Patung Pemuda Membangun Jakarta

Lokasi Patung Pemuda Membangun Jakarta berada di tengah Bundaran Senayan, berjarak hanya sekitar 300 meter dari Mal Ratu Plaza, di ujung Selatan Jl Jenderal Sudirman. Lokasi dimana patung berada merupakan pertemuan Jalan Jenderal Sudirman dengan Jalan Patimura and Jalan Hang Lekir, di Jakarta Selatan.

Patung Pemuda Membangun dibuat oleh sekelompok pematung yang tergabung dalam Biro Insinyur Seniman Arsitektur (ISA) yang dipimpin Imam Supardi. Sedangkan penanggung jawab pelaksanaan pembuatan patung ini dipegang oleh Munir Pamuncak. Tak saya temukan informasi lebih lanjut, baik tentang ISA, Imam Supardi, maupun Munir Pamuncak.

Pada sebuah Sabtu pagi yang masih sepi, saya sempat pergi ke Bundaran Senayan ini. Namun entah mengapa tak banyak foto yang saya ambil ketika itu. Meskipun setelah itu saya cukup sering pergi ke daerah Ratu Plaza, namun tak pernah terpikir untuk mengambil fotonya lagi. Sepertinya suatu saat saya mesti kembali ke sana untuk mengambil foto lagi.

patung pemuda membangun senayan jakarta
Pandangan ke arah Patung Pemuda Membangun diambil dari pemisah jalur cepat dan jalur lambat di ujung Jl Jenderal Sudirman, atau di area di depan kantor sebuah bank swasta di sebelah Ratu Plaza. Air mancur di sekitar patung sudah tidak ada lagi karena adanya pembangunan MRT.

Di dekat tempat saya berdiri nantinya akan menjadi salah satu Stasiun MRT. Suatu hal yang sangat baik karena berdekatan dengan pusat belanja dan juga dekat dengan halte bus TransJakarta. Kedekatan halte dan stasiun MRT ke pusat belanja dan hiburan tentu dimaksudkan agar orang berpindah menggunakan angkutan umum.

patung pemuda membangun senayan jakarta
Seorang petugas polisi lalu lintas tampak tengah mengamati jalan di seberang Patung Pemuda Membangun di Senayan Jakarta ini. Perempatan tak lurus ini memang cukup sibuk, dan karenanya di dekat patung ada sebuah pos polisi lalu lintas.

Pekerjaan pembuatan patung pemuda yang membawa obor tengah menyala ini dimulai pada Juli 1971 dan diresmikan pada Maret 1972, terlambat beberapa bulan dari yang mestinya dilakukan saat peringatan sumpah pemuda. Bahan yang digunakan untuk membuat patung adalah beton bertulang dengan adukan semen dan lapisan bahan teraso di bagian luarnya.

patung pemuda membangun senayan jakarta
Pandangan dekat pada patung memperlihatkan gempalnya otot-otot pada dada dan kaki, sehingga tak terlihat seperti pemuda kebanyakan. Apalagi patung ini tampak nyaris tak berpakaian. Hanya selembar kain yang menutupi bagian kelaminnya.

Pembuatan patung ini konon bertujuan untuk mendorong semangat para pemuda dan orang-orang yang berjiwa muda untuk terus membangun negeri. Obor yang disangga oleh patung ini mengandung makna sebagai penerang hati dan jiwa. Karena harapan yang terkandung itulah maka patung ini kemudian diberi nama Patung Pemuda Membangun.

Karena letaknya di kawasan Senayan, ada yang menamai patung ini Patung Senayan. Ada pula yang menamainya Patung Obor karena obor yang disangganya, dan ada lagi yang menyebutnya sebagai Patung Pizza Man. Seluruh pendanaan pembuatan patung ditanggung oleh Pertamina yang ketika itu masih berada dibawah Ibnu Sutowo.

Patung Pemuda Membangun Senayan Jakarta

Alamat : Ujung selatan Jl Jenderal Sudirman. Lokasi GPS : -6.229306, 106.799372, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Peta Wisata Jakarta . Tempat Wisata di Jakarta . Hotel di Jakarta Selatan.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jakarta » Jakarta Selatan » Patung Pemuda Membangun Jakarta
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 4 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap