Patung Mohammad Husni Thamrin Jakarta Pusat

Lokasi Patung Mohammad Husni Thamrin Jakarta berada di median ujung Barat Jl. Medan Merdeka Selatan, di sisi Timur bundaran air mancur ujung Utara Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, beberapa puluh langkah dari Patung Arjuna Wijaya.

Patung tokoh Jakarta berbahan perunggu karya pematung Ketut Winata ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pada 3 Juni 2012, terkait peringatan Hari Jadi Jakarta yang ke-485. Pembuatannya menelan biaya Rp 2 Miliar yang seluruhnya dari donatur. Nama-nama donatur ditulis di bagian belakang pondasi patung.

Patung Mohammad Husni Thamrin yang menghadap ke arah Barat ini berdiri tegak setinggi 4,5 m, diletakkan di atas pondasi setinggi 2,5 m. Tokoh MH Thamrin digambarkan dengan memakai jas, kepalanya ditutup kopiah, dan tangan kiri memegang kertas.

Pada pondasi terdapat prasasti berwarna keemasan, berbunyi “Rasa keadilan yang dibangun dewasa ini sangatlah sulit untuk dicari…. Kepercayaan kepada keputusan pengadilan termasuk salah satu sandaran utama negara yang sangat penting, tetapi dengan banyaknya keraguan terhadap kenetralan institusi pengadilan, pemerintah akan kehilangan salah satu pilar terkuat untuk memelihara kedaulatan hukum. (M.H. Thamrin, Handelingan Volksraad, 1930–1931)”.

Dan di bawahnya ada lagi prasasti yang berbunyi “Kekuatan daya pikir, ketajaman visi, dan kearifan jadi diri yang melatari Mohammad Husni Thamrin sebagai manusia Indonesia sejati menjadi ciri sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Mohammad Husni Thamrin…. Bunga bangsa putera Betawi…. Tidak lekang oleh zaman dengan ungkapan-ungkapan dan pandangannya hingga kini. (Jakarta, 22 Juni 2012, Fauzi Bowo, Gubernur Provinsi DKI Jakarta)”.

Patung Mohammad Husni Thamrin JakartaAlamat : Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Lokasi GPS : -6.1805742, 106.8233112, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Peta Wisata Jakarta . Tempat Wisata di Jakarta . Hotel di Jakarta Pusat

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Patung Mohammad Husni Thamrin Jakarta Pusat

By Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email for newly published posts. Updated on 18 Juli 2017.