Patung Buddha Empat Muka Surabaya

Patung Buddha Empat Muka adalah wisata religi yang berada di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran, sebuah daerah pantai di kota Surabaya yang secara tradisional dikenal sebagai tempat bermesraan bagi pasangan yang tengah dimabuk asmara, mirip pantai Bina Ria di Ancol. Meskipun citra kuat yang romantis itu masih tetap melekat, namun para pengunjung sekarang punya alasan lain yang lebih baik untuk berkunjung ke tempat itu.

Patung Buddha Empat Muka Surabaya

Alamat : Kompleks Water Park, Pantai Kenjeran, Surabaya.
Lokasi GPS : -7.24732, 112.80164, Waze.
Rujukan : Tempat Wisata di Surabaya, Peta Wisata Surabaya, dan Hotel di Surabaya.

Kekayaan tidak menciptakan budaya. Pikiran kreatif yang memulainya, tangan trampil dengan hati tulus menghaluskannya, dan jiwa yang tercerahkan membuatnya menjadi sebuah karya yang agung. Kemajuan ilmu pengetahuan material, teknologi dan rekayasa, komputasi, komunikasi dan transportasi, serta melimpahnya sumber basis data virtual, telah membuat proses penciptaan, pelestarian, perbaikan dan inovasi karya seni dan budaya menjadi lebih mudah, lebih cepat dan lebih mengesankan dibandingkan sebelumnya.

Patung Buddha Empat Muka di Surabaya yang saya kunjungi beberapa waktu lalu adalah salah satu karya agung yang mengesankan itu.

Patung Buddha Empat Muka
Patung Buddha Empat Muka terlihat sangat mengesankan malam itu, dan mungkin lebih indah dilihat dibanding siang hari, setidaknya untuk nuansa yang diciptakannya. Pekerjaan pembuatan patung ini dimulai pada Juli 2003, dibangun di atas tanah seluas 1,5 hektar. Bangunan utama dimana Patung Buddha Empat Muka ini diletakkan berukuran 9×9 meter, sebuah angka simbolik penting bagi komunitas penganut Buddha.

Patung Buddha Empat Muka
Muka pertama Patung Buddha Empat Muka tampak pada foto di atas. Keempat muka melambangkan empat sifat Buddha, yaitu kasih sayang, murah hati, adil dan meditasi. Ini agak berbeda dengan patung sejenis yang ada di Kuil Erawan Bangkok, yang melambangkan Muka Kedamaian dan Kesehatan, Muka Hubungan Baik, Muka Keberuntungan, dan Muka Perlindungan terhadap Kejahatan.

Patung Buddha Empat Muka
Muka kedua Patung Buddha Empat Muka. Kompleks Patung Buddha Empat Muka ini terasa sepi malam itu, mungkin karena hari itu adalah hari kerja dan bukan waktu favorit untuk beribadat. Hanya ada satu pasangan paruh baya yang terlihat tengah melakukan ritual di sekeliling kompleks Patung Buddha Empat Muka ini, dan seorang pria yang tampaknya merupakan penjaga kompleks itu.

Patung Buddha Empat Muka
Wajah ketiga Patung Buddha Empat Muka. Meskipun kompleks Patung Buddha Empat Muka ini sudah diresmikan pada 9 November 2004, namun baru lima tahun kemudian saya mengetahui keberadaannya. Ketika saya bertanya kepada beberapa orang di Surabaya tentang tempat menarik di Surabaya, tak seorang pun yang menyebut nama Patung Buddha Empat Muka. Bisa jadi karena orang memiliki pendapat berbeda tentang apa yang disebut tempat menarik itu.

Patung Buddha Empat Muka
Muka keempat Patung Buddha Empat Muka. Tinggi patung Patung Buddha Empat Muka ini adalah 9 meter dengan tinggi keseluruhan 36 meter, termasuk bangunan kubahnya. MURI telah mencatat monumen Patung Buddha Empat Muka ini sebagai monumen Buddha yang tertinggi dan terbesar di Indonesia.

Patung Buddha Empat MukaPatung Buddha Empat Muka dikelilingi oleh beberapa patung gajah, serta ada sebuah cungkup yang di dalamnya terdapat patung Ganesha berwarna keemasan, seperti terlihat pada foto di atas.

Patung Buddha Empat Muka
Patung Buddha Empat Muka merupakan tempat yang anda tidak boleh lewatkan jika anda berkunjung ke Surabaya, dan setelah berkunjung semoga anda terinspirasi oleh cinta yng telah dicurahkan untuk mendukung pembangunan monumen Patung Buddha Empat Muka yang sangat mengesankan ini.

Kekayaan saja memang tidak cukup untuk menciptakan karya budaya, namun kekayaan dan kemakmuran suatu komunitas tentu merupakan satu faktor penting dalam pembuatan suatu karya budaya agung, hanya saja ia datang kemudian, setelah pikir, hati dan jiwa menyelesaikan pekerjaannya.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Surabaya » Patung Buddha Empat Muka Surabaya
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 26 Juni 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap