Patung Ngurah Rai Bali

Patung Ngurah Rai berada pada sebuah pertigaan tidak begitu jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai, sekitar 2 km dari terminal domestik. Namun karena lokasinya berada di tepi jalan ramai, tidak pula ada tempat untuk parkir kendaraan, maka tidak pernah saya berhenti untuk melihatnya dari dekat.

Beberapa buah foto Patung Ngurah Rai hanya sempat diambil dari dalam kendaraan dalam perjalanan dari wilayah Nusa Dua ke Tanah Lot beberapa waktu lalu, saat berhenti menunggu lampu lalu lintas menyala hijau.

Landasan patung Ngurah Rai merupakan rancangan arsitek Ir. Robi Sularto Sastrowardoyo, arsitek senior lulusan Arsitektur ITB 1967, meninggal 30 Juli 2000, terdiri dari tiga teras masing-masing dengan undakan 8, 7 dan 5.

patung ngurah rai bali
Patung Ngurah Rai berdiri pada landasan tugu menghadap pejalan yang datang dari arah Bandara Ngurah Rai.

Patung Ngurah Rai menjadi pengingat bagi sosok pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai. Pasukan I Gusti Ngurah Rai melakukan penyerangan Pos NICA di Lampu (Bangli), terlibat dalam pertempuran Bon (Badung), Pemuteran, Pesagi dan Tanah Aron (Karangasem) pada Juni – Juli 1946, dan akhirnya gugur sebagai pahlawan dalam puputan di Desa Marga, Tabanan, pada 20 November 1946.

patung ngurah rai bali
Patung Ngurah Rai dengan bendera merah putih dan bendera negara tamu pada sebuah acara. Patung ini dibuat dengan posisi tubuh menggambarkan gaya khasnya, dengan pembawaan tenang dan berwibawa.

Patung Ngurah Rai merupakan karya pematung Surya Pernawa, sarjana seni rupa ITB kelahiran Singaraja, Bali. Sebagai nara sumbernya adalah I Gusti Ngurah Pindha, mantan anggota pasukan I Gusti Ngurah Rai.

patung ngurah rai bali
Patung Ngurah Rai dilihat dari jarak yang lebih dekat. Proses pembuatan Patung Ngurah Rai kabarnya dikerjakan di sebuah bengkel seni di Yogyakarta.

Pada 2009 telah diresmikan sebuah patung Ngurah Rai lainnya di dalam kompleks Bandara Ngurah Rai dengan ketinggian 19,45 m, dikerjakan oleh Bambang Adi Pramono, perupa lulusan Institut Seni Indonesia Yogyakarta kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur, namun telah bermukim lebih dari 20 tahun di Bali. Ia dibantu seniman Komang Labda serta puluhan penggiat seni lainnya.

I Gusti Ngurah Rai lahir di Desa Carangsari, Badung, Bali, pada 30 Januari 1917. Ia memimpin sejumlah 1.372 pasukan MBO (Markas Besar Oemoem) Dewan Perjoeangan Republik Indonesia Sunda Kecil, lebih dikenal sebagai pasukan “Ciung Wanara”. Pangkat terakhir Ngurah Rai adalah Brigjen TNI Anumerta, dan ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 9 Agustus 1975.

Patung Ngurah Rai

Alamat : Jl I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Badung, Bali. Lokasi GPS : -8.7449219, 115.1829185, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Bali, Hotel di Kuta, Tempat Wisata di Badung, Peta Wisata Badung, Tempat Wisata di Bali. Galeri (6 foto) Patung Ngurah Rai Bali : 1.Landasan tugu, 2.Merah Putih, 3.Patung Ngurah Rai, 4.Carangsari, 5.Brigjen 6.Surya Pernawa.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Bali » Badung » Patung Ngurah Rai Bali
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 17 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap