Patung Chairil Anwar Monas Jakarta Pusat

Patung Chairil Anwar Monas berada di dalam kawasan Taman Monas Utara, di sebelah utara dari Patung Diponegoro di kawasan yang sama. Patung yang dibuat dari bahan perunggu ini dibuat dalam gaya torso atau berupa patung sebatas dada.

Patung ini dibuat oleh pematung Arsono dari ARSTUPA (Arsono Studio Patung), menggambarkan wajah tenang Chairil Anwar yang tengah memandang lurus ke depan. Pengecorannya dengan perunggu dilakukan oleh pematung Gardono di Jogja.

Patung Chairil Anwar dibuat dalam tiga tahapan proses. Dimulai dengan pembuatan patung dari bahan tanah liat yang diambil dari Karang Anyar, lalu pembuatan cetakan perunggu dari gips, dan akhirnya proses penuangan perunggu.

Patung Chairil Anwar diresmikan oleh Gubenur DKI Jakarta R. Suprapto pada 21 Maret 1986. Namun karena letaknya yang berada jauh di ujung utara, tampaknya hanya sedikit pengunjung Monas yang pernah melihat patung penyair kenamaan yang mati muda ini.

Patung Chairil Anwar Monas – Alamat : Taman Monas Utara, Kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Lokasi GPS : -6.1722783, 106.8272486, Waze. Rujukan : Peta Wisata Jakarta . Tempat Wisata di Jakarta . Hotel di Jakarta Pusat.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Patung Chairil Anwar Monas Jakarta Pusat

By Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email for newly published posts. Updated on 18 Juli 2017.