran memanfaatkannya untuk mengail uang. Bagusnya masuk ke tempat ini gratis, hanya bayar ongkos parkir bagi yang membawa sepeda motor.

Selain pemasukan dari ongkos parkir ada pula sewa ban, dan lapak makanan di sana. Salah satunya saya melihat spanduk Warung Makan Mbak Ngatri yang menawarkan menu Enthok Goreng lengkap dengan lalapannya, lele goreng, mie rebus, dan gorengan. Untuk minumannya ada Kopi Rahtawu, es teh, es jeruk, dan es sirup. Namun warung ini tampaknya buka jika ada keramaian.

Lokasi Pemandian Alam Kedung Gong Rahtawu sebenarnya hanya berjarak sekitar 1,6 km dari Dukuh Semliro, area teratas yang paling dekat dengan Puncak Songolikur yang juga disebut Puncak Saptorenggo, puncak tertinggi di Gunung Muria. Namun melihat kondisi jalan yang memburuk saya pun meminta Kasmudi (Budi Rentcar 0858 6572 5176) untuk putar balik, padahal ia sebenarnya tak mengeluh. Anggap belum jodoh ke Semliro.

Galeri (20 foto): 1.Simpang, 2.Bendera, 3.Mengambang, 4.Bendung, 5.Watu Penganten, 6.Jembatan, 7.Perbukitan, 8.Kesan, 9.Langit … s/d 20.Hulu.

Pemandian Alam Kedung Gong Rahtawu

Alamat: Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Lokasi GPS: -6.6439418, 110.8698982, Waze. Tempat Wisata di Kudus, Peta Wisata Kudus, Hotel di Kudus.


Kirim ke Facebook | Tweet | WhatsApp | Email | Print!

Home » Jawa Tengah » Kudus » Pemandian Alam Kedung Gong Rahtawu Kudus
Tag: , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta, ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia. Blogger dan pejalan musiman yang senang pergi berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Email aroengbinang@gmail.com. WA 0815 1433 7628. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »