Pantai Tulamben Karangasem

Pantai Tulamben Karangasem terletak di pantai timur laut Pulau Bali, di kaki Gunung Agung. Memerlukan perjalanan sekira 1,5 jam dari Candidasa atau sekitar 2,5 jam dari Denpasar. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Tulamben adalah pada bulan Juli dan Agustus, dimana pada bulan tersebut ombak sangat bersahabat.

Saya bersama teman-teman dari Gangga Diver berangkat dari Candidasa pada pukul 9 pagi. Sebagai non-diver saya hanya melakukan snorkeling. Sampai di sana masih belum banyak orang. Memasuki pintu masuk parkiran akan terlihat warung-warung kecil menjajakan makanan minuman

Ada pula ruang ganti, tempat pancuran air untuk bilas, dan kamar mandi. Pemandangan lain yang paling menarik adalah para porter wanita. Ya, disini pahlawannya adalah wanita. Kenapa saya bilang begitu? Karena porter di Tulamben bukan hanya membawa tas-tas berat seperti porter-porter pria di bandara yang hanya tinggal mengandalkan roda, tetapi di sini mereka mengangkat tabung selam yang beratnya bisa lebih dari 10 kg, dan mereka mengangkatnya di atas kepala. Hebatnya lagi, biasanya tiap orang membawa lebih dari 3 tabung selam!

pantai tulamben karangasem
Rangka Kapal Liberty AS yang terdampar. Tulamben terutama dikenal karena kecelakaan kapal Liberty AS yang terletak dekat dengan pantai. Liberty adalah kapal kargo yang di tembak peluru torpedo oleh tentara Jepang di Selat Lombok pada 11 Januari 1942.

Dua kapal kemudian menarik Liberty menuju ke arah Pelabuhan Singaraja, tapi karena terlalu berat maka kapal ini terdampar di Tulamben. Selama letusan bencana Gunung Agung pada 1963, Liberty terdorong dari pantai, pecah menjadi dua dan bagian yang tersisa posisinya sekarang dekat dengan Pantai Tulamben. Kondisi buritan agak utuh sementara bagian tengah kapal rusak.

Untuk melihat Kapal Liberty AS tidak perlu melakukan penyelaman, tetapi tentu saja direkomendasikan untuk menyelam. Dengan hanya berenang kira-kira 30 m dari bibir pantai, bangkai kapal ini sudah dapat terlihat dari atas permukaan laut.

Ikan-ikan berukuran besar dan kecil, beraneka warna berenang di atas pasir hitam vulkanis. Saran saya, lebih baik menggunakan pakaian renang tertutup daripada menggunakan pakaian renang dua lapis atau bikini, karena ada ikan bandel yang senang menyapa dengan menggigit kecil.

pantai tulamben karangasem
Binatang unik dan aneh banyak ditemui ketika menyelam di Pantai Tulamben. Selain binatang yang cantik itu ada juga anemon laut yang dikelilingi ikan-ikan elok. Kami juga menjumpai seekor ikan Guineafowl Puffer yang spot kuningnya terlihat menyala di dalam gelap.

Saya berenang di atas para penyelam yang jauh beberapa meter di bawah, menikmati sensasi pemandangan buih-buih udara tabung selam yang naik ke atas permukaan air. Semakin menarik karena dibantu oleh pantulan sinar matahari.

Pantai Tulamben sepi, hanya dikunjungi oleh para turis perenang dan penyelam. Selebihnya tidak ada turis yang hilir-mudik seperti di Pantai Kuta yang datang untuk berjemur atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang garis pantai.

Kemungkinan disebabkan karena di sekeliling Pantai Tulamben dipenuhi batu kerikil besar menyelimuti pasir hitam. Sehingga kurang cocok bagi turis yang ingin bersantai dan melakukan aktivitas di pantai. Juga tidak cocok untuk liburan keluarga yang membawa anak-anak yang senang berlarian. Menghindari kecelakaan jatuh atau terantuk batu di pantai.

pantai tulamben karangasem
Karang-karang cantik pada foto adalah sebagian dari penghuni bangkai Kapal Liberty AS. Ikan besar tidak hanya satu atau dua tetapi banyak jumlahnya yang berkeliaran di sekitar tempat ini. Underwater foto-foto di atas adalah courtesy of Tom Pietras

Untuk menyelam di Pantai Tulamben, pejalan sebaiknya langsung menghubungi operator selam yang banyak tersebar di sepanjang Pantai Tulamben Karangasem. Namun bisa juga melalui para operator selam yang berada di Candidasa atau wilayah lainnya di Pulau Bali.

Jika ingin melakukan aktivitas di Pantai Tulamben maka lebih baik dilakukan di pagi hari. Karena jika hari telah beranjak siang, lokasi di sekitar sudah akan ramai oleh turis yang datang dari wilayah Sanur, Nusa Penida atau tempat lain yang berjarak lebih jauh.

Jika sudah selesai berenang biasanya para penjaja akan datang menawarkan dagangan berupa kaus berbagai model, kacamata hitam ataupun layangan tradisional Bali. Dengan membeli barang dagangan mereka, maka kita bisa ikut berkontribusi dalam memajukan perekonomian masyarakat di sekitar Pantai Tulamben.

Pantai Tulamben Karangasem

Alamat : Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem, Bali. Lokasi GPS : -8.2731496, 115.5915649, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Bali, Tempat Wisata di Karangasem, Tempat Wisata di Bali. Galeri (8 foto) Pantai Tulamben Karangasem : 1.Rangka Kapal Liberty AS, 2.Binatang unik, 3.Karang cantik, 4.Tangguh, 5.Super 6.Anemon 7.Guineafowl Puffer 8.Ikan Besar.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Bali » Karangasem » Pantai Tulamben Karangasem
Tag :

Oleh Fina Hastuti. Penduduk Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Indonesia. Senang keluyuran melihat pemandangan hilir-mudik ikan-ikan elok di lautan dan pencinta komik hiburan, suka berfikir praktis dan anti ribet. Melihat semua hal dalam hidup dengan cara yang indah saja. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 3 Agustus 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap