Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus Padang, 1

Lokasi Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus berada diantara Pantai Nirwana dan Pantai Carolina Padang. Suasana sangat sepi ketika saya berada di sana. Mungkin hari sudah siang, mungkin juga karena hari itu bukan hari libur, sehingga tidak ada aktivitas di pelabuhan yang melayani penyeberangan antar pulau ini.

Ketika memasuki area Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus ini tertangkap kesan bahwa lingkungannya kurang begitu terpelihara, padahal pada 2006 tempat ini menjadi pusat peringatan Hari Nusantara yang dihadiri presiden.

Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus
Dermaga apung yang digunakan sebagai jembatan untuk menaikkan dan menurunkan kendaraan ke dan dari kapal ro-ro.

Kapal Ro-Ro, kependekan dari roll on – roll off, merupakan jenis kapal angkut yang bisa memuat kendaraan roda empat masuk kedalam lambung kapal dengan mesin penggerak sendiri. Kapal Ro-Ro biasanya dilengkapi pintu rampa yang dihubungkan dengan moveable bridge atau dermaga apung.

Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus
Pilar-pilar dermaga Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus yang tampaknya sudah berusia cukup lama jika melihat kondisinya yang dibalut terumbu karang cukup banyak.

Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus
Tonggak beton dan tali pengikat kapal di Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus.

Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus
Deretan kapal yang tengah sandar di Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus. Dari Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus ini pengunjung bisa menyeberang ke Pulau Sikuai, Sironjong, Pagang, Cubadak dan juga ke Kepulauan Mentawai.

Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus
Area yang tampaknya diperuntukkan bagi pusara sementara untuk kapal-kapal yang menunggu nasib, diperbaiki atau ditelantarkan.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sumatera Barat » Padang » Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus Padang

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 19 Maret 2017. Tag: ,