Pantai Nirwana Padang

Perjalanan ke Pantai Nirwana Padang kami tempuh dengan mengarah ke selatan dari Kota Padang, melewati Jl. Sutan Syahrir, lalu Jalan Padang – Bengkulu yang padat dilalui oleh truk-truk angkutan barang. Tidak begitu lama kemudian Pelabuhan Teluk Bayur yang terkenal sudah terlihat dari kejauhan, di sebelah kanan jalan yang kami lalui.

Perjalanan ke Pantai Nirwana dilanjutkan dengan melewati jalan Padang – Muko-muko yang aspalnya cukup mulus, membujur di sepanjang tepian laut, berkelok di sebuah semenanjung, dan lalu masuk ke pinggiran sebuah ceruk yang merupakan bagian dari Teluk Bungus. Di beberapa titik kami berhenti melihat pemandangan laut dari atas tebing.

Di tepian jalan, pada sebuah titik pemberhentian dalam perjalanan menuju Pantai Nirwana Padang, kami melihat sekawanan monyet ekor panjang yang berjalan berlalu lalang di atas batuan padas besar dan duduk di dahan-dahan pepohonan. Mereka sepertinya telah terbiasa menunggu jatah upeti dari para pejalan yang lewat di daerah kekuasaannya.

pantai nirwana padang
Sebuah perahu motor kecil dengan tiga orang di dalamnya terlihat melintas membelah permukaan air laut yang tenang dan jernih. Di latar belakang tampak deretan pohon nyiur di sepanjang tepian pantai yang langsung berbatasan dengan kaki bukit dengan pepohonan yang lebat, memberikan pemandangan yang sejuk dan menyegarkan.

Kapal-kapal motor bisa di sewa di Pantai Nirwana Padang untuk menjelajahi tepian pantai. Setelah menyusur jalan Padang Bengkulu cukup jauh akhirnya kami berbelok ke kanan di untuk masuk ke kawasan Pantai Nirwana. Saat itu tidak banyak pengunjung yang tengah berada di pantai, karena memang bukan akhir pekan atau hari libur.

pantai nirwana padang
Serakan kapal motor di tepian Pantai Nirwana Padang dan lalu-lalangnya perahu nelayan lainnya yang keluar masuk area pantai merupakan hiburan tersendiri bagi para pejalan. Perahu motor nelayan itu bisa disewa oleh pengunjung untuk berperahu menikmati pemandangan dari tengah laut, serta merasakan segarnya angin laut saat perahu melaju.

Di bagian lain ada bebrapa kapal penangkap ikan berukuran cukup besar tengah berlabuh beberapa puluh meter dari tepian Pantai Nirwana Padang. Kapal-kapal itu memiliki banyak lampu sorot dengan cadik yang lebar. Kapal yang biasanya digunakan untuk menangkap cumi-cumi karena cumi-cumi datang mendekat ketika melihat sorot lampu yang terang.

pantai nirwana padang
Pemandangan laut yang indah pada area teluk dimana Pantai Nirwana berada dilihat dari sebuah perbukitan di tepi jalan. Titik dimana saya mengambil foto ini berada pada lokasi perbukitan di pinggir jalan beberapa ratus meter setelah dari Pantai Nirwana. Ada cukup banyak titik pandang bagus, baik sebelum maupun sesudah Pantai Nirwana.

Dari titik pandang yang elok ini saya bisa melihat sebuah kapal cepat yang sedang berbalik arah membentuk lintasan berbentuk busur yang indah di atas permukaan air laut. Beberapa kapal yang sarat penumpang juga terlihat mengapung di atas permukaan laut yang terlihat tenang. Beberapa tempat memiliki pemandangan bebas yang luas ke arah laut.

Pantai Nirwana Padang merupakan sebuah pantai landai, dengan air jernih, ombak laut yang tidak begitu besar sehingga permukaan air lautnya relatif tenang. Pantai yang elok ini cocok untuk bersantai menikmati panorama laut dengan semua kesibukannya, menyewa perahu untuk berkeliling, dan ada juga tempat yang bisa digunakan sebagai area berkemah.

Pantai Nirwana Padang selengkapnya: 4.Karang 5.Batu 6.Pulau 7.Bukit 8.Upeti 9.Monyet 10.Buih 11.Gulungan 12.Nelayan 13.Sederhana 14.Hilir Mudik 15.Lampu 16.Gundukan 17.Santai 18.Cadik 19.Memancing 20.Perahu

Pantai Nirwana Padang

Alamat: Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Tempat Wisata di Padang lainnya, Peta Wisata Padang, Hotel Padang.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Barat » Padang » Pantai Nirwana Padang
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 19 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap